Minggu, 26 April 2015

Cara Mengeluarkan Getah Kayu Batu Black Opal

Halo sobat blog goresan pemikiran, dibawah ini adalah contoh gambar batu black opal yang sudah mengeluarkan getah kayu dan siap untuk melanjutkan proses mengeluarkan jarong. Tapi untuk jenis batu black opal yang lain, getah kayu tidak terlalu kelihatan dipermukaan dan hampir tertutup warna hitam namun masih dapat mengeluarkan jarong yang bagus seperti jarong ruyung.

Proses mengeluarkan getah kayu bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan proses cascade atau pemanasan menggunakan minyak panas yang dituangkan kedalam wadah berisi batu black opal, tapi bagi yang belum tahu cara nya bisa dengan cara yang simpel dan mudah namun butuh kesabaran yang tinggi karena butuh waktu.

getah batu black opal jarong

perawatan bahan batu black opal dengan minyak zaitun

Cara perawatan batu black opal ini sudah banyak terbukti berhasil mengangkat getah kayu dan untuk jenis batu yang solid bisa mengeluarkan bibit jarong sekaligus memunculkan warna, seperti pengakuan salah satu sobat goresan pemikiran di bawah ini "bang, setelah melakukan perawatan seperti yang ada di blog ini, batu black opal saya sudah muncul warna merah di pinggir batu, lalu apa langkah selanjutnya?" pengakuan tersebut hanya satu dari banyaknya para gemslover yang sudah berhasil memunculkan warna pada batu black opal miliknya, 

Untuk sobat yang tertarik dengan cara perawatan yang saya lakukan, mari simak tips di bawah ini.
  • Siapkan batu black opal yang akan di rawat 
  • Rendam dengan minyak baby oil semalaman
  • Angkat pagi hari lalu lap dengan tissue
  • gosok permukaan batu dengan amplas halus
  • lalu jemur tiga jam
  • kemudian letakkan di tempat yang pengap
  • Malamnya rendam kembali batu black opal sobat
  • Lakukan seperti langkah ketiga dan seterusnya
tips gosok batu black opal yang joss

Cara perawatan jenis ini hanya berlaku untuk black opal yang sudah porselin atau keras, jika bahan batu belum keras atau padat, padatkan terlebih dahulu agar tidak pecah saat dijemur. Untuk bahan yang hitam solid lakukan penjemuran agak lama, kalau bisa sampai sore hari untuk memperbesar pori-pori dan memudahkan timbul bibit jarong.

Demikian postingan edisi kali ini tentang cara mengeluarkan getah kayu batu black opal semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi sobat goresan pemikiran semua, salam gemslover.

6 comments

bang den saya mau nanya apakah cara mengelurakan getah kayu tsb di atas bisa dgn minyak zaitun?

Bisa mas wgc, tinggal diganti minyak nya saja tapi langkah harus sesuai dengan cara diatas. Thanks

Bang den mau nanya itu ngamplasnya dibantu pake air gak setiap kli treatment.. thanks..

Tidal usah mas gusti way, cukup ngambang saja amplas nya. Thanks

Bang deni. Ane baru beli BO. Udah di iket.. Bo di olesin minyak zaitun terus di jemur 2 jam.. Lalu ane gosok pake sabuk.. Kok warna item kayak pada luntur gitu ya bang.. Terus di tengah2 batu kayak ada getah (kabut) gitu.. Kalau di senter tembus. Kira2 apa bakal timbul jarong bang?

Apa yang saya tahu, black opal ga luntur warna hitam nya. Kalau putih tembus mungkin ada bibit kalimaya coba kirim gambar nya nanti akan saya lihat fan kasih cara yang bisa cocok mas kiki

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon