Minggu, 05 April 2015

Cara Membuat Terang Warna Batu Akik Blue Opal

Halo sobat goresan pemikiran, batu akik blue opal menjadi salah satu batu andalan dari daerah sukabumi. Batu akik tersebut sering dijadikan perbandingan dengan batu blue opal asal australia, namun tetap batu akik blue opal asal sukabumi menjadi batu akik yang indah dengan ciri khas unik yang tidak dipunyai oleh batu blue opal lainnya.

Mengingat trend batu akik yang sedang menjamur, batu akik blue opal mulai banyak disukai dan dijadikan obyek yang menguntungkan. Bayangkan saja sobat goresan pemikiran untuk bahan batu blue opal bisa dibandrol harga Rp. 100.000 - 200.000 itupun hanya bisa di bentuk satu atau dua buah batu cincin.

perawatan batu akik blue opal

Cara merawat batu blue opal agar bisa menampilkan performa terbaiknya, adalah dengan teknik perendaman dengan cairan alami dan bukan cairan kimia. Waktu yang dibutuhkan dalam perawatan ini relatif, bisa cepat bisa juga lambat karena dipengaruhi faktor kualitas bahan batu blue opal itu sendiri. Untuk langkah jelasnya, bisa di simak di bawah ini.

Cara membuat terang batu akik blue opal


Bahan-bahan:
  • Wadah tempat rendaman
  • Air mineral, air oksigen, air sumur
  • Kulit untuk menggosok

Caranya:
  • Pertama siapkan wadah, usahakan jangan terbuat dari besi
  • Masukan batu blue opal ke dalam wadah
  • Lalu tuangkan air rendamannya
  • Rendam semalaman
  • Lalu paginya keringkan dengan cara di angin-anginkan
  • Jemur selama kurang lebih 1 sampai 2 jam
  • angkat lalu gosok dengan kulit

Baca juga: Cara mudah merawat batu green fire opal

Jika batu akik blue opal masih berbentuk bahan batu alias rough, maka tidak perlu di gosok dengan kulit, cukup di rendam saja sampai sobat memutuskan membentuknya menjadi mata cincin. Biasanya dalam proses perendaman, warna batu akik blue opal akan semakin terang dan jelas, kaena air membantu proses dalam memperjelas warna.

Apakah blue opal bisa keluar jarong juga seperti akik black opal?


Menurut salah satu sesepuh akik, blue opal hanya menampilkan permainan warna biru di permukaan dan dalam batu. Saya sendiri belum melihat akik blue opal bisa keluar jarong seperti black opal, namun warna biru dari batu akik tersebut, mampu menenangkan hati siapa saja yang melihat nya.

Blue opal yang bagus berasal dari kota Sukabumi Jawa barat. Warna biru yang dominan sangat indah serta tingkat kristal yang cukup tinggi, menjadi ciri akik blue opal Sukabumi.

Demikian ulasan saya tentang cara membuat terang wana batu akik blue opal, semoga bisa menambah wawasan sobat goresan pemikiran semua, khususnya yang suka dan mempunyai batu akik blue opal.

5 comments

Saya punya blue opal Sukabumi urat emas
batu ini kualitasnya buruk
sama sekali tidak tembus jika disenter
warnanya tidak biru tapi justru condong ke hitam buram
jika difoto pake blitz baru kelihatan birunya
Apakah bisa dibikin temus dengan rendam air ?
bagus mana air pure it atau air PAM ?

Kalau bahannya begitu memang tidak tembus m. Farhan, tapi jenis yang tembus dari bahan nya sudah kelihatan. Jika ingin dicoba bahan ente silahkan saja.

Sy punya blue opal.. Tp begitu sy bentuk/ diolah warna nya jadi hijau tua.. Kenapa ya? Apa batu yg sy punya itu msh muda?

Mungkin muda mungkin juga jenis batunya beda mas iwan Darmawan.

andy lukmantara

Gan ..sy punya blue opal tapi belom tembus semua gimana caranya supaya cepet tembus semua ..tks..

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon