Jumat, 27 Maret 2015

Cara perawatan batu garut biru

Halo sobat goresan pemikiran, salah satu batu yang banyak dikoleksi para gemslover adalah batu garut. Batu yang mempunyai bermacam-macam warna, tak terkecuali batu di bawah ini, yaitu batu garut biru. Sepintas memang mirip batu bacan doko namun batu garut biru punya ciri khas tersendiri dengan serat awan yang indah.

Ciri batu garut biru bisa dibilang hampir sama dengan batu garut lainnya, hanya saja mungkin terdapat perbedaan dari segi asal batu dan tempat penggalian batu tersebut. Contohnya batu garut edong yang fenomenal, batu tersebut di gali dari bukit dan memakai ritual khusus agar bisa mendapatkan batu yang diinginkan dan berkwalitas bagus.

cara perawatan batu garut biru

Contoh lainnya adalah batu pancawarna garut dan batu garut ohen yang sudah diakui dunia, belum lagi batu garut cincau dari daerah bungbulang yang dibandrol Rp 800.000 perkilo gram. Belum lama ini tersiar kabar bahwa souvenir dalam kongres asia afrika yang diadakan di bandung adalah batu akik, yang tentu saja batu garut biru adalah salah satu pengisi acara souvenir tersebut. 

Harga batu garut di dalam negeri kurang bergairah, namun untuk pasaran luar negeri batu tersebut sungguh bisa menarik hati seorang kolektor batu mulia seperti pangeran charles yang selalu memakai batu cincin garut dijarinya.

Cara perawatan batu garut biru cukup sederhana dengan metode tradisional yaitu pemakaian setiap hari dan penjemuran satu jam sekali. Metode perendaman juga dianjurkan untuk jenis bahan batu garut biru, jika sobat tertarik akak  perawatan perendaman bahan batu garut biru, silahkan simak tips di bawah ini.

Bahan-bahan:
  • Wadah rendaman
  • Air oksigen
  • Garam halus


Caranya:
  • Siapakan bahan batu, kalau bisa dipotong kotak kecil agar mudah melihat perubahannya.
  • Bersihkan wadah dari kotoran menggunakan lap kain lalu isi dengan air oksigen. 
  • Masukan garam halus 1/2 sendok teh.
  • Aduk rata sampai garam tercampur semua. 
  • Masukan bahan batu garut biru, jika sobat memulai rendaman di waktu pagi, jemur bersama air rendaman selama satu jam.
  • Rendam bahan batu garut selama belum mau dibentuk. 


Demikianlah ulasan saya tentang cara perawatan batu garut biru, semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi sobat goresan pemikiran semua khususnya yang hobi dengan batu cincin garut biru.

8 comments

Bang deni itu klo direndem di toples kaca ditutup apa dibuka yah? Sya ada bahan batu garut earna Hijau merah dan getas..perawatanya gimana ya mkasih

Elrais sangarie, ditutup toplesnya. Untuk kasus anda direndam dengan minyak zaitun selama 3 bln atau pakai cara diatas.

Itu bagus mana bang pake zaitun apa air oksigen

Pakai air oksigen jika batu sudah kristal kalau belum minyak zaitun

bisa kirim merk zaitunnya mas ke email?.. mkasih bantuannyya

Mas elrais sangarie, bilang saja minyak zaitun untuk perawatan kulit yg didalam botolnya ada bijinya.

Bang deni batu garutnya Sudah mulai solid warna nya setelah drendam zaitun setelah itu langsung di rendam air apa gmn yah hehe mkasih

Lanjutin aja dulu sampa maksimal lalu dibentuk mas elrais

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon