Selasa, 20 Januari 2015

Resiko Membentuk Baham Batu Bacan yang Masih Muda

Halo sobat goresan, banyak pertanyaan seputar batu bacan dan cara membuat batu tersebut menjadi kristal namun ada tahapan penting sebelum membuat batu bacan kristal yaitu pembentukan batu bacan menjadi bentuk yang bulat, lonjong dan lain sebagainya.

Pembentukan bertujuan untuk mempermudah dalam perawatan batu, namun banyak pecinta batu bacan memaksakan untuk membentuk bahan batu bacan saat masih muda atau gampang hancur tanpa memikirkan resiko yang akan terjadi.


Tips bacan kali ini adalah tentang resiko membentuk bahan bacan yang masih muda.

6 resiko membentuk bahan batu bacan yang masih muda


  • Bahan batu bisa hancur 
  • Tidak bisa dibentuk dengan sempurna atau simetris
  • Tidak bisa digosok agar mengkilap
  • Mudah pecah atau crack bila terjatuh
  • Jika dipaksakan akan terdapat rongga didalam batu
  • Batu tidak bisa dibentuk jadi besar karena akan terkikis sampai kecil


Pengalaman dalam membentuk batu bacan saya yang masih muda terlihat seperti gambar diatas, nampak batu belum bisa dibentuk karena tidak cukup keras. Untuk itu rawatlah dulu bahan batu bacan sobat, agar padat dan keras dan bisa dibentuk sempurna atau simetris.

Jika sobat goresan tetap ingin membentuk bahan bacan muda, baiknya dibentuk pola saja atau menggunakan cara manual memakai amplas dan batu asahan.

Sobat goresan menyukai ini:



Bahan bacan muda relatif rapuh dengan banyak mengandung lumpur berwarna hitam, jika tergerus oleh ampelas atau mesin gerinda, akan meninggalkan bekas warna hitam pada alat tersebut.

Merawat kembali bahan bacan yang telah sobat beli namun masih muda, menjadi solusi terakhir. Rawatlah selama 3 bulan dan biasanya bahan bacan muda sudah bisa dibentuk, walaupun belum keras bangat.

Jika ingi mengetes bahan bacan muda, cukup gores ke sebuah ampelas kasar, jika meninggalkan bekas hitam, sudah pasti bahan bacan masih muda.

Jika dipaksakan dibentuk, akan membuat batu bacan paud alias tidak bisa maksimal dalam pembentukan.

Itulah ulasan singkat tentang 6 resiko membentuk bahan batu bacan masih muda, semoga bisa bermanfaat dan salam gemslover.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon