Jumat, 12 Juni 2015

Apakah Air Kelapa Bagus Untuk Batu Bacan Palamea

Halo sobat goresan pemikiran, berbagai cara perawatan dilakukan para pecinta batu bacan khususnya jenis palamea agar batu tersebut bisa cepat kristal dan berwarna hijau. Satu hal yang harus diketahui adalah jika batu bacan sudah timbul warna baik hijau maupun biru, sudah pasti bisa tembus jika di senter, namun bila sudah timbul warna namun belum tembus itu adalah lapisan kapur yang kadang keluar dan memiliki warna.

Untuk kasus dibawah ini, batu bacan palamea direndam dengan air kelapa selama beberapa hari yang bermaksud agar batu bisa cepat bagus. Memang tidak ada salahnya merendam batu bacan dengan air kelapa, namun sobat harus siap dengan risiko yang ditimbulkan dari cara perawatan tersebut yaitu kapur akan keluar dan kadang menimbulkan kerak di permukaan batu bacan palamea.

air kelapa batu bacan palamea


Air kelapa mengandung elektrolit yang banyak dibutuhkan dalam perawatan batu, tapi cara perawatan ini hanya untuk batu bacan palamea yang sudah kristal atau minimal sudah porselin, sehingga dampak kapur tidak terlalu terlihat timbul di permukaan.

Jika sudah terlanjur merendam batu dengan air kelapa, sebaiknya diangkat jika sobat bermaksud untuk membuat batu menjadi kristal itu tidak akan terjadi dengan air kelapa. Tapi jika bahan sudah porselin, air kelapa sangat bagus dan bisa membuat serat batu menjadi halus.

Cara terbaik menurut saya untuk  perawatan batu bacan palamea sesuai gambar diatas adalah sebagai berikut:

Bahan-bahan:
  • Minyak zaitun
  • Kulit


Caranya sebagai berikut:
  • Siapkan batu bacan palamea
  • Oles dengan minyak zaitun secara rata di permukaan batunya
  • Lalu jemur dua jam dari pukul 08 sampai 10 pagi

Biasanya cara perawatan oles tersebut bisa terlihat hasilnya dalam waktu tiga bulan, tergantung bahan batu serta kesabaran sobat dalam merawatnya. Jika batu sudah dipoles dengan serbuk intan, rendam dahulu satu hari dengan air mineral agar lapisan pori-pori bisa terbebas.

Cara lain yang menurut Saya juga bagus adalah dengan menjadikannya sebagai mata cincin  dan dipakai di jari setiap hari kemana pun sobat pergi, tentu saja cara tersebut memakan waktu yang lama.

Semoga postingan kali ini tentang apakah air kelapa bagus untuk batu bacan palamea bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi sobat pembaca setia blog ini, salam gemslover.

Baca juga cara perawatan ini: cara perawatan batu black opal jarong basah

3 comments

Terima kasih Bang Denny.. Arahannya :)
Nanti akan saya kabari perkembangannya..

Good Day :)

Kang deny kalau batu bacan dojo sudah agak crystal tp masih ada hitamnya trus sy sedang rendam di buah kelapa apakah itu treatment yg tepat? Mohon arahannya, trima kasih

Rachmat Ramadhan@ oke sob, ane tunggu kabarnya.

randy jaffar@ bila batunya sudah keras/porselen bisa bagus pakai air kelapa. Lanjutkan saja.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon