Senin, 25 Mei 2015

Apa Pentingnya Menggosok Batu Black Opal Dengan Amplas

Cara gosok black opal dengan ampelas - Halo sobat blog goresan pemikiran, dalam merawat batu black opal ada satu cara lagi yang tidak boleh dilupakan agar bisa maksimal saat mengeluarkan jelly, yaitu penggosokan dengan amplas. Cara ini sudah banyak saya terangkan pada postingan yang lalu, namun untuk lebih jelas nya akan Saya jelaskan kembali dengan jelas dan rinci.

Penggosokan dengan amplas berguna untuk melebarkan pori-pori batu black opal agar menjadi mudah dalam mengeluarkan getah kayu atau jelly, cara ini berlaku untuk jenis batu black opal manapun tapi untuk yang berkualitas super tidak terlalu dibutuhkan.

Pada perawatan batu black opal yang menggunakan cairan seperti minyak kelentik, minyak zaitun, minyak bayi, terkadang saat melakukan penjemuran pori-pori batu tersumbat oleh minyak, oleh sebab itu harus dibersihkan dengan diamplas atau paling tidak dibersihkan dengan tissue.

Baca juga: caraperawatan jelly batu black opal

cara menggosok batu black opal

Menggosok batu black opal dengan amplas



  • Amplas kasar jenis duco tipe 400 sampai 500, berguna untuk mengikis lumpur yang menyelimuti permukaan batu black opal, umumnya digunakan pada jenis sempur
  • Amplas sedang jenis duco tipe 600 sampai 800, biasa digunakan untuk meratakan bentuk batu serta membuat pori-pori batu menjadi lebar atau terbuka, ampals ini cocok untuk membantu mengeluarkan jelly sebagai tempat bibit jarong
  • Amplas halus jenis duco tipe 1500, 2000, sampai 5000, berguna untuk mengkilapkan dan menghaluskan batu black opal dan batu lainnya sekaligus membuat batu terlihat mengkilap

Baca juga: ciri jarong ruyung batu black opal

Jadi, menurut yang Saya tahu penggosokan dengan amplas sangat berguna untuk perawatan batu black opal agar bisa mengeluarkan jarong, pemakaiannya pun harus  dibantu dengan air dan jangan di tekan.

Penggosokan pun harus sering di ulang setiap hari agar bisa maksimal hasil nya, sebagai contoh bila sobat ingin menjemur batu black opal, usahakan menggosok nya terlebih dahulu dengan amplas agar pori-pori batu tidak tersumbat.

Kemudian jemur selama 2 sampai 3 jam dan jangan sampai lupa untuk mengangkatnya, karena batu akan over heating alias kepanasan dan bisa berakibat retak.

Apakah setiap proses jemur harus selalu di gosok ampelas?


Menurut yang Saya tahu, harus di gosok ampelas, terlebih sobat melakukan treatment rendam minyak. Sebab, bahan black opal akan tertutup minyak bila tidak di gosok terlebih dahulu.

Fungsi minyak itu sendiri adalah untuk menarik getah atau jelly, yang terdapat dalam bahan batu black opal. Bila pori-pori tidak di gosok lebih dulu, akan menyusahkan proses tarik getah.

Tapi cara gosok pori-pori merupakan pilihan, jika sobat tidak melakukan nya tidak mengapa, asal yakin bahan batu black opal memang bisa jarong sendiri tanpa gosok ampelas.

Semoga postingan tentang pentingnya menggosok batu black opal dengan amplas bermanfaat dan membantu sobat pembaca blog goresan pemikiran dalam merawat batu black opal, salam gemslover.

bahaya merendam batu bacan dengan cairan pembersih mulut

17 comments

Klo batunya biasa direndam bos deni apa setiap mau di jemur di plas.apa di angkat dr rendaman bos

Jika cairan minyak rendaman sudah menjadi kental, bisa diamplas atau di lap tissue mas susanto gibson

bang deni..klo udah ada titik titik jarong"a warna oren sama silver masih perlu pengamplasan ga bang..

Tidak harus bang samsudin, jika sdh keluar warna pakai saja terus. Thanks

Emang minyak rendaman bisa kental gitu bang den?..nah klo sdh kental apa pengaruhnya..bang den..?

Bisa mas susanto coz pengalaman pribadi, ga ada pengaruhnya hanya suka lengket di permukaan bo. Makanya suka saya ganti

Kang deni, jika BO sudah di amplas apakah langsung diolesi minyak zaitun+ di jemur ? Terus apakah setiap mau di jemur harus di amplas ? Apakah boleh BO diamplas setiap hari saat mau dijemur ? Maaf kang banyak pertanyaan. Heheh

Tidak usah di olesi minyak lagi mas toni. Kalau amplas 3 hari sekali. Thanks

Oh berarti malam di rendam minyak zaitun, terus siangnya di jemur selama 2 jam tanpa diolesin minyak zaitun yah ( dijemur kering)? Berarti jemur BO nya kering yah kang.

Kalo di bakar langsung di atas api kompor apa bisa rusak batu blex opal saya mas

Toni abd gofar@ iya betul

Nurfadli Fadli@ jangan langsung bakarnya. Harus pakai alumunium foil masalah rusak saya belum pastikan

Asalmualkm bang Deni, smoga sehat and sukses slalu.. sya mau nanya ni bang,, BO sya udah banyak titik silver nya apa masih perlu di gosok amplas setiap kali mau di jemur.? Makasih bang.

Wa'alaikum salam mas aries riswandi. Tidak harus cukup amplas seminggu sekali. Thanks

Ass mas deni kl jemur black opal dlm posisi direndam ddlm toples bagaimana mas apa diperbolehkan trma ksih

Wa'alaikum salam. Silahkan saja mas rizki habib, asalkan jgn over heat jemur nya. Thanks

Untuk penggosokan dengan amplas 5000 mas deni idealnx berapa minggu atau brp hari sekali mas trims

Kalau saya biasa 3 hari sekali rizki habib. Thanks

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon