Sabtu, 25 April 2015

Cara Perawatan Pertama Saat Membeli Bahan Batu Black Opal

Halo sobat goresan pemikiran, untuk merawat batu black opal dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan tingkat tinggi agar hasil bisa maksimal. Seperti contoh bahan batu black opal di bawah ini yang baru saja diangkat dan dibuka dari paket pengiriman, terlihat begitu basah dengan minyak membalur seluruh permukaan batu agar tidak retak dan kering.

Seorang teman dan pembaca blog goresan pemikiran yang berasal dari pulau bali mendapatkan paket berupa bahan batu black opal banten, dia pun menanyakan apa yang harus dilakukan pertama kali ketika batu tersebut sampai di tangan. Lalu dengan berbekal pengetahuan yang sedikit Saya menjelaskan sampai dia mengerti dan faham betul tentang batu black opal.

bahan batu black opal jarong

mitos seputar batu black opal serat emas

Dilihat dari jenis bahan batunya, kandungan lumpur yang menutupi bahan batu terlihat tebal dan sedikit rapuh, untuk mengakali Saya biasa langsung merendam dengan minyak zaitun atau baby oil agar menjadi padat ketika dibentuk. Namun bagi yang mempunyai stok bahan batu yang banyak metode langsung jemur bisa juga diterapkan, asal jangan terlalu lama agar tidak retak di permukaan. 

Cara lainnya adalah dengan merawatnya dalam bentuk bahan batu dan biarkan jarong keluar sendiri, lalu dibentuk dengan memilih bagian yang menampilkan jarong yang bagus. Dengan demikian sobat bisa membentuk batu black opal dengan cara memilih sesuai jarongnya dan bisa bernilai jual tinggi jika memilih jarong yang berwarna hijau.

Sedikit informasi yang sangat berharga Saya dapatkan dari sumber yang bisa dipercaya, yaitu banyaknya turis asing yang sangat menyukai batu akik asal Indonesia terutama batu black opal banten. Mereka mau membayar lebih untuk batu yang bisa memancarkan sinar yang bagus. jika sobat tertarik mengembangkan usaha batu black opal, saran dari Saya adalah bentuk dengan bagus lalu jadikan cindera mata untuk turis lokal maupun mancanegara.
Demikian postingan pada edisi kali semoga bisa menambah wawasan sobat blog goresan pemikiran dan bermanfaat,salam gemslover.


1 comments so far

Bang bahan BO saya baru dateng bongkahan agak besar dan bentuk bulat panjang kondisi tertutup lumpur kehijauan dan dibawah lumpur tertutup kulit keras berwarna putih apa yg harus saya lakukan, apakah langsung treatment rendam+jemur dengan air hujan atau minyak, atau harus saya bersihkan dulu lumpur dan kulit putih pada batu,,mohon infonya

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon