Jumat, 17 April 2015

Cara Perawatan Batu Black Opal Yang Sudah Dibentuk

Halo sobat goresan pemikiran, melanjutkan postingan tentang batu black opal banten yang sudah dibentuk pada edisi kali ini Saya akan mengulas cara perawatan batu black opal khusus untuk batu yang sudah dibentuk dan belum dipoles. 

Ketika sobat membentuk batu black opal kepada tukang batu atau melalui cara manual tradisional menggunakan amplas dan batu asahan, sobat sudah siap untuk masuk tahapan selanjutnya yaitu merawat batu dengan cara yang nanti Saya sebutkan dibawah. Berhubung cara ini hanya untuk batu yang sudah dibentuk Saya tidak menyarankan untuk melakukan jenis perawatan ini pada bahan batu black opal yang masih bongkahan besar dan kecil, namun jika sobat mau mencoba Saya persilakan.

cara perawatan batu black opal

tips membentuk batu black opal

Tanpa banyak basa-basi berikut ini langkah demi langkah yang harus sobat tempuh dalam melakukan jenis perawatan batu black opal ini.

Langkah pertama

Siapkan air rendaman yang terdiri dari teh yang sudah berfermentasi atau basi tanpa ada campuran gula, para orang tua biasa menyebutnya teh tubruk. Bagi sobat goresan yang belum tahu apa itu teh tubruk, berikut penjelasannya. Teh tubruk adalah minuman yang berasal dari daun teh asli dan bukan yang celup dan biasa diminum oleh para orang tua dipedesaan.

Langkah kedua

Setelah sobat yakin betul bahwa teh tubruk yang disiapkan sudah menjadi basi, masukan cairan teh tersebut bersama ampas teh kedalam sebuah botol yang ada tutupnya, lalu masukan batu black opal kedalam air rendaman tersebut. Pastikan teh sudah menjadi basi dengan cara menciumnya, jika sudah tercium bau menyengat tandanya sudah basi, jika belum jangan masukan batu black opal.

Langkah ketiga

Rendam batu black opal dengan cairan tersebut selama 2 bulan tanpa dijemur agar perawatan bisa membuahkan hasil yang maksimal. Alasan kenapa tidak dijemur agar batu bisa mendapatkan suasana seperti habitat aslinya dan juga bisa menyerap nutrisi dari teh basi.

Langkah keempat

Setelah dua bulan, angkat batu black opal dalam cairan rendaman lalu angin-anginkan sampai kering. Setelah itu gosok dengan amplas halus ukuran 1500 dan jangan ditekan, lalu olesi dengan minyak zaitun dan jemur setiap hari selama tiga jam dari jam 7 sampai jam 10 selama satu bulan. 

Biasanya setelah melalukan jenis perawatan batu black opal diatas, bibit sudah keluar dan berwarna. Jika sobat tidak sempat menjemurnya pada jam yang telah Saya sebutkan, dijemur siang hari juga tidak mengapa asalkan hanya satu jam saja agar tidak over heat atau terlalu panas.

Setelah dirasa cukup jarong yang keluar pada batu black opal yang sudah dirawat walaupun belum full kembang jarong, saatnya memberikan rumah untuk batu tersebut atau diikat. Saya sangat menyarankan bahan cincin yang terbuat dari bahan titanium putih agar kontras dengan warna dengan batu black opal, untuk membuat jarong full tinggal dipakai saja dan biarkan batu berproses sendiri secara alami.

Demikian postingan tentang cara perawatan batu black opal yang sudah dibentuk, jika ada yang kurang jelas silahkan komentar dibawah atau lewat email di pages contact us, salam gemslover. 

6 comments

Permisi om Deni... saya punya BO dan sudah saya Olesin minyak zaitun selama 2 bulan lebih tapi hasil belum kelihatan..

Pertanyaan saya ialah :  BO berminyak bisa tidak langsung dimasukan kedalam teh tubruk basi , atau dicuci dulu?
Terimakasih.‎

Kang deni treat ini bisa gak buat sempur..? Thanks

Ropindo@ cuci dulu baru cemplung

Gusti Way@silahkan dicoba buat sempur

Saya punya bo sempur sdh jarong.. Tp hanta kelihatan pas kena sinar matahari/ senter.
Pertanyaan saya, apakah bisa jarong siang malam tanpa sinar dan bagaimana cara perawatannya? Tq

Om deni treatment ini bisa buat bo ruyung gak ?

Irdiantor@ bila ingin jarong seperti itu butuh waktu lama dan batu harus kristal dulu. Cara perawatan nya cukup dipakai saja.

Day huzaifah@ bisa

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon