Selasa, 20 Januari 2015

Inilah Cara Proses Batu Bacan Menjadi Kristal

Cara proses bacan menjadi kristal - Halo sobat goresan, dibawah ini adalah gambar bahan batu bacan doko hijau botol yang sudah kristal. Untuk memperoleh bahan batu ini saat sekarang sudah jarang sekali ada, karena memang bahan batu bacan yang berkwalitas susah dicari walaupun ada sobat harus merogoh kocek lebih dalam.

Sekarang ini yang bisa dilakukan hanyalah merawat bahan batu bacan yang tersedia agar menjadi bagus dan kristal. Banyak cara sudah saya ulas dalam merawat batu maupun bahan bacan dalam label tips bacan diblog ini.


Untuk sekedar mengingatkan kembali semua cara perawatan harus dilakukan dengan penuh kesabaran dan disertai rasa senang atau hobi, karena batu juga makhluk ciptaan tuhan yang bisa membalas budi baik bila ada yang merawatnya dengan benar.

Kalau sobat cermati gambar bahan batu diatas, daging batu yang berwarna hijau pasti dilindungi oleh kulit batu yang hitam. Itulah sebabnya saya selalu menganjurkan untuk membeli bahan batu yang berwarna hitam, karena pasti jadinya akan bagus.

Berikut ini cara proses batu bacan menjadi kristal.


  • Bahan batu akan mengeras dibagian luar karena sebab alami maupun karena perawatan
  • Kapur batu yang terperangkap didalam bahan batu akan naik kepermukaan dengan membawa unsur besi
  • Setelah itu minyak batu akan keluar melalui jalur kapur 
  • Proses kristal warna hijau maupun biru akan terlihat jelas didalam batu dengan bantuan panas tubuh maupun panas matahari


Demikianlah cara proses batu bacan menjadi kristal, karena sebab itulah hawa panas sangat dibutuhkan oleh batu bacan. Karena sebab tersebut, maka tak heran banyak pecinta batu bacan selalu menggosoknya dengan kulit atau menjemurnya di siang hari.

Untuk akik bacan yang sudah naik ring atau sudah menjadi mata cincin, sebaiknya pakai saja terus di jari tangan agar mendapatkan hawa panas dari tubuh.

Tapi jika ingin bagus lagi, gunakan kulit yang sudah kering, lalu gosok secara perlahan cincin bacan selama 10 menit. Ulangi proses gosok setiap hari pada waktu senggang, bisa pagi, siang dan malam hari.

Apakah bacan yang sudah jadi cincin harus dijemur?


Tergantung tingkat kekerasan dari bacan tersebut, jika belum mencapai tingkat kristal,  silahkan saja di jemur, namun jangan terlalu lama, karena cincin bacan bisa retak karena kepanasan.

Sobat tentu tidak mau bacan yang sudah di rawat selama ber bulan bulan, mengalami retak di permukaan batunya apalagi sampai terbelah menjadi dua, sungguh sangat merugikan.

Lamanya waktu menjemur akik bacan sebaiknya dibuat singkat, bisa 1 sampai 2 jam saja. Tapi jika sedang panas terik, 30 menit saya rasa cukup untuk waktu menjemur bacan.

Untuk jenis batu bacan gisoro atau bacan yang sudah kristal dari bahan nya, proses jemur tidak usah dilakukan. Karena, bisa membuat batu menjadi retak rambut di permukaan.

Dengan mengetahui proses batu bacan menjadi kristal, sobat pembaca akan lebih mengerti tentang perihal cara merawat bacan. Semoga bermanfaat dan salam gemslover.

Sobat goresan menyukai ini:

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon