Minggu, 18 Januari 2015

Cara Mengetahui Batu Cincin Paparaca yang Asli

Cara mengetahui batu cincin paparaca yang asli - Batu cincin paparaca adalah jenis batu mulia yang mempunyai warna merah dan bias orange didalam batu tersebut. Batu paparaca banyak disenangi para gemslover batu mulia karena keindahan warna serta harga jual batu yang mahal. 
Batu cincin paparaca banyak terdapat didaerah sumatera, karena setahu saya banyak pecinta batu mengkoleksi batu tersebut dari peninggalan orang tua bahkan leluhur.

Dalam hal keaslian, batu paparaca asli sumatera memiliki warna merah yang dominan, serta tingkat kristal pada level 7 skala Mohs. Bila dilihat sepintas saja, mungkin banyak orang akan tertipu, karena hampir mirip dengan sinteris bila di bentuk dengan cutting diamond.

Untuk mengetahui batu paparaca asli atau palsu, dibutuhkan ilmu pengetahuan yang mumpuni sebab batu jenis ini termasuk batu permata yang sangat digemari serta bernilai jual tinggi.

Saya sendiri pernah melihat dan menyaksikan transaksi jual beli batu paparaca asli dan nilai transaksi tersebut, mencapai puluhan juta rupiah karena memang harga perkarat yang lumayan mahal.

Artikel ini hanya mengulas apa yang Saya tahu tentang asli dan tidaknya sebuah batu permata jenis paparaca. Walaupun jauh dari sempurna, tapi setidaknya bisa memberi wawasan dan pengetahuan tentang keaslian batu tersebut. Untuk itu, silahkan sobat simak cara membedakan batu paparaca asli dibawah ini.

Cara mengetahui batu cincin paparaca yang asli.


  • Warna batu merah dan apabila sudah jadi akan berwarna merah tua
  • Mempunyai bias orange bila terkena sinar
  • Bila dilihat dengan kaca pembesar, batu paparaca mempunyai serat kabut
  • Harga jual maupun beli per karat
  • Umumnya bentuk batu cincin paparaca bermotif cutting diamond

Baca juga: ciri batu cincin ruby sintetis

Jika sobat mempunyai keinginan membeli batu cincin paparaca, cara diatas bisa menjadi rujukan, atau sepucuk surat dari laboratorium yang menyatakan keaslian batu cincin paparaca bisa menjadi pedoman tentang keaslian batu tersebut.

Biasanya batu paparaca merah, sering disebut juga merah rose, tapi banyak sesepuh batu akik menyangkal hal tersebut, bahwa sebenarnya akik merah rose bukan paparaca sebab inklusi di dalam batu yang jelas sangat berbeda.

Harga batu paparaca hampir senilai dengan batu ruby dan zamrud, karena dijual dengan per karat sebesar 500 ribu keatas. Tapi jika beruntung, sobat bisa membeli batu paparaca dalam lelang yang sering diadakan sebuah grup jual beli online pada media sosial.

Gemslover goresan pemikiran menyukai ini:
cara mempercepat proses warna batu bacan dengan dikupas kulitnya

Memakai cincin paparaca asli di jari tangan, akan membuat percaya diri semakin tinggi karena sangat memiliki kelas diantara batu permata lainnya.

Semoga info singkat ini bisa beemanfaat, salam gemslover.

2 comments

klo paparaja warna hijau ad ga..??

Saya rasa tidak ada bang denana nana.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon