Kamis, 25 Juni 2015

Sebab Terjadinya Lubang Pada Batu Black Opal

Halo sobat goresan pemikiran, dalam merawat batu black opal sudah barang tentu butuh yang namanya kesabaran, selain itu sobat juga perlu tahu tentang apa saja yang terjadi dengan batu black opal yang sedang melakukan perawatan.

Seperti contoh gambar dibawah ini, batu black opal mempunyai bolong yang membuat pemilik batu tersebut mengirim email kepada Saya sekaligus bertanya fenomena apa yang terjadi dan apa solusi tepat untuk batu tersebut.

sebab terjadinya lubang black opal

Jika dilihat dari jenis dan tingkat kepadatan batu black opal tersebut, lubang yang ada kemungkinan besar terjadi karena dua hal berikut ini.

1. Sebab adanya lubang kecil di dalam batu

Semua jenis batu black opal mempunyai pori-pori yang hanya terlihat jika menggunakan alat tertentu seperti kaca pembesar, karena lubang pori berfungsi untuk mengeluarkan getah kayu atau jelly yang akan menjadi wadah atau tempat jarong.

Biasanya lubang akan menyimpan udara dan akan kelihatan jika batu black opal melakukan cara perawatan rendaman, yaitu dengan munculnya gelembung udara yang kecil diseluruh permukaan batu black opal.

2. Sebab cacat bawaan bahan batu

Tidak semua bahan batu black opal berkualitas bagus dan sulit sekali mencari bahan batu tersebut, oleh karena itu banyak bahan batu yang bolong di dalam dan hanya ketahuan jika dibelah dan dibentuk.

Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya saya melakukan teknik rendaman selama tiga bulan penuh tanpa adanya penjemuran dan dibuka tutupnya. Dengan cara tersebut, bahan batu yang kurang bagus akan merapatkan dan memadatkan sendiri sehingga bisa dengan mudah dibentuk.


Jadi kesimpulannya sebagai berikut, jika bahan batu black opal bolong jangan diartikan bahwa itu retak, apalagi belum ketahuan sebab dan musabab nya. Jika sobat tidak mau repot, cukup bentuk ulang saja batu black opal nya, tapi dengan risiko bentuk batu menjadi kecil.

Semoga postingan edisi kali ini bisa bermanfaat sekaligus menjawab petanyaan dari email yang Saya terima, salam gemslover.

1 comments so far

ok mkasih om den infonya,bahan bo yg ane foto itu dh ane bntuk,trs buletannya itu tembus senter,kl bahan kalimaya nyatu ma bo msh bsa kluar jarong g?thanks

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon