Sabtu, 20 Juni 2015

Cara Perawatan Bongkahan Batu Pancawarna Dengan Air Es

Halo sobat goresan pemikiran, batu pancawarna menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta batu akik. Batu pancawarna memiliki lima warna yang membaur menjadi satu di permukaan batu maupun dalam satu bongkahan besar batu yang terkadang kombinasi dari warna-warna tersebut membentuk satu gambar yang alami.

Dalam melakukan cara perawatan bongkahan batu pancawarna, diperlukan sentuhan layaknya seorang pelukis yang sedang menggambar agar bisa membuat warna batu tidak pudar atau hilang saat di belah dan di bentuk.

Sebuah bongkahan batu pancawarna mungkin terlihat indah di luar, akan tetapi kita tidak pernah tahu jika belum membelah batu tersebut. Karena ada juga berbagai penyakit batu seperti keropos dan tali air yang sering muncul saat proses bentuk dan poles.

cara perawatan bongkahan batu pancawarna

Cara perawatan bongkahan batu pancawarna

Bahan-bahan:

  • Sikat halus
  • Air sumur
  • Air es

Caranya sebagai berikut:

  • Bersihkan bongkahan batu dengan sikat halus dan air sumur agar semua kotoran terlepas, apalagi sobat baru mendapatkan bongkahan tersebut langsung dari penambang
  • Jika sudah dibersihkan, anginkan supaya kering
  • Siram atau rendam bongkahan batu dengan air es selama beberapa jam
  • Amati dengan seksama perubahan yang terjadi, jika warna berubah menjadi terang dan bagus, belah bongkahan pas di tempat tersebut


Fungsi dari air es itu sendiri berguna untuk melihat warna yang paling bagus dalam suatu bongkahan batu pancawarna, biasanya setelah terkena air yang dingin permukaan batu akan berubah secara alami.

Satu hal lagi yang harus diperhatikan, sebuah bongkahan batu pancawarna banyak memiliki getas di dalam batu jika masih terlalu muda. Hal ini pernah Saya temukan dalam bongkahan batu pancawarna garut coklat yang ditandai dengan serat retak halus di dalam batu tersebut.

Untuk mencegah hal tersebut biasanya Saya menganjurkan untuk membelah bongkahan batu lalu melakukan cara perawatan dengan bahan yang sudah di belah menjadi potongan kotak kecil atau melakukan cara perawatan yang disebutkan diatas.

Semoga apa yang Saya tulis kali bermanfaat dan menambah wawasan bagi sobat pembaca setia blog ini, salam gemslover.

Baca juga: Cara mudah perawatan batu pancawarna

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon