Selasa, 05 Mei 2015

Cara Mengakali Kerapuhan Batu Black Opal Sempur

Cara mengakali kerapuhan black opal sempur - Halo sobat blog goresan pemikiran, batu black opal sempur adalah salah satu jenis dari batu black opal yang mempunyai kadar kerapuhan yang tinggi, oleh sebab itu banyak pecinta batu black opal yang merawat jenis sempur enggan membentuknya menjadi mata cincin, untuk itu kali ini saya akan mengulas tentang cara mengakali kerapuhan batu black opal sempur.

mengakali kerapuhan black opal sempur

Bahan batu black opal sempur sering dijumpai dijual di toko batu akik dan batu mulia karena stok yang banyak tersedia di tempat asalnya, kisaran harganya pun relatif lebih murah ketimbang bahan yang sudah solid keras. Biasanya bahan tersebut gampang hancur ketika dibentuk, namun saya pernah berhasil membentuk model cabochon dan terlihat indah dengan jarong di permukaan batunya. 

Baca juga: cara meratakan jarong batu black opal

Seperti contoh gambar batu diatas, seorang pecinta batu black opal sempur mengikat dengan apa adanya bentuk batu karena 2 faktor yang menyebabkan hal tersebut yaitu;
  1. Batu akan hancur jika dibentuk
  2. Jarong akan hilang jika digores dan dibentuk

Seperti yang Saya katakan diatas, ada cara untuk mengakali kerapuhan batu black opal sempur yaitu dengan cara yang mungkin sobat sudah mengetahuinya namun belum memaksimalkan keampuhan nya, jika penasaran simak tips dibawah ini.

Cara mengakali kerapuhan batu black opal sempur

Bahan-bahan;
  • Wadah tertutup
  • Minyak zaitun atau baby oil


Caranya sebagai berikut;
  • Siapkan wadah lalu bersihkan dengan tissue
  • Campur minyak zaitun dengan minyak baby oil, lalu aduk rata
  • Masukan batu black opal sempur
  • Rendam selama 1 bulan maksimal sampai 3 bulan
menyulap kapur batu bacan agar hilang

Setelah menjalani perendaman maksimal, angkat batu lalu jemur 1 jam saja untuk mengeraskan batu, jika sobat ingin membentuk secara manual gunakan amplas kasar dan mulailah membentuk secara perlahan batu tersebut. Untuk hasil yang bagus Saya menyarankan untuk membentuk nya ke tukang gosok batu agar hasil lebih bagus dan simetris.

Demikian postingan edisi kali ini tentang cara mengakali kerapuhan batu black opal sempur, semoga bermanfaat dan menambah wawasan sobat dalam memahami cara perawatan batu black opal jenis sempur, salam gemslover.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon