Sabtu, 11 April 2015

Cara Merawat Batu Bacan Doko Biru Secara Alami

Halo sobat goresan pemikiran, batu bacan doko biru yang satu ini memang terlihat indah dan mewah, mempunyai warna yang mirip dengan permen pewangi mulut dan harganya bisa membuat sobat merogoh kantong lebih dalam. Untuk mempunyai batu bacan doko biru teman saya mencarinya sampai kepelosok daerah karena batu bacan tersebut termasuk susah dicari dan harganya mahal.

Bahan batu bacan doko biru ini termasuk susah dalam merawatnya menjadi kristal bening, untuk memproses batu tersebut dibutuhkan waktu yang lumayan lama jika memakai cara perawatan alami yang tidak memakai cairan berbahaya seperti cairan kimia. Nah penasaran dengan cara perawatan batu bacan tersebut baca terus artikel ini sampai selesai.

cara alami merawat batu bacan

Sebelum saya memberikan tips perawatan untuk batu bacan doko biru seperti gambar diatas, terlebih dahulu saya jelaskan apa itu perawatan alami dan bukan alami. 

Cara perawatan alami

Cara ini sering dilakukan sebagian pecinta batu bacan dalam merawat batu tersebut dengan cara perendaman menggunakan cairan alami seperti air mineral, air oksigen, air sumur, air kelapa dan berbagai minyak yang tidak terdapat kandungan zat kimia seperti minyak bayi, minyak zaitun.

Cara perawatan tidak alami

Cara ini sering dilakukan para pedagang batu bacan yang hanya mengejar keuntungan semata, cara tersebut termasuk menggunakan cairan kimia atau campuran dari bahan tersebut hingga bisa mempercepat warna hijau, contoh cairan kimia yang bisa merusak seperti air aki, minyak rem, citrun, dan berbagai campuran zat yang bukan alami seperti yang saya sebutkan diatas.

Setelah memahami apa itu cara perawatan alami dan yang bukan, mari simak cara perawatan alami untuk batu bacan doko, baik masih bahanmaupun yang sudah dibentuk. 

  1. Jika sobat mempunyai bahan batu bacan, pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan nya dengan air sumur atau air pompa
  2. Lalu rendam dengan air  tersebut selama 4 hari untuk menetralkan kandungan yang tersembunyi sebelum sobat membelinya
  3. Ganti air rendaman jika terlihat minyak dipermukaan air, lakukan terus pergantian air rendaman sampai tidak terlihat lagi minyak dipermukaan
  4. Angkat lalu keringkan dengan dianginkan sampai 1 hari
  5. Jemur satu jam saja 
  6. Lalu siapkan wadah rendaman
  7. Isi dengan air oksigen
  8. Rendam batu bacan semalaman
  9. Lalu jemur satu jam kemudian rendam lagi

Langkah ke 5 sampai 9 harus dilakukan berulang kali sampai batu bacan menjadi keras dan tidak hitam jika di gores, setelah batu bacan menjadi keras tinggal tunggu proses kristal, jika batu bacan sudah dibentuk penggosokan dengan kulit atau bambu sangat membantu proses clarity atau pembeningan.

Itulah cara alami dalam merawat batu bacan doko biru dan batu bacan lainnya, langkah dan cara yang pasti bisa membuat batu semakin bagus dan alami, semoga bermanfaat.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon