Rabu, 21 Januari 2015

Inilah Cara Batu Black Opal Berproses Mengeluarkan Jarong

Cara proses black opal keluar jarong - Halo sobat goresan, banyak cara perawatan batu black opal banten yang sudah saya ulas diblog ini namun tidak sedikit yang belum mengerti apa saja yang harus dilakukan agar batu black opal bisa keluar bibit jarongnya.

Batu black opal Banten, adalah batu opal terbaik didunia karena memiliki kilau warna yang bersinar dan beraneka ragam. Cara memproses batu tersebut cukup dibilang gampang gampang susah, karena ada yang hanya menjalani satu bulan perawatan sudah timbul jarong dan ada juga yang berbulan bulan bahkan tahunan baru bisa timbul jarong.

black opal di jemur

Yang harus sobat goresan ketahui pertama kali, dalam merawat batu black opal adalah cara proses batu tersebut dalam mengeluarkan jarong. Nanti jika sudah diketahui proses tersebut, tentu akan semakin mudah dalam cara merawatnya. 

Dalam beberapa kesempatan, sering saya ulas mengenai proses jarong black opal, namun agar lebih jelas lagi, berikut ini adalah cara bagaimana batu black opal ber proses mengeluarkan bibit jarong.

Cara proses black opal dalam mengeluarkan bibit jarong


  • Bahan batu black opal mengandung silica yang bisa mengeluarkan kilau warna warni
  • Biasanya batu akan mengeluarkan minyak dalam proses tersebut
  • Seiring keluarnya minyak kepermukaan batu black opal, getah kayu yang tersimpan didalam ikut keluar
  • Keluarnya getah ditandai dengan batu mengeluarkan garis putih atau biru
  • Setelah getah keluar, ini akan diproses dengan panas, biasanya menggunakan sinar matahari atau alat yang bisa mengeluarkan panas seperti bara batok 
  • Setelah getah mengeras akibat panas lalu berproses lagi menjadi wadah atau bibit jarong
  • Dan terakhir bibit jarong akan melebar warna dan kilaunya dan oleh sesepuh batu disebut kembang jarong


Dengan memahami proses tersebut, sobat goresan akan lebih mengetahui serta akan faham dengan  bahan batu black opal yang bisa jarong dan mana yang tidak.

Dalam proses diatas, bisa kita lihat bahwa panas menjadi sumber utama dalam proses jarong, oleh karena itu proses pemanasan sangat penting untuk batu black opal. Hal ini lah yang melandasi banyak pecinta akik menggunakan panas untuk merawat black opal, jafi jangan heran banyak gemslover yang menjemur, membakar bahkan menggoreng batu black opal Banten.

Apakah jarong yang timbul akan bagus dan tidak redup?


Sebuah proses dalam merawat akik, tentu tergantung dengan bahan batu yang digunakan. Semakin bagus dan berkualitas bahan black opal, semakin bagus juga kilau jarong yang akan keluar.

Biasanya ciri bahan berkualitas bisa dilihat dari beberapa penampakan berikut.
  • Banyak titik silver
  • Warna hitam legam
  • Bobot batu lumayan
  • Tidak kering
Biasanya bahan yang sudah memiliki ciri diatas, akan bisa ber proses secara maksimal dan sangat besar kemungkinan black opal bisa jadi jarong.

Tapi harus selalu diingat, bahwa setiap perawatan akik khususnya black opal membutuhkan waktu dan tidak instan. Harap sabar bos.

Sobat goresan menyukai ini:

98 comments

iya ya bang deni baru 2 hari ane jemur kira2 1 jam sudah banyak keluar titik2 putih dari setiap pori2 kayu, apakah perlu lebih lama lagi ane menjemurnya agar lebih cepat kristal dan jadi jarongnya....mohon arahannya bang tks

Maksimal penjemuran 3 jam dibawah jam 12. setelah jam 12 siang 1.30

1. Jika belum keluar bintik putih, apakah dijemurnya masih pakai air hujan juga ?, 2. JIka dijemur lebih 3 (jam)/lebih lama efeknya apa ?

1. Ya
2. Bibit jarong bisa mati karena over heat

Bang, Bo saya udah keluar jarong ruyung dan warnanya udah banyak, wlpun msih sdikit belum full dan masih di liat pake senter .. nah kalo pingin jarong nya full n tanpa senter gmn gan .? ap treatment slnjutnya ?

Dipakai saja terus atau di Jemur tapi jgn terlalu lama, max 1 jam

1.bang,,,Bo saya di permukaan batunya bnyak garis2 putih'y dan sebagian garisnya ada yg berwarna kebiru2an,,,,tp dr garis putih itu kluar warna'y(jarong),apa treatment selanjutnya? 2. di batu itu jg di permukaan'y banyak bolong2'y bang kedalaman'y -+ 1-3mm treatment selanjutnya saya mesti gimana bang?thanks atas pencerahaan bang

Wahyu dwi larnianto
1. Sering digosok pakai amplas halus atau kulit
2. Digosok ulang, dari cirinya jenis BO sempur kayanya.
Thanks

Kang saya kemarin ngebentuk BO, pas beres di bentuk keluar garis2 putih agak kebiruan.. Tapi ada sedikit2 keropos samping2nya... Baiknya di gimanain??Apa cukup di rendam air hujan terus jemur aja atau ada tritment khusus... Nuhun

Jemur 3 jam sambil olesi zaitun mas ridwan kamaluddin

mas bahan bo saya terlihat banyak getahnya di atas hampir merata tapi masih putih belum ada warnanya.apa tritmen yg harus sy lakukan

kang sy pnya bhan bo poreselin kluar warna perak trus didalamnya ada warna putih. itu tandanya apa ya kang ?trus treatment selanjutnya seprti apa. mhn infinya kang,thanks

Kang, Saya Punya BO sdh keluar Kristal Putih, selama ini dijemur dan panasin dengan lampu 60 watt dioles juga dengan campuran zaitun+minyak kayu putih, ada juga Ranting BO yang sdh keluar titik-titik merah biru kuning hijau kalau disenter lampu, selanjutnya bagaimana supaya cepat keluar Jarong

Itu sudah bagus caranya tinggal diteruskan saja.

Klw garis dan bintik2 merah terang kang apa bibit jarong jga ? Tolong pnjelasan nya kang

Kalau merahnya berkilau jarong, kalau bukan mngkin serat bro buchek arsa

Mas saya pnya BO sdh ada jarongnya tpi disebagian setengah batu cincin saya ada warna hijau kyk lumut menutupi jarongnya,,truz apa yg harus saya lakukan agar warna hijaunya hilang

Coba dijemur 1 jam saja mas bukan dewa.

kang bo saya sdh ad bibit jarong tp blm naik kebadan bo msh
menggunakan microskop..ap yg sy lakukan agar warna jarong.. naik ke badan bo..makasih kang

Kang kmrn bo nya sy pnggang di ats bara api pke alumunium foil bo nya sy olsi mnyk kelapa.. stlh dingin bo sya celup ke mnyak lg.. hslnya da bntik2 putih, pa bo sya rusak kang..? Trims kang sblmny

Mas tolong pencerahan ny buwt bahan bo saya, yg masih terbalut kulit dan yg kulit nya sudah saya kupas mas.
Saat bahan bo saya sudah saya kupas, saya lihat bnyak sekali warna warni halus di bdan bo saya mas, kelap kelip gtu kalau terkena cahaya

Tidak kang gusti way, coba diampplas halus lalu dijemur max 3 jam nanti putihnya berubah

Kalau sdh keluar warna tinggal ditandai lalu dibentuk mas iana nasution

Mohon Pencerahan Bang apakah betul Rought/Bahan Bo yang masih bentuk batu bongkahan harus terlebih dahulu direndam dengan air hujan dan bagaimana pengaruh ke batu selanjutnya ???

Mas..
BO Saya masih terlihat serat emas.. itu pun hrus di senter biar terlihat jlas..
Trus gimna buat agar seratnya terlihat jelas &seratnya tambah bnyak..
Mksih mas...

Indriya pribadi@ tidak harus gan, air biasa juga bisa, malah saya biasa diletakan tanpa rendam setelah dipotong baru rendam.

Koi maruli@ harus dijemur sambil dibasahi air atau minyak. Thanks

Mas mohon pencerahanya ,bo saya masih berbentuk bongkahan ,ketika ssys kupas kulitnya ad getah berwarna putih banyak ,setelah 2harinya saya beri minyak orang aring besokannya berubah getah putihnya. Berubah menjadi pink tua. Mohon pencerahannya ? Trimakasih.

Mas kuntadi gow, warna pink akibat cairan yg dioles mengandung zat pewarna. Coba direndam air aqua untuk mengembalikan warna jelly. Thanks

kang..BO saya sudah keluar kembang jarong kalau di senter walaupun belum banyak seminggu sekali saya ampelas halus tapi warna dasar BO yang tadinya hitam berubah jadi belang putih kecoklatan [ orang Sunda bilang warna Leutak ], apakah BO saya rusak ??

Itu pengaruh dari bahan batu nya kang sugiono 212 coba diberi olesan minyak bayi

Bang deni.. Batu saya sudah saya rendam selama 3bulan. Dan skarang sudah saya bentuk. Warnanya yg baru keluar bintik2biru. Kelanjutan perawatannya gmn bang ? Mohon pencerahan

Lanjutkan dengan penjemuran bang Ardi maison. Caranya ada diblog ini. Thanks

Bang deni aku punya bongkahan BO uda direndem pake kayu putih 1 bulan
Pas diliat uda keluar bintik putih sama kemasemasan berkilau , biar ngejarong harus digimanain ya ? Thanks

Bang..aku baru beli BO mentah..setelah di amplas keluar bercak2 putih dan di dlamnya berwarna warni..apa itu gejala keluar jarong bang? mohon infonya terima kasih..

Mas, saya punya BO uda bentuk, uda jadi, jarong lumayan. Saya kasi treatment rendam air degan, kok selalu memutih kayak ngembun ya kalo keluar dri rendaman, tpi klo di rendaman lg, jdi item lgi. Solusinya gmn mas biar gak memutih lg?

Herman permana@ dirawat bro, caranya bnyak di blog.

Jojoy@ dilihat dari cirinya mungkin saja bro.

Gary driantono@ jgn rendam degan lagi. Pkai cara oles jemur saja.

Mas klo sudah keluar garis2 putih dan mengkristal dan di seluruh permukaan nya ada titik2 emas selanjut nya bagaimana? Bo saya jenis rating

Mas Deni, 2 bulan lalu saya beli bahan BO, sebesar bungkus rokok..
Sekarang udah saya bentuk, beberapa jadi model Cabochon dan persegi tipis..
Setelah treatment cascade, keluar garis putih kebiruan, berukuran sekitar 2mm-3mm, yang sepertinya bakal calon keluarnya jelly..
Tapi setelah treatment dengan rendam minyak zaitun dan dijemur selama 2 bulan, garis putihnya tetap segitu aja, ngga melebar, ga ada perubahan warna, dan belum juga tanda-tanda ada jarong..

Selama dijemur dalam keadaan kering, memang batu terlihat seperti "berkeringat", saya yakin itu minyak yang keluar, dan bersamaan dengan getah kayunya, tapi tetap saja belum ada terlihat jarong sedikitpun..

Di badan batu jg terlihat banyak kerlap-kerlip silver, namun tidak menempel, melainkan lepas dan mengalir mengikuti minyak.. Dan tidak ada yang berwarna merah ataupun hijau seperti yang kita tahu bahwa biasanya warna pertama yang muncul adalah merah atau hijau..

Sekarang saya masih bingung, apa yang harus saya lakukan..
Bisakah getah jelly dalam batu menjadi habis?
Kalau treatment menggunakan H*T Elektrik bisa ga sebagai alternatif? Bisa kasih tutorial lengkapnya ga mas?
Sekarang saya kurang waktu untuk menjemur soalnya.. hehe..
Ditunggu jawabannya ya Mas Deni..
Terima Kasih..

Haneyfebri@sering dijemur setiap hari selama 1 - 2 jam.

Anton@saya harus lihat foto yg jelas baru bisa buat postingan buat ente. Thanks

Cara mengembalikan warna hitam black opal setelah terdehidrasi bagaimana yah mas Denny?
Setelah kelupaan oles minyak pas dijemur .. warna hitam hampir menghilang ketutupan warna putih kecoklatan muda kusam....

Cukup direndam minyak lagi mas mahatva virya selama 2 minggu. Thanks

Bang jarong black opal sampe ke dalam apa hanya di permukaan

Yang bagus sampai ke dalam mas edo viswal, biasanya kalau hanya di permukaan masih butuh perawatan. Thanks

misi bang saya mau nanya, bo saya ko tiba2 bintik putihnya menghilang sedikit demi sedikit dan kalau di olesi minyak lalu disenter keluar kerlipan emas. tandanya apa ya bang? saya menggunakan treatment oles pakai.

kemungkinan jenis serat emas mas abdul ragiv, lanjutkan saja treatment nya

Hanya tambahkan aj bang.Menurut saya semua treatment apapun percuma dan buang2 waktu. Jika dr pemilihan bahan blacopalnya yg memang tidak memiliki bakat jarong.apa lagi sekarang2 ini banyak blackopal2 aspal.

Itu sudah pasti vinna fadilah dan trims untuk tambahannya.

Usul az ... artikel BO ini berserakan ... gimana kalau
Bikin handbook dng format file PDF atau DOC seputar Kupas Tuntas BO yang bergambar mulai milih bahan berkualitas, proses-tennis treathment sd. Hasil jadi output BO yg ideal.
Salam sukses ... and copas & download

Bang den, bo saya sudah keluar jarongnya dari bagian dalam batu, udah full tanpa disenter dah kelihatan jarongnya dari dalam batu. Tapi setelah saya kasih minyak zaitun malah hilang semua jarongnya, tinggal sedikit warna merah di bagian dalam batu, itu pun kelihatan kalo disenter aja. Mohon solusi nya ya bang den. Trims..

Rekwis@ saya belum sempat.Saya juga tidak suka dengan copas, pernah waktu itu isi blog ini di copas semua, tanpa permisi, lalu lapor DMCA google beres.

Rayvirgina@ kenapa udah jarong malah di kasih minyak? Coba jemur batunya satu jam saja. Thanks

kalo udah keluar bintik jarong ga usah di rendem ke minyak zaitun + kayu putih lagi ya kang deni ??

Mohon pencerahan nya, bo ane sdh keluar waktu kebiruan dan ada yg rintik ke emasan. Ap ada tanda2 bakal utk keluar jarong ??? Dan ap selanjutnya??

biasany warna yang sering keluar dulu merah atau biru dan hijau, lanjutkan saja perawatan yang mas hendriko kristianto lakukan. thanks

slmt siank om.. saya mau tnya mslh bo sya.. sya mau tnya. klo penjemuran bo apa hrs trendam minyak ato tdk. n klo treat bo apakh hrs membersihkan lumpur dlu.. mksih bnyk om ats pencerahanx.. smga suksea allu amin..

bang mau nanya.saya punya bo sudah saya rawat selama satu bulan lebih menggunakan treatment oles baby oil dan juga dijemur kok masih belum keluar jarong padahal sudah keluar bintik garis biru pernah keluar bibit jarong warna biru setelah itu bibit jarong warna biru itu tiba-tiba menghilang.tandanya apa ya bang pada bo saya dan bagaimana cara yang benar mengeluarkan jarong dengan treatment oles baby oil dan juga dijemur agar keluar jarong dengan sempurna

Mas bro saya baru bli bahan black opal setelah saya kupas banyak warna putih bening dan putih susu tetapi warna bahannya kebanyakan coklat yg saya tannyakan it bahannya bagus apa tidak mas. Thnks

mau tanya nih
apakah hanya batu sempur banten yang bisa mengeluarkan jarong?

Yoyon Stone Age@ bisa keduanya, kalau lumpur biasanya harus dibersihkan dulu jika ingin bagus.

Tyo@ merawat BO itu harus sabar dan butuh waktu, coba lihat lagi bahannya apa ada kerlip bibit jarong, kalau ada tunggu saja.

Susan Lintang@ Selama ada bibit jarong bahan black opal pasti bagus.

bee bojezt@ semua batu black opal pasti jarong baik darimana pun asalnya, hanya saja yang dari banten paling bagus kilau jarongnya.

Kang....mohon pencerahannya. Batu bo ku klo dijemur kok warnanya kusam tapi ada warna merah kecoklatannya (warna leutak). Apa itu termasuk bibit jarong ato bahan bo ku rusak? Mohon penjelasannya....
Klo bisa kang, akang lampirkan foto proses bo keluar jarong, terima kasih....semoga akang tambah ilmunya karena mau berbagi ilmu....

Asal jangan terlalu lama jemur nya kang Jay Argene Javiere ga bakal rusak. warna yang timbul mudah-mudahan bakal jarong. nanti Saya usahakan gambarnya thanks

Kang denny...
BO saya sdh keluar bintik putih dan silver dgn jelas...tapi jika pake kaca pembesar baru bisa klihatan warna jarong kerlip emasnya...
Nah..apakah saya hrs berhenti treatmen penjemurannya dengan cara pengolesan minyak...? Apakah hrs saya jemur lagi tanpa pakai minyak kang...?
Mohon sarannya yah kang...thanks a lot...

Kalau agan Omqu mau, silahkan saja. tapi jangan terlalu lama jemurnya.

Kang Deni,
baiknya dalam treatment bahan BO dibentuk dulu atau dibiarkan dalam bentuk bongkahan? Tks.

Mohon Maaf ..saya mau nanya satu lagi kang..
Mnurut kang deni ,kalo dilihat dari ciri2 BO yg tadi saya sbutkan diatas itu nama jenis BO nya jenis apa kang...?
Sblumnya makasih bnyk kang atas saran dan pnjelasannya...

bang, 1) klo dari BO keluar cairan bening, apakah itu calon jely? 2) apakah klo dari serat jely keluar serat emas, nanti juga akan berwarna-warni spt umumnya? mohon bimbingannya. thanks....

josia LEMPOY@ bisa keduanya

omqu @ kayanya black opal serat emas

Basith El Qudsy @ 1. iya jelly, ada yang putih ada juga yang bening warnanya. 2. tidak semua keluar serat emas, tapi jika jenis serat emas pasti keluar. thanks all

Bang Deni kemarin saya beli black opal yg udah ada jarongnya tp dibatunya masih banyak bintik warna putih.. gimana ya caranya utk menghilangkan warna putih tersebut?... mohon pencerahannya.. terima kasih

kang .. bo sy klo diangkat dari rendaman keluar jarong tp dimasukin ke rendaman lagi jadi hilang jarongnya/ketutup warna biru .. mohon pencerahan nya , thxs

arya fajar@ dipakai saja terus jika sudah diikat, nanti juga hilang sendiri
emia hotel@ yan ga usah direndam lagi, cukup oles saja.

Kang kalo keluar serat emasnya apaa masih bisa keluar jarong yg kerlip" warna?.terus apa bener kalo serat emasnya keluar itu tanda bibit jarong sudah mati?

Bang deni saya punya Bo Udh jarong meski blm full tp ada sedikit warna putih seperti kabut dan kusam ...lalu saya berinisiaif merendam jarong tersebut dengan minyak goreng+minyak kayu putih+minyak telon dan kalo siang saya jemur 2 jam setelah dijemur saya simpan ditempat gelap. ..3 haro kemudian saya angkat warna putih seperti kabut pada Bo hilang saya senang banget ...lalu saya merendam lg dan menjemur pada waktu siang berharap jarong bisa full dan sampai kepermukaan ...Setelah 10 hari saya angkat dan memeriksa perkembangan pada Bo saya terkejut kalo jarong pada Bo malah hilang semua ...dan warna bo jadi coklat seperti warna air teh ....pertanyaan apa yg terjadi pada Bo saya bang??? Apakah bisa kembali jarong dan bagaimana cara agar bisa jarong lg ...mohon pencerahan bang ..trimss

Slmt pagi mas deni saya punya BO ruyung sudah kluar jarongnya kerlap kerlip mas tp harus di senter baru kelihatan bagaimana treatmentnya agar jarong itu lbh cerah mas slma ini saya hanya rendam dengan zaitun tanpa campuran apapun trims mas deni

Fathur reza@ masih bisa keluar jarong,serat emas hanya jenis batu bukan pertanda jarong mati.

Ridho Hanafi@ bila minyak dlm rendaman habis, risikonya begitu. Coba ulang saja tread nya. Jangan terlalu lama jemur.

Unknown@ coba jemur sebentar saja.

Salam kenal bang Deni, saya punya BO yang sudah full jarong 3, setelah saya rendam minyak zaitun sehari malah jadi gelap semua, terus saya hair dryer dan dijemur 1 jam yang 2 sudah kembali tapi yang paling besar masih gelap, apa perlu penjemuran lagi ya, masalahnya kalo terlalu lama takut retak. thanks u

Salam kenal juga bang renhat supriyadi, kenapa direndam minyak kalau sudah full jarong? coba dijemur agar bisa balik lagi, kalau belum bisa rendam air mineral 1 hari lalu jemur lagi. thank's

Mohon infonya kang....bo saya udah keluar garis - garis silver, tapi kok sebagian hilang sedang di sisi lain baru keluar garis silver lagi, kenapa ini kang?

Masih dalam proses kang, tunggu saja sambil dilanjutkan perawatannya.

Bang mohon pencerahannya..
Bo saya ud saya treat minyak baby oil..selama beberapa hari n bakar..n skg saya rendam dg air biasa koq skg malah kluar titik cahaya atw bintik2 sperti warna kilau2 begitu yaw..??
Mohon pencerahannya..bang

Titik kilau tersebut salah satu ciri bibit jarong mas hendra itu bagus.

Mas deni skg bo saya stelah kluar titik kilau /bintik2 kilau ..skg saya rendam dg minyak telon..apakah itu baik apa tdk mas deni??makasi...

Malem kang deni..mau ikutn ty ni..kalo bo udah ada keluar jarong di sbagian batu gmana ya cara selanjutnya..masih oles mnyak dn jemur gk? Mksih kang den

Iya mas eko, masih oles jemur dan jangan lupa untuk lebih difokuskan bagian yang belum timbul jarong. Thanks

Pagi bang den,saya punya banyak bo ruyung tp seratnya ada yang berwarna merah nyala kuning nyala tp warna2 itu blm ngPLAY.
Apa yang harus saya lakukan mas??
Trims n sukses slalu

Fokus pada penjemuran, jangan rendam minyak berlebihan sampai full, nanti akan main jarongnya. thanks

Mau tanya, apakah batu Bo/Kalimaya ada jenis Pancawarna? dan bila ada jika direndam diair bisa krital ga?

kalau maksudnya pancawarna, setiap jarong yang keluar mewakili lima warna dalam batu black opal dan kalimaya. bisa, namun waktunya cukup lama. thanks chip

Mau tanya kang Deni,
Saya punya BO, udah hampir sebulan rawatan, sudah keluar warna merah, kuning hijau dan biru kang.
Warna bisa dilihat kalau di senter dlm rendaman air atau baby oil, tpi tidak terlihat kalo gak direndam, nah gmn tu kang, minta saran kang Deni

Terima kasih

Sebaiknya lakukan penjemuran secara teratur kang General Lee, maksimal 1 sampai 2 jam setiap hari. thanks

Bang apa benar ya bibit warna jarong dr bo bnyak senyawa mikroba aktif. Klo benar saya mo nyoba tanam mikroba dlam batu. Soalnya lo pake minyak lams ug bang.

benar bang memetz, silahkan saja dicoba

Gan, minta solusi untuk memulihkan jarong black opal yg tiba2 bening merah karena minyak...

Coba dijemur gan, lain kali gunakan nama ya agar bisa silaturahmi thanks.

Ijin shere gan,
Treatment black opal 12 jam keluar jarong.
Pertama siapkan bahan black opal yg sudah keluar silika bening.
Kedua minyak kelapa merk apa saja.
Ketiga kompor gas dan panci penggorengan.
Selanjutnya masukan bahan yg sudah ada silika bening,
Ingat !!! Harus sudah ada silika beningnya..
Taro bahan kedalam panci.rendam beserta minyak kelapanya
Nyalakan kompor gas
Api harus kecil jgn besar
Masak hingga 12 jam lamanya..
Bila bahan bagus biasanya 6 jam sudah kelihatan jarongnya ..
Selamat mencoba !!

Mohon maaf kalo ada kata2 yg salah.

terima kasih atas share nya, gan ulie, namun biasanya saat dimasak bahan jadi rapuh seperti arang. Saya sudah pernah mencoba, tapi sekali lagi trims.

Slam knal mas dany.. sya pnya bo smpur sdh dbntuk n diikat ring..sdh hmpr sbln sya pakai smbil oles baby oil..sdh bnyk kilau mski kcil2..prwatan slnjutnya baiknya gmn ya?

Salam kenal juga mas Ogy Amrez. Coba lakukan penjemuran selama 2 jam setelah dioles minyak bayi, tapi jika panas bangat, cukup 1 jam saja. Semoga memberi pencerahan.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon