Sabtu, 02 Mei 2015

Menyulap Kapur Dalam Batu Bacan Agar Hilang

Halo sobat blog goresan pemikiran, batu bacan yang banyak kapur sering dijumpai terdapat pada bahan batu bacan yang masih muda dan rapuh, untuk menghilangkan kandungan kapur batu bacan, banyak pecinta batu tersebut merendam dengan berbagai jenis cairan. Sebelumnya saya pernah posting tentang cara menghilangkan kapur batu bacan dengan cairan alami, namun bagaimana dengan batu yang sudah naik ring tapi masih terlihat adanya kapur didalam batu tersebut.

Topik kali ini berkaitan dengan pertanyaan sobat goresan pemikiran yang menanyakan perihal tersebut, "Bang Saya punya batu bacan yang sudah diikat, tapi masih ada kapur di dalam batunya, bagaimana menghilangkannya?".

Terlebih dahulu Saya akan jelaskan mengapa banyak kandungan kapur dalam batu bacan. Kapur adalah suatu zat yang ada dalam setiap batu akik maupun batu bacan yang masih belum sempurna tingkat kristal nya, fungsi kapur disini mengikat semua jenis elemen mineral dalam batu agar batu bisa berproses bening.

menyulap kapur dalam  batu bacan

menyingkapi masalah tali air pada batu bacan

Untuk menyingkapi pertanyaan tersebut, akan Saya berikan tips sederhana dalam merawat batu bacan berkapur yang sudah naik ring.

Cara menghilangkan kapur batu akik bacan


Bahan-bahan:
  • Minyak kemiri
  • Tissue

 Caranya sebagai berikut:
  • Siapkan batu bacan sobat
  • Lap dengan tissue
  • Olesi minyak kemiri secara tipis di seluruh permukaan batu bacan
  • Jemur 1 sampai 4 jam setiap hari

cara membuat batu bacan kristal alami

Dengan tips sederhana diatas sobat bukan menghilangkan kapur, namun berupaya untuk memproses kapur menjadi hitam. Dan dengan seiring waktu berjalan, akan hilang dengan sendirinya. Langkah ini diambil untuk membuat batu bacan yang sudah separuh kristal, agar tidak kosong dalam nya, yang akan mengurangi keindahan batu akik tersebut.

tips mudah merawat batu akik cempaka merah aceh

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghilangkan kapur bacan?


Lamanya waktu untuk menghilangkan kapur bacan sangat relatif, tergantung keseriusan sobat dalam melakukan treatment diatas secara rutin. Bisa dibilang tingkat kesabaran pemilik bacan, sangat menunjang keberhasilan treatment ini.

Kalau standar waktu yang dibutuhkan kurang lebih 3 sampai 6 bulan, namun ada kalanya lebih cepat dari perkiraan. Untuk akik bacan dengan kualitas super, lamanya treatment diatas bisa dibawah 3 bulan.

Demikian postingan edisi kali ini tentang menyulap kapur bagtu bacan agar hilang, semoga bisa bermanfaat bagi sobat pembaca semua, salam gemslover.

6 comments

Mz, numpang tanya.. Bahan batu bacan apakah ada yg warna ke-abu2an..?

Setahu saya tidak ada mungkin bahan batunya habis direndam utk mengeluarkan kapur MrEnsore

Klo hitamnya rada kehijauan kyk ijo botol bacan bukan gan..wktu d bentuk wrnanya kyak ga nyatu gitu

Utk menyatakan bacan atau bukan harus dilihat gambar batu nya mas arif budiman biar pasti. Thanks

mas mau tanya batu saya sdh tembus plong sampai dan bodynya sdh kayak kaca s cman kalo kena matahari atau disenter masih kelihatan ada kapurnya di dalam.... apakah bisa dihilangkan dengan cara apa dan brapa lama kira2

Dipakai saja terus batunya, kalau ditanya berapa lama Saya sendiri kurang tahu tergantung kualitas bahan batu bacannya. thanks

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon