Minggu, 30 Juli 2017

BATU AKIK PANDAN BETAWI

Halo sobat goresan, seorang pecinta batu akik pandan memperlihatkan koleksinya kepada saya, dengan berbagai ukuran dan jenis batu pandan. Batu tersebut dia koleksi ketika masih muda dan sekarang batu tersebut bernilai jutaan rupiah. Sebut saja bang udin, seorang betawi tulen dengan logat bahasa betawi nya menuturkan sejarah batu pandan kepada saya.


Dia bercerita bahwa batu pandan koleksinya itu diperoleh dari orang tua yang semasa hidupnya bekerja sebagai petani di daerah bekasi. Singkat cerita, bang udin selalu menjaga dan merawat batu pandan dengan cara dibersihkan setiap hari menggunakan lap bersih yang halus dan sering di gosok menggunakan kulit atau bambu.

Mengenai perawatan bahan batu pandan, cukup direndam dengan air belimbing sayur atau belimbing wuluh yang diperas dan diambil airnya. Bahan batu lalu direndam sampai kapurnya naik kepermukaan lalu dibentuk sesuai selera, apakah dijadikan cincin atau liontin. 

Mengenai harga batu pandan miliknya, bang udin pernah mendapatkan tawaran hingga jutaan rupiah untuk satu buah batu pandan nanas dengan ukuran sedang. "Memang batu pandan sekarang banyak yang mencari untuk dipakai atau dijual lagi" tuturnya. 

Sobat goresan penasaran dengan cara perawatan bang udin, saya pun sempat mencobanya dan hasilnya cukup memuaskan, walaupun harus menunggu lama tapi perawatan dengan belimbing wuluh cukup efektif mengangkat dan membuat bening batu akik pandan.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon