Sabtu, 02 Mei 2015

Cara Perawatan Jelly Batu Black Opal

Halo sobat blog goresan pemikiran, menanggapi pertanyaan seputar cara perawatan batu black opal kali ini Saya akan menjawab salah satu pertanyaan pecinta batu tersebut yang berbunyi sebagai berikut "Bang, saya punya batu black opal dan sudah keluar jelly, selanjutnya perawatan nya bagaimana?", nah untuk itu saya akan ulas tentang cara perawatan jelly batu black opal.

Jelly batu black opal adalah sejenis getah kayu yang ada di dalam batu tersebut,  biasanya keluar melalui pori-pori dari batu black opal melalui proses pemanasan. Pada sebagian bahan batu yang bagus dan super, jelly sudah nampak terlihat jelas dipermukaan, namun untuk yang berkualitas biasa harus dikeluarkan dengan cara perawatan. 



perawatan jelly batu black opal

Bagi sobat yang sudah punya batu black opal dan sudah pula keluar jelly dipermukaan batu nya, langkah selanjutnya adalah memproses jelly menjadi tempat jarong. Cara perawatan ini mempunyai dua cara, yaitu pemanasan melalui penjemuran dan melalui pemanasan statis.

Pemanasan melalui metode penjemuran.

Baca juga: cara menyulap kapur batu bacan agar hilang

Bahan-bahan:
  • Wadah keramik
  • Amplas halus
  • Minyak zaitun


Caranya sebagai berikut:
  • Siapkan batu black opal
  • Gosok dengan amplas halus
  • Jemur selama 3 jam dalam wadah keramik
  • Angkat lalu olesi minyak zaitun

Untuk cara pemanasan dengan metode statis, cukup di gosok dengan kulit setiap hari. Lamanya cara perawatan pemanasan dengan penjemuran kurang lebih 3 bulan, namun risikonya batu bisa retak jika kelamaan di jemur atau lupa mengangkat. Sedangkan dengan cara pemanasan statis tidak terlalu berisiko, namun waktunya sedikit lebih lama dari pemanasan penjemuran.


Saya rasa postingan kali ini cukup jelas tentang cara perawatan jelly batu black opal, adapun jika ada yang belum faham silahkan komentar di bawah, semoga bermanfaat.

31 comments

Met Malam kang Deni,, saya baru dapet bahan BO yg sedikit terkelupas kulitnya,, kok agak lengket yah,, apa itu getah ( Jelly ),

malam juga kang Maman Rukmana, setahu saya jelly batu adanya didalam dan tidak bisa dirasakan, mungkin BO akang bekas direndam minyak jadi lengket. saran saya rendam air mineral 3 hari apakah minyak keluar atau tidak.

Siang bang deni.. saya baru bentuk batu bo tapi kok banyak bintik2 kecil warna emas ya kalo disenter, apa itu bibit jarong bang?

BO serat emas itu jenisnya mas ramadhan

Serat bo putih saya rawat 2mgan. Berubah warna jadi putih silver.
Bibit jarong apa penyakit kronis nih bang?

Pagi bang deni, mau nnya lagi tentang black opal boleh yah bang, hehehe, sebelom nya saya terimakasih bnyak sama bang deni yg telah berbagi ilmu tentang merawat black opal nya, dari sluruh treatment yg telah di ulas di blog ini dan saya rangkum untuk mentreatment black opal yg saya miliki, bbrp sudah menunjukan hasil yg signifikan sperti keluarnya jarong, meskipun blom full jarong, dan ada yg hanya jelly nya yg sudah kluar lebar tidak lagi putih melainkan sudah merah dan ada juga yg biru kehijauan, terimakasih bang deni, nah yg jadi pertanyaan saya bang, ciri" jelly yg tidak berproses alias jelly mati itu ciri nya sperti apa? Krna jujur dri bbrp bahan yg saya miliki ada bbrp yg jelly nya agak berbeda dari yg lain, atau dri yg sudah jarong, ada yg jelly nya putih sperti putih cat, dan terkadang di jelly tersebut ada kerak" emas nya, jadi tidak putih kebiruan, sperti jelly" pada bahan saya yg sudah jarong, warna putih nya todak berkilau tpi pucat, sperti mati, dan satu lagi. Apakah jarong pada black opal hanya timbul di jelly jarong saja, krna salah satu bahan yg saya miliki tidak ada jelly putih nya, tpi ktika disenter ada titik merah menyala dan hijau juga yg sekarang sudah melebar sedikit demi sedikit, dan satu lagi bang, klo dibahan black opal terdapat crystal putih bening, apakah itu jelly nya juga? Atau bahan kalimaya? Dan ketika saya coba salah satu treatment ya itu treatment panggang, si crystalbenning itu menjadi sperti jelly dan tidak bening, melainkan jadi ada isi nya sperti padat dan agak berkerak" didalam nya dan klo disenter agak membias, terimakasih bang deni untuk tanggapan nya terumakasih

yossie hebat@ itu bibit jarong umumnya silver kalau bergaris akan keluar jarong ruyung.

gyan Trance@ thanks atas kesetiannya membaca blog kecil saya, untk menjawab pertanyaan mas,Saya butuh contoh gambar yg bisa saya analisa, coba kirim via email dan saya akan buat postingan tentang masalah tersebut agar lebih jelas. intinya setiap batu bo punya ciri khas jarong walaupun masih satu bahan. kalimaya sering nimbrung dlm bo tapi bisa berproses jarong kalo terkena panas hebat sekali saja.

slmat mlam om, mau tanya nih, BO saya kan ada warnanya putih dan saya coba dibakar kok melelehya .
apakah itu yg disebut jelly..
trmksih .

Kang deni untuk ngamplas BO yang sudah dibentuk nomer berapa amplasnya ?

Malm om...mau nanya..apakah bo yang sudah ada jelly nya pasti muncul jarong...
trima ksh.

Info@ kalau meleleh bakarnya terlalu lama, tapi setahu saya jelly tidak meleleh mengkin itu minyak yg beku.

Toni abdul G@ amplas no 800 - 1500 pilih saja

Nandan mariana@ pasti muncul asalkan bisa dirawat dgn benar.

Thanks all

Getah jeli garis2 putih mulai berubah warna coklat atau merah kerlap kerlip belom ad tanda2 warna sama sekali. Bener bibit jarong tuh bang? Atau dari putih itu langsung berubah warna atau benar seperti itu urutannya.

Bos punya ane mirip dgn gambar di atas,jelly pun udah kluar bnyk.tp kok susah bgt ya spya kluar warna,? Minta solusinya dong bos den..yg lain dah kluar kok yg sprti di gmbr blm kluar warna jga bos .

Kalau jelly sdh berubah warna, tunggu saja terus gan yossie hebat, urutan sdh benar, memang terkadang ada BO yg tdk keluar kerlap-kerlip tapi langsung timbul warna. Thanks

mas deni saya baru beli bahan black oval dan saya lihat ada kaya garis tapi agak lebar warnanya putih kebiruan apakah itu cikal bakal kembang jarong?dan jenis kembang jarongnya apa?

Susanto@ sabar aja mas, ntar juga keluar sendiri jarongnya.

Pembaca@ garis putih biru biasanya sering ada jika BO habis direndam minyak, utk memastikan bibit jarong lakukan perawatan. Thanks.

Bang Deni,
Saya punya BO udah dibentuk tapi belum diikat udah ada jarong titiknya lumayan banyak, warnanya merah hijau biru kuning dll namun tidak merata disemua bagian BOnya. Apalagi yang saya harus lakukan, karena sekarang ini cuma saya oleh minyak zaitun saja

Dioles zaitun sudah benar, selingi dengan penjemuran setiap hari maksimal 3 jam mas teguh ariffriadi. Thanks

Met malam kang Deni,, makasih saranya,, dan Alhamduillah sukses,, ada lg pertayaan kang,kalo dilihat pake jaca pembesar BO sudah terlihat banyak kembang jarong,,gimana caranya sypaya bs lbh terlihat lg kang,,selama ini saya hanya menggunakan air hujan dan di gangatkan stabil dengan sinar lampu,,mohn Penceraganya kang,, makasih..

Biasanya batu black opal butuh hawa panas kang maman, coba usahakan batunya lebih didekatkan lagi. Thanks

permisi akang denny, hehe numpang Tanya juga nih. BO saya udah keluar jellynya kang, tapi masih jelly , beloman ada warnanya., gimana ya kang. caranya agar mendapatkan warna2 di BO saya..

terima kasih, dan sukses selalu,

berbagi itu indah, :)

Jika kang amir mahmud merawat dengan rendam minyak, harus ada Penjemuran. Bila sudah dijemur coba tambahkan waktunya dengan olea minyak rendamam. Thanks

Mlm kang saya punya BO udah klwr kayak jely trus luar ny keluar serak kaya kulit kayu apakah itu BO asli,,,,trims

Dari ciri yang disebutkan memang batu black opal, untuk lebih pasti Saya harus lihat gambarnya mas Dwi Anang. Thanks

Bo saya kliatan putih2 spt retakan di badan batu bang apa itu jelly bang, terima kasih sblmnya ?

malam mas deni....saya pemula banget dalam hal batu BO...ingin sekali berkreasi dengan BO lebih jauh.....kira2 utk mulai treatmen batu BO ini , apa saya beli yg bongkahan ato yg sdh dipotong ....sementara ini9 dulu pertanyaan saya...tq

astari panglima @ coba biarkan kering jika masih putih itu jelly

Agoez Arief @ keduanya boleh yang penting harus dilihat ciri bahan yang bakal timbul jarong. silahkanlihat posting saya tenteng hal tersebut. thanks

Salam kenal bang deni.. saya mau tanya apakah bibit jarong pada jely putih bisa mati..? Apakah bisa jely putih itu tidak berubah warna sampai waktu tahunan..?

jelly bisa saja mati bung Todhy, bisa saja sampai tahunan. btw salam kenal juga

Malam bg deni...mau tanya yaa..kalo masih bahan belom dibentuk tp udah full jelly dan keelip apakah waktu dibentuk akan hilang jelly dan kerlipnya...?? Thx bg den

Biasanya tidak hilang, namun bagi yang belum tua suka hilang kerlip dan jelly nya bang rey, coba saja bentuk pelan-pelan. thanks

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon