Senin, 19 Januari 2015

Cara Membuat Kristal Batu Sungai Dareh Pucuk Daun Pisang

Cara membuat kristal akik sungai dareh pucuk daun pisang - Halo sobat goresan pemikiran, batu sungai dareh pucuk daun pisang termasuk salah satu batu akik yang sangat bagus, dan terbilang mudah dalam merawatnya. Yang diperlukan hanya kesabaran dan keseriusan untuk melakukan perawatan batu sungai dareh pucuk daun pisang. 

Harga batu tersebut stabil di kisaran harga satu juta kebawah, namun bisa tinggi jika sudah kristal. Untuk bahan batunya bisa ditemukan di penjual batu yang sekarang banyak terdapat diberbagai kota dengan harga 50 sampai 150 ribu rupiah. 

Batu sungai dareh pucuk daun pisang juga bagus dijadikan mata cincin untuk wanita, dan sangat serasi dipadu dengan iketan perak seperti gambar dibawah ini.

cara merawat akik sungai dareh pucuk daun pisang

Dalam merawat batu sungai dareh pucuk daun pisang, ada dua jenis perawatan yang bisa sobat lakukan. Untuk jelasnya, silahkan simak tips dibawah ini.

Batu belum dijadikan mata cincin


  • Rendam batu dengan air mineral
  • Jemur satu jam pada pagi hari
  • Lakukan perendaman lagi


Batu sudah dijadikan mata cincin


  • Pakai terus batu agar cepat kristal
  • Jika buram gosok dengan tisu kering yang halus
  • Gunakan baby oil untuk menjaga warna serta keindahan batu


Semakin sering sobat goresan melakukan perawatan yang baik, batu sungai dareh pucuk daun pisang akan berproses dengan cepat menjadi kristal dan bisa memiliki nilai jual tinggi.

Sobat goresan menyukai ini:


Dari dua cara merawat akik sungai dareh pucuk daun pisang diatas, sobat bisa memilih yang sesuai dengan kriteria batu yang dimiliki. Jika belum diikat cincin, lakukan treatment pertama dan bila sudah lakukan treatment kedua.

Bagaimana dengan bahan batu sungai dareh, apakah bisa melakukan kedua teknik diatas?


Perlu dilihat kembali, apakah bahan batu sungai dareh sudah porselen atau belum. Bila belum, sebaiknya di rendam dalam air dengan wadah terbuka, lalu campur dengan sedikit garam dapur dan rendam selama belum mau di bentuk.

Untuk bahan batu yang sudah porselen, bisa melakukan teknik dan cara merawat diatas. Hasil maksimal bisa diperoleh jika sobat rutin melakukan treatment diatas. Namun, patut diingat bahwa kedua cara merawat diatas butuh waktu dalam setiap proses nya.

Harga akik sungai dareh mengalami penurunan untuk jenis yang belum full kristal, tapi untuk yang sudah kristal dan bening, bisa mencapai jutaan rupiah. Kenapa masih mahal? Karena banyak sekali pecinta akik sungai dareh yang suka memakai cincin akik tersebut, yang rata-rata berprofesi sebagai pedagang.

Kesimpulan

Batu akik sungai dareh pucuk daun pisang, sangat disukai karena memiliki warna yang lembut dan cocok bila di ikat dengam balutan cincin ber bahan dasar perak. Cara merawat yang mudah, juga menjadi poin tambahan mengapa akik asal Sumatera Barat ini sangat disukai banyak orang.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon