Senin, 27 April 2015

Ciri Batu Black Opal Jarong Palsu

Halo sobat blog goresan pemikiran, batu black opal masih menjadi primadona sebagian pecinta batu akik di Indonesia, hal ini terbukti dengan banyaknya permintaan akan bahan batu tersebut beberapa bulan belakangan ini. Banyaknya permintaan bahan batu black opal juga berpengaruh buruk terhadap kualitas batu black opal yang ada saat ini, contohnya adalah bahan batu banyak yang keropos, tidak padat atau rapuh dan lain sebagainya.

Membeli batu black opal yang sudah jadi juga harus hati-hati, karena banyak oknum penjual yang memasukan tablet ke dalam batu sehingga terlihat seperti jarong, padahal jika di amati dengan seksama jelas sekali perbedaannya. Saya pun sering melihatnya pada batu black opal punya teman yang katanya full jarong. Tablet itu sendiri adalah lembaran tipis berkilau yang biasa di masukan ke dalam batu dengan cara membelah dan mengelemnya kembali sehingga terlihat seperti jarong dari luar.
perawatan bahan batu garut dengan air hujan

batu black opal jarong palsu

Untuk menyingkapi fenomena batu black opal jarong palsu, akan Saya kupas habis tentang hal tersebut agar bisa menjadi pengetahuan bagi sobat pecinta batu black opal.

Ciri batu black opal jarong palsu
  • Warna jarong tidak natural dan tidak berkilau cantik
  • Jarong tidak menyebar ke seluruh permukaan batu
  • Batu lebih licin dari biasanya
  • Terlihat semacam lembaran tablet di dalam batu
  • Ketika d isenter atau terkena cahaya kilau jarong tidak bergerak natural


Tips diatas adalah yang pokok saja dan bisa dilihat dengan mata biasa dan senter, namun untuk pastinya tes laboratorium lebih akurat dibandingkan hanya melihat dengan senter. Sobat juga harus bisa membedakan antara batu black opal dengan batu kalimaya kopi, karena keduanya hampir serupa namun yang membedakan hanya faktor tembus senter untuk batu kalimaya dan batu black opal tidak.
Demikian postingan edisi kali ini tentang ciri batu black opal jarong palsu, semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi sobat goresan pemikiran, salam gemslovers.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon