Jumat, 23 Januari 2015

Inilah Jenis Air yang Bagus untuk Merawat Batu Kalimaya Banten

Tags

Jenis air yang bagus untuk merawat kalimaya - Halo sobat goresan, batu kalimaya termasuk salah satu batu akik terindah peringkat ke lima di Indonesi kalau saya tidak salah. Batu kalimaya berasal dari sungai maja di provinsi banten, yang konon hanya dari sungai tersebut saja batu kalimaya berkualitas bagus bisa ditemukan. 

Dalam merawat batu kalimaya banyak cara yang sudah saya ulas, namun yang pasti batu kalimaya tidak boleh terlepas dari yang namanya air. Memang benar batu kalimaya sangat membutuhkan air dalam proses mengeluarkan jarong atau kilau, mulai tahap pembentukan, proses kristal sampai penyimpanan, harus menggunakan air.

jenis air bagus merawat kalimaya

Dari beberapa eksperimen yang Saya lakukan, formula air yang cocok untuk merawat akik kalimaya ada 6 jenis. Dari ke 6 jenis air tersebut, bisa dibuat untuk treatment kalimaya dan memiliki perbedaan hasil, walaupun pada intinya sama, yaitu bisa mengeluarkan jatong kalimaya.

Inilah jenis air yang cocok untuk merawat akik kalimaya Banten


  • Air mineral
  • Air oksigen
  • Air ber ph tinggi
  • Air ledeng yang pertama kali keluar
  • Air sungai maja
  • Air ac

Jenis air mineral, memiliki kandungan oksigen serta zat yang bagus. Air ini bisa untuk merawat akik kalimaya yang sudah naik ring atau sudah diikat emban cincin.

Berbeda dengan air oksigen, yang menurut pantauan Saya, sangat bagus untuk merawat bahan Kalimaya yang membutuhkan asupan oksigen dan mineral tinggi.

Lain lagi air yang punya kandungan ph tinggi, jenis air ini bisa membuat bening kalimaya dengan cepat dan biasanya teknik yang digunakan memakai teknik dan cara rendam.

Air ledeng yang biasa keluar pertama kali, mengandung pasir silica yang tentu sangat bagus untuk merawat kalimaya dan black opal. Cara dan teknik treatment nya, menggunakan cara rendam selama kurang lebih 3 bulan dan disimpan dalam ruangan yang gelap.

Air AC adalah air yang keluar dari mesin ac ketika menyala, konon air ini banyak digunakan untuk merawat jenis akik yang memiliki kilau jarong.

Namun dari semua air yang bagus diatas, hanya air sungai dari desa maja saja lah yang punya khasiat sangat bagus untuk batu kalimaya.

Sobat goresan menyukai ini:

7 comments

Gan lebih bagus yg mna rendam pke air ato pke minyak

Keduanya bagus, kalau sudah kristal saya sarankan pakai air.

Gan klo batu kalimaya di pake trus di jari tanpa di urus apa bsa kluar sendiri jarongnya
Thx

Gan cara kristalin kalimaya susu gmana
Thx

Gan kalaw mrnjemur x maya(teh) apa dng airnya? Ataw batunya aja?

Keduanya bisa gan tatang suryanto asal jangan kelamaan jemur nya.

klo pake air infus bagus ga baut rendam kalimaya nya gan?
thx

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon