Rabu, 21 Januari 2015

Inilah Langkah yang dilakukan Saat Kapur Naik Kepermukaan Batu Bacan

Halo sobat goresan, masih melanjutkan postingan tentang batu bacan kali ini saya ulas langkah apa saja yang harus dilakukan saat proses kapur dalam batu bacan naik kepermukaan. 

Proses kapur naik kepermukaan batu bacan ditandai dengan memutihnya seluruh permukaan batu, hal ini terjadi karena proses rendaman dengan cairan isotonik yang membuat batu bacan mengganti mineral kapur dengan mineral dari air tersebut, contohnya seperti gambar batu dibawah ini.


Setelah sobat goresan berhasil membuat kapur naik kepermukaan, langkah selanjutnya adalah dengan mengikuti tips dibawah ini.

Langkah yang harus dilakukan saat kapur naik ke permukaan bacan


  • menghilangkan kapur tersebut dengan cara pembentukan, pembentukan ini bisa sobat lakukan sendiri atau membentuknya di tukang batu dengan biaya 30 sampai 50 ribu rupiah. 
  • Sebelum proses pembentukan, pastikan dahulu batu bacan dalam kondisi padat, keras dan tidak ringan, karena bila dipaksakan akan mengurangi ukuran batu saat dibentuk. 
  • Setelah batu selesai dibentuk langkah selanjutnya penjemuran atau dipakai langsung sebagai cincin untuk proses kristal dan warna batu bacan.


Jika sobat goresan memutuskan belum mau membentuk menjadi mata cincin, langkah yang harus dilakukan hanya menggosok menggunakan amplas duco tipe 600 lalu merendamnya dengan air mineral dan dijemur 1 jam sehari.

Cara diatas sudah pernah Saya lakukan dan hasilnya cukup bisa dibilang sangat memuaskan, karena kapur perlahan lahan akan berubah menjadi bening dan menyatu dengan warna bacan.

Apakah perlu menghilangkan kapur dalam permukaan bacan?


Kapur bukan sesuatu yang menggangu pada sebuah batu alam, karena hampir setiap akik pasti memiliki kandungan kapur. Oleh sebab itu, wajar saja bila bacan juga mengandung kapur.

Menurut sebagian pecinta akik, kapur bisa dihilangkan dengan cara menggosok nya dengan ampelas. Tapi saya berpendapat lain, sebab kapur akan berubah seiring proses akik menjadi lebih keras dan kristal, apalagi khusus bacan yang terkenal bisa berubah dengan cepat karena kondisi hawa panas.

Biarkan kapur hinggap sementara waktu dalam batu bacan, lalu rawat saja dengan baik, saya yakin dalam tempo tidak terlalu lama, kapur juga akan hilang dan berubah. Jika sobat malah menggosok nya dengan ampelas, malah akan membuat batu menjadi berlubang dan tidak bagus karena lubang tersebut akan permanen.

Sebaiknya jika tidak ingin ada kapur, kupas bacan beberapa mili saja, lalu gosok poles. Hanya saja teknik tersebut bisa membuat cincin menjadi kecil, karena mengupas bagian secara keseluruhan.

Semoga info singkat ini bisa bermanfaat, salam gemslover.

Sobat goresan menyukai ini:

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon