Sabtu, 04 April 2015

Penampakan Batu Cincin Pandan Lumut Kristal

Halo sobat blog goresan pemikiran, gambar batu di bawah ini merupakan gambar akik pandan lumut yang sudah kristal dan jadi atau sudah tua. Batu ini ditaksir dengan harga puluhan juta rupiah, karena serat batu dan warna yang eksotik serta indah. 

Melihat dari sejarah batu akik pandan yang terkenal di jakarta, batu tersebut sudah menjadi aksesoris para jagoan betawi tempo dulu. Jadi wajar saja jika batu pandan yang sekarang booming, banyak yang sudah jadi. Karena batu pandan sudah dikoleksi orang betawi tempo dulu, khususnya para jagoannya. 

batu akik pandan lumut

Untuk mendapatkan batu pandan seperti ini tentu memakan waktu lama, namun jika sobat goresan ingin melakukan perawatan batu pandan dengan cara perendaman atau penjemuran, cara lengkapnya sudah banyak saya ulas di blog goresan pemikiran ini.

Cara yang menurut Saya tepat untuk jenis akik pandan lumut diatas adalah dengan memberikan teknik rendam setiap 1 bulan sekali. Hal ini berguna supaya tampilan akik pandan bisa semkin bening dan berkilau.

Cairan apa yang bagus untuk teknik rendam akik pandan?


Semua jenis cairan yang memiliki kadar oksigen tinggi, sangat bagus untuk treatment rendam akik pandan. Sebab molekul akik pandan sangat unik dan bisa berubah seiring berjalan nya waktu.

Sebagai contoh perubahan, akik pandan nanas akan berubah merah, pandan kapas akan berubah menjadi pandan sutera. Memang waktu mempunyai peranan penting dalam perubahan akik pandan, sobat jangan berharap  perubahan bisa terjadi dalam satu atau dua tahun, karena menurut pengalaman lebih dari 5 tahun.

Kembali ke masalah cairan yang bagus untuk akik pandan, Saya pernah mencoba merendam akik tersebut dalam wadah berisi air kelapa muda beberapa malam dan hasilnya sungguh luar biasa. permukaan akik semakin bening dan warna semakin cerah.

Dari eksperimen tersebut, saya simpulkan bahwa air kelapa sangat bagus untuk akik pandan, dengan catatan batu sudah dibentuk menjadi mata cincin.

Kesimpulan

Akik pandan dengan jenis lumut, termasuk jenis akik yang langka dan punya nilai jual tinggi, apalagi sudah mengalami proses tua yang matang dan lama.

Untuk mencari jenis akik pandan lumut, sekarang agak susah, karena rata-rata mereka yang memiliki tidak mau menjual koleksinya karena ingin melihat langsung perubahan yang terjadi.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon