Selasa, 23 Juni 2015

Cara Perawatan Oles Dan Jemur Batu Black Opal Garis Putih

Apakah sobat mempunyai batu black opal dan memiliki masalah yang sama seperti gambar dibawah ini, yaitu munculnya garis putih di permukaan batu black opal? jangan khawatir, hal tersebut wajar saja, karena garis yang timbul merupakan wadah atau tempat munculnya jarong kembang.

Mengapa Saya berkata demikian, karena salah satu batu black opal yang saya rawat juga mengalami hal tersebut. Pertama kali ada garis putih biasanya setelah dijemur, lalu warna putih seperti menjadi silver dan kerlap-kerlip.

Jika sobat melakukan cara perawatan perendaman minyak , usahakan mengganti minyak dengan yang baru. Karena dalam beberapa kasus yang Saya temukan, minyak rendaman suka mengental jika batu black opal dijemur bareng dengan rendaman nya.

perawatan oles jemur black opal

Agar bisa memastikan garis putih tersebut bukan retak coba elus dengan jari sobat, lalu rasakan adakah yang berbeda. Bila sudah dipastikan garis putih bukan retak, maka sesuai yang Saya tahu garis tersebut akan berubah menjadi jarong.

Cara perawatan lanjutan apabila bahan atau batu black opal sudah muncul garis putih, sebaiknya ganti minyak atau menggunakan teknik oles dan jemur.

Baca juga: cara perawatan batu bulu monyet

Manfaat dari cara perawatan oles dan jemur 


  1. Agar batu bisa maksimal mengeluarkan jarong
  2. Hemat dari segi pengeluaran minyak
  3. Bisa terpantau segala detail perkembangan batu black opal setiap hari


Biasanya cara perawatan oles dan jemur khusus untuk batu black opal yang sudah kristal padat atau semi porselin, untuk batu yang masih rapuh atau getas jangan lakukan perawatan ini karena batu akan lama dalam proses pemadatan.

Sekali lagi Saya jelaskan, bahwa garis putih yang memanjang dan sering terdapat pada batu black opal bukan penyakit batu dan tidak berbahaya sama sekali.

Semoga apa yang Saya tulis kali ini bisa bermanfaat dan sekaligus menambah wawasan sobat pembaca setia blog ini khususnya pecinta batu black opal, salam gemslover.

Baca juga yang satu ini: cara perawatan batu black opal jarong basah

4 comments

Oles maksudnya gk perlu direndem lg. Oles minyak pas mau jemur aja gitu? Atau jemur gk di jemur tetep di oles.

Pas mau jemur aja yossie hebat. Thanks

punya saya setelah dijemur muncul garis seperti itu tapi warnanya merah...tapi besoknya garis itu hilang lagi...
apakah itu normal

Normal saja gan Zoppy, itu tandanya masih belum stabil jarongnya. tunggu saja

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon