Minggu, 26 April 2015

Tips Gosok Batu Black Opal Yang Joss

Halo sobat blog goresan pemikiran, masih melanjutkan tentang cara perawatan batu black opal, kali ini Saya akan menulis tentang tips gosok batu black opal yang joss untuk mengeluarkan kembang jarong untuk pecinta batu black opal.

Sekilas tentang batu black opal, batu tersebut banyak beredar di Nusantara dengan berbagai jenis bahan batu, tapi yang terkenal mantap dan bagus hanya batu black opal yang berasal dari daerah provinsi banten tepatnya desa lebak. Batu yang berasal dari daerah tersebut sangat indah dengan warna-warni kilau yang memukau dan pantas saja banyak yang memburu batu tersebut untuk dijadikan cincin maupun liontin.


cara gosok batu black opal

Menggosok batu black opal sering dilakukan oleh para pecinta batu tersebut untuk mengeluarkan bibit jarong serta melebarkan kembang jarong, walaupun memakan waktu tapi mereka merasa senang dan enjoy dengan rutinitas gosok batu black opal. Alat yang digunakan juga tidak mahal dan mudah dibeli di toko batu akik dan mulia, malahan ada yang membuatnya dari bahan kulit yang tidak terpakai seperti bekas sepatu, ikat pinggang, dompet bekas dan lain sebagainya.
Fenomena gosok batu dengan kulit sering ditemui di berbagai tempat dan waktu, umumnya orang tua yang biasa melakukan kegiatan tersebut tapi sekarang banyak anak muda juga melakukan kegiatan serupa, baik di tempat nongkrong maupun di bawah pohon. Melihat hal tersebut, ternyata menggosok batu juga punya aturan sendiri dan tidak sembarangan karena bisa merusak batu, apalagi batu black opal yang sedikit beda dengan batu lainya.

Untuk itu tips dibawah ini mungkin bisa sobat jadikan rujukan.
  • Gunakan kulit yang masih alami dan bukan yang sudah diolah dengan zat kimia seperti pernis
  • Jika sobat menggunakan kulit bekas sepatu maupun ikat penggang dan dompet, usahakan menjemur nya terlebih dahulu selama 3 hari
  • Gosok dengan satu arah jangan ditekan jika batu black opal sudah porselin dan kristal
  • Kasih jeda antara waktu menggosok agar batu black opal tidak retak
  • Bila batu belum diikat cincin, berhati-hatilah karena sering terjatuh dan bisa menyebabkan batu menjadi pecah
perawatan bahan batu black opal dengan minyak zaitun

Rutinitas menggosok batu black opal bisa menjadi alternatif pengganti proses pemanasan jika dilakukan dengan benar dan akan berguna untuk perkembangan perawatan batu tersebut. Untuk itu mulailah menggosok batu black opal.

Demikian postingan edisi kali ini tentang tips gosok batu black opal yang joss semoga bermanfaat bagi sobat goresan pemikiran semua.

2 comments

Maaf gan mau tanya. Itu bagian kulit ato blkg kulit ya gan buat gosok'y? Thx

Bagian yg kasar tiyo bob bkn yg halus. Thanks

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon