Kamis, 15 Januari 2015

Cara Membedakan Batu Lavender Sukabumi dan Baturaja

Batu cincin lavender termasuk salah satu batu yang banyak diminati para gemslover, khususnya mereka yang masih remaja. Sebab, keindahan batu tersebut, masih mencerminkan jiwa muda, dengan warna menarik yang menurut mereka tidak berbau orang tua. Batu lavender yang sedang naik daun, berasal dari daerah Baturaja, namun batu lavender asal sukabumi juga tak kalah indahnya. 

Bagi sobat yang bingung menentukan ciri-ciri batu lavender asal Sukabumi dan asal Baturaja, berikut ini cara mudah dalam membedakan kedua batu tersebut.

membedakan batu lavender sukabumi baturaja

Cara membedakan batu lavender Sukabumi dan Baturaja


Ciri batu lavender sukabumi:
  • Batu berwarna lebih gelap atau tua, namun ada juga yang berwarna muda tapi sangat jarang
  • Mempunyai serat bening dan bercampur sedikit kuning di permukaan batu


Ciri batu lavender baturaja:
  • Batu memiliki warna muda
  • Mempunyai serat cangkang kura-kura bila disenter


Bila sobat termasuk pecinta batu lavender, coba cek dari mana asal batu sobat karena batu lavender bukan hanya terdapat di daerah baturaja saja, namun terdapat diseluruh tanah Indonesia, tentunya dengan kualitas yang berbeda pula.

Kedua jenis batu lavender tersebut, memiliki harga yang berbeda pula di pasaran. Menurut para pemain akik, batu lavender asal Baturaja lebih mahal, ketimbang yang berasal dari Sukabumi.

Cara tes batu Lavender asli alam dengan yang bukan


Begitu banyak nya yang tertarik dengan batu lavender, banyak oknum nakal yang berusaha menipu dengan cara membuat batu lavender palsu. Namun sobat tidak perlu khawatir, sebab untuk mengetahui mana batu lavender asli alam dan yang bukan, berikut adalah tips nya.

Bahan yang diperlukan:
  • Air mineral dengan kadar oksigen tinggi

Caranya sebagai berikut:
  • Beli air oksigen di mini market terdekat, lalu lihat kadar oksigen didalamnya, jika tinggi bisa dipakai
  • Buka tutup botol dan masukkan batu lavender
  • Kemudian tutup rapat kembali dan simpan selama 2 minggu
  • Lihat hasil yang terjadi, jika warna air berubah menjadi agak biru, sudah dapat dipastikan batu lavender tersebut palsu

Banyak para sesepuh akik memakai cara diatas, untuk membedakan batu asli dan palsu dengan berbagai jenis yang berbeda. Biasanya batu yang sedang trend akan menjadi incaran oknum untuk dipalsukan, karena mereka bisa meraup untung selangit.

Kesimpulan

Membedakan batu lavender asal Sukabumi dan Baturaja, bukan perkara mudah jika sobat bukan pemain batu akik lama. Tapi dengan tips diatas, semua hal yang susah bisa menjadi mudah. Semoga bermanfaat.

Gemslover goresan pemikiran menyukai ini: cara mudah merawat batu indocrease belimbing

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon