Jumat, 01 Mei 2015

Menyingkapi Masalah Tali Air Pada Batu Bacan

Menyingkapi masalah tali air pada batu bacan adalah tema yang akan Saya ulas kali ini dengan harapan sobat blog goresan pemikiran semakin mengetahui selak beluk tentang cara perawatan batu bacan.

Tali air adalah sejenis serat batu yang memanjang dan hampir sering di jumpai ada dalam setiap batu akik maupun batu bacan. Sebenarnya tali air ini tidak termasuk ke dalam kategori penyakit batu bacan, hanya saja tampilan batu akan sedikit kurang bagus dan terlihat seperti adanya serat yang membelah permukaan batu. Umumnya tali air berwarna kuning, namun pada sebagian batu berjenis kalsedon ada juga yang berwarna hijau muda dan coklat. 

 tali air pada batu bacan

langkah tepat memilih perawatan batu bacan

Jika dalam sebuah kontes batu, jangan harap batu andalan sobat bisa lulus seleksi untuk bisa bertanding, karena para juri kontes batu menganggap bahwa tali air adalah hal yang harus di buang jika terdapat dalam batu kontes. Saya sendiri berpendapat sama jika diperuntukkan untuk jenis batu kontes, namun lain halnya jika tali air berada pada kategori batu pancawarna karena bisa menambah keindahan batu tersebut. 

Seperti gambar batu bacan diatas yang mulus dan tanpa tali air, kali ini saya akan bagi tips seputar perawatan batu bacan yang terdapat tali air. Berikut ini adalah tips nya:
  • Lihat dengan seksama bahan batu bacan yang sobat punya apakah terdapat warna kuning memanjang atau tidak, jika ada bentuk batu agar tali air bisa terbuang atau tergores
  • Perhatikan lagi apakah tali air dalam batu bacan dalam atau tidak, jika hanya dipermukaan bisa hilang jika di bentuk, namun jika dalam belah batu dan singkirkan tali air nya
cara merawat batu sungai dareh pucuk pisang


Jika sudah terlanjur tali air ada dalam batu bacan yang sudah di bentuk, rawat saja dengan di rendam zaitun. Bila batu masih hitam kemungkinan besar masih bisa berproses untuk menghilangkan tali air yang ada, karena Saya sendiri pernah berhasil menghilangkan tali air pada bahan batu bacan.

Sebagai penyemangat, Saya pernah melihat transaksi batu bacan kepada seorang pejabat yang membeli batu tersebut karena keunikan tali air yang ada dan harganya diatas 10 juta rupiah. Memang kalau orang sudah suka dengan batu apalagi yang punya keunikan pasti rela membayar mahal.
Demikian postingan edisi kali ini tentang menyingkapi masalah tali air pada batu bacan, semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat. 

5 comments

om boleh share ga batu bacan ane kaya ada garis2 item nya di permukaan nya orang2 bilang crack tapi kaya bukan crack kalo ane liat dan penjelasan om di atas tali air ada yg item juga kan ya ane bingung nih boleh ga ane kirim foto nya :)? thx :)

Bacan saya kayak ada gari berwarna putih bening di tenga, itu apa gan

Jika batu belum kristal penuh itu wajar bung kharisma hidayat, bertanda batu bacan akan memasuki proses kristal. Thanks

Klo bacan saya ad warna kuning'a gan ..
kira² itu apa ya gan ..
Mohon penjelasan'a ..
Thks

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon