Rabu, 08 April 2015

Bahan Batu Akik Lumut Pancawarna Dan Cara Perawatannya

Batu akik lumut pancawarna termasuk batu akik yang sering dan banyak menjadi perhatian dalam sebuah lelang batu akik, panacawarna artinya lima warna dan sebuah batu akik bisa dikatakan pancawarna jika mempunyai lima warna yang ditampilkan, seperti contoh gambar di bawah ini.

Bahan batu akik lumut pancawarna termasuk salah satu bahan batu yang banyak dicari para penambang batu, karena keindahan serta banyaknya permintaan akan batu tersebut. Batu pancawarna bisa dibentuk menjadi berbagai aksesoris menarik seperti cincin maupun liontin, yang pasaran harganya bisa mencapai ratusan bahkan jutaan rupiah.

Untuk sebuah cincin batu akik lumut pancawarna yang berukuran sedang, penjual batu biasa membandrol harga Rp. 500.00 sampai Rp. 800.000, yang pastinya harga bisa kurang sesuai nego kedua belah pihak. Tapi jika batu pancawarna berkwalitas super, mereka menjual dengan harga yang benar-benar mahal, biasanya para kolektor merupakan sasaran penjualannya.

bahan batu akik lumut pancawarna

Cara perawatan batu akik lumut pancawarna yang masih bahan batu atau rough, saya lebih menyukai teknik rendaman dengan terlebih dahulu memotong kecil, untuk cara lengkapnya bisa disimak di bawah ini:
  • Bersihkan bahan batu dari segala kotoran yang menempel agar tidak menjadi sarang penyakit keropos batu
  • Biarkan dijemur matahari terlebih dahulu sebelum di rendam
  • Siapkan wadah,bisa ember kecil atau apa saja asalkan terbuat dari plastik
  • Letakan bahan batu dalam wadah dan rendam dengan air mineral
  • Waktu yang dibutuhkan dalam rendaman ini tergantung sobat sendiri, kalau ingin batu lebih menimbulka warna yang cerah, rendam sampai 2 bulan
Kesabaran adalah kunci dalam perawatan bahan batu akik lumut pancawarna, sobat bisa melihat perbedaan yang nyata saat sudah memasuki 1 bulan lamanya waktu perendaman.

Untuk perawatan batu akik lumut pancawarna yang sudah menjadi cincin atau liontin, cukup dipakai saja setiap hari sambil digosok dengan jari atau dengan kulit. Dari informasi yang saya dengar, batu akik pancawarna sedang naik daun tahun ini disebabkan banyaknya permintaan akan batu tersebut.

Demikian postingan saya kali ini, jika sobat ingin bertanya seputar batu akik lumut pancawarna dan sejenisnya, bisa langsung komentar di bawah atau hubungi say lewat email di pages contact us, semoga bermanfaat.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon