Sabtu, 04 April 2015

INILAH NAMA-NAMA BATU AKIK PANDAN

Batu pandan adalah sejenis batu akik atau agate yang mulai menjadi perbincangan para gemslover khususnya daerah bekasi dan sekitarnya. Batu tersebut sudah lama ada dan baru sekarang terangkat pamornya gara-gara fenomena batu bacan dan sungai dareh. 

Batu pandan mempunyai warna dan jenis berbeda, tergantung asal dan mineral yang terkandung didalam batu.


Berikut ini adalah nama-nama batu pandan yang goresan pemikiran ketahui:

  • Batu pandan sutera
  • Batu pandan nanas
  • Batu pandan hijau
  • Pandan suji
  • Pandan teh
  • Pandan kapas

Dari beberapa nama jenis akik pandan diatas, biasanya jenis cara merawat pandan sama dengan yang lain dan tidak terlalu banyak perbedaan.

Hanya saja dalam merawat yang khusus seperti mengeluarkan kapur dalam bahan akik pandan, dibutuhkan cairan belimbing wuluh agar kapir bisa naik ke permukaan batu.

Dari daftar nama akik pandan diatas, pandan nanas adalah yang sering digunakan oleh warga Betawi karena tidak terlalu susah dalam membelinya. Walaupun pandan sutera dan pandan suji juga sering dipakai warga Betawi, namun harganya bisa melebihi harga pandan nanas.

Pada lebaran Betawi yang biasa dirayakan sesudah lebaran idul fitri, banyak pedagang menjajakan batu akik pandan yang kental dengan masyarakat Betawi di kampung Betawi Setu Babakan.

Sobat termasuk pecinta batu akik pandan, simaka ulasan yang banyak Saya posting dalam label akik pandan. Dalam label katagori tersebut, banyak cara merawat pandan dengan jenis yang disebutkan diatas. Mulai cara merawat yang mudah, sampai cara merawat pandan yang susah.

Semoga artikel tentang nama-nama akik pandan bisa bermanfaat, salam gemslover.

Sobat goresan pemikiran menyukai ini:

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon