Minggu, 19 April 2015

Ciri Bahan Batu Bacan Palsu

Ciri bahan batu bacan palsu adalah tema yang akan saya ulas pada edisi kali ini karena semakin banyaknya bahan batu bacan yang beredar dipasaran yang berharga murah dan sulit sekali dibedakan dengan mata biasa apalagi seorang yang baru terjun dalam dunia perbatuan. Hal tersebut bisa dimanfaatkan oleh oknum penjual batu bacan yang tidak bertanggung jawab dengan menjajakan bahan batu bacan yang palsu.

Bagi sobat blog goresan pemikiran yang ingin membeli bahan batu bacan sekarang harus ekstra hati-hati karena kemarin saya pernah mendapatkan ada bahan yang mirip sekali dengan batu bacan. Konon katanya bahan batu bacan palsu tersebut didatangkan dari sukabumi dan sudah beredar luas di pasaran batu Indonesia, untuk menyikapi hal tersebut, saya punya tips jitu agar sobat bisa membedakan bahan batu bacan asli dan yang palsu. 

ciri bahan batu bacan palsu

Gambar diatas adalah bukti bahwa bahan batu bacan palsu banyak beredar dan susah dibedakan dengan aslinya dan ada baiknya sobat meneliti dahulu sebelum membelinya walaupun harga yang ditawarkan murah. 
Ciri bahan batu bacan palsu:

  • Dari segi warna yang ditampilkan sangat berbeda, biasanya bahan batu bacan palsu berwarna muda
  • Jarang sekali warna hitam yang terlihat
  • Berat bahan batu ringan
  • Jika ada warna biru pada bahan batu tersebut tidak tembus jika disenter
  • Harganya relatif lebih murah dari bahan batu bacan yang asli.


Fenomena bahan batu atau batu bacan palsu sebenarnya sudah ada dari awal batu bacan jadi primadona para pecinta batu akik, namun mereka dengan jelas menyebutkan bahwa batu bacan yang dijual itu bukan yang asli. Ada yang menamainya batu bacan garut, batu bacan cina atau bacin dan lain sebagainya. 
Jika sobat sudah terlanjur membeli bahan batu bacan palsu, sebaiknya dirawat atau dipakai saja karena saya rasa batu tersebut cukup bagus jika dijadikan cincin atau liontin, ketimbang harus menyesal dan menggerutu dan harga untuk batu tersebut cukup bersaing pada salah satu toko online shop.

Demikian ulasan saya tentang ciri bahan bacan palsu, semoga bisa membantu sobat dalam membedakan yang asli dan yang palsu. 

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon