Kamis, 21 Mei 2015

Cara Merawat Bahan Batu Bacan Hijau cincau Agar Tidak Retak Saat Dibentuk

Halo sobat goresan pemikiran, sebuah email mendarat di kontak Saya yang berasal dari pecinta batu bacan asal solo yang menanyakan perihal batu bacan cincau, berikut adalah kutipan email tersebut. "Selamat malam bang Deni, saya rendi setiawan asal solo, saya ingin bertanya tentang bacan cincau. awal cerita begini , saya beli bahan batu bacan cincau lalu di potong kecil-kecil, setelah itu salah satu potongan dibentuk dan gosok, alhasil kok batu bacan jadi retak, padahal saya menggunakan gerinda diamond wheel, apakah batu yang retak bisa rapat lagi dan apa perawatan yang tepat untuk sisa bahan lainnya agar sewaktu di bentuk tidak retak? foto saya lampirkan".

Untuk menanggapi pertanyaan tersebut, Saya sengaja membuat jawaban dalam postingan ini agar pembaca blog ini bisa mengetahui jawaban dan sekaligus belajar tentang pengalaman dari saudara rendi.

Sekilas tentang batu bacan hijau cincau, batu tersebut memang sangat indah baik warna maupun serat di dalam batu nya, namun bahan batu bacan cincau agak sedikit rapuh dan getas, oleh sebab itu harus hati-hati dalam membentuk batu tersebut. Agar batu bisa mudah saat dibentuk, unsur yang ada di dalam batu harus direkatkan terlebih dahulu agar tidak pecah ketika terkena getaran gesekkan mesin gerinda.

cara membedakan bahan bacan muda dan tua

merawat bahan batu bacan cincau

Setelah saya mempelajari dan mengamati foto yang dikirim, saya punya satu kesimpulan bahwa bahan batu bacan cincau tersebut masih muda dan belum keras. Agar bahan batu menjadi keras saat di bentuk harus dirawat dengan metode perendaman. untuk lebih jelasnya silahkan simak langkah dibawah ini. 

Cara merawat bahan batu bacan hijau cincau

Bahan-bahan:
  • Minyak kelapa
  • Wadah rendaman


Caranya sebagai berikut:
  • Siapkan wadah rendaman, pastikan bersih dari segala kotoran yang menempel
  • Masukkan bahan batu bacan hijau cincau
  • Lalu masukkan minyak kelapa
  • Rendam selama tiga bulan
bahaya merendam batu bacan dengan cairan pembersih mulut


Untuk merapatkan crack atau retak kecil pada batu bacan cincau yang sudah dibentuk, perendaman bisa menggunakan minyak zaitun. Karena unsur dari minyak kelapa mengandung hawa panas, perendaman ini sekaligus bisa memadatkan bahan batu bacan cincau.

Semoga apa yang saya jelaskan untuk menjawab pertanyaan tersebut bisa dipahami, dan tidak ada jaminan bahwa batu bacan yang crack bisa menyatu kembali jika retaknya terlalu dalam, namun jika retak halus bisa rapat asalkan batu masih dalam proses kristal.


2 comments

Terimakasih Mas Deni Atas Tips Yang Dituliskan. Sangat Berguna Sekali Untuk Saya :) Maju Terus Mas Deni And Nice Share

Sama-sama mas Destroid Clothing, jika merasa senang silahkan di share hehehehe...

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon