Jumat, 22 Mei 2015

Cara Perawatan Bahan Batu Bacan Kerikil

Cara perawatan batu bacan kerikil - Halo sobat goresan pemikiran, fenomena bahan batu bacan kerikil yang banyak beredar dalam dunia perbatuan di Indonesia. Bahan batu bacan tersebut banyak dijual oleh pedagang batu kepada pecinta batu bacan yang sedang mencari bahan batu yang sedikit beharga miring atau bisa dibilang murah. 

Tingkat kekerasan bahan batu bacan kerikil termasuk tinggi, karena batu sudah keras dan bisa dibentuk langsung tanpa harus melakukan perawatan terlebih dahulu. Saya pun pernah menemui bahan batu tersebut yang ternyata sudah bisa tembus jika di senter, namun mudah retak jika terjatuh karena kekerasan batu belum bisa merespon benturan yang kuat maka batu pun menjadi retak atau bahkan terbelah dua.

Bagi sobat yang mempunyai bahan batu bacan kerikil dan ingin mengetahui cara perawatannya hingga batu bisa dibentuk dan menjadi indah, simak tips dibawah ini.  

cara perawatan batu bacan kerikil

Sebagai catatan saja, harga bahan batu bacan kerikil bisa berkisar di antara harga 100 sampai 200 ribu, itupun bisa mendapatkan lebih dari tiga bahan batu yang berukuran satu buah cincin sedang jika dibentuk.


Cara perawatan bahan batu bacan kerikil


Bahan-bahan:
  • Wadah rendaman
  • Air mineral
  • Minyak zaitun


Caranya sebagai berikut:
  • Terlebih dahulu bersihkan bahan batu bacan kerikil dengan air
  • Lalu masukkan kedalam wadah 
  • Rendam dengan air mineral selama satu minggu tanpa dijemur 
  • Bila sudah satu minggu, angkat bahan batu lalu olesi dengan minyak zaitun dan jemur kurang lebih lima jam


Fungsi merendam dengan air mineral selama satu minggu adalah untuk memastikan bahwa bahan batu bacan tidak terkontaminasi dengan cairan kimia dan sekaligus membersihkan dari kotoran. Biasanya kotoran maupun cairan kimia akan mengambang di permukaan air dan pastikan untuk mengganti air rendaman jika sudah kotor atau keruh.


Penjemuran bermaksud untuk membuat bahan batu menjadi kristal karena pemanasan yang dihasilkan dari penjemuran berproses di dalam bahan batu sehingga perlahan-lahan namun pasti batu akan kristal, pengolesan minyak zaitun agar bahan batu tidak mendapatkan panas berlebihan karena terhalang oleh lapisan minyak sehingga jika lupa untuk mengangkat bahan batu tidak menimbulkan risiko fatal.

Untuk kulit bahan batu yang lumayan keras, biasanya akan melunak jika suda direndam selama satu minggu, jika ingin mengupas kulit nya gunakan cara manual yaitu dengan amplas kasar atau batu asahan agar tidak retak.

Semoga postingan kai ini tentang cara perawatan bahan batu bacan kerikil bisa bermanfaat bagi sobat pembaca setia blog goresan pemikiran, salam gemslover.


Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon