Jumat, 12 Desember 2014

Cara Membedakan Batu Bacan Doko dengan Bacan Blue Elektrik

Halo sobat gemslover goresan pemikiran, untuk menjawab salah satu pertanyaan dari seorang gemslover tentang cara membedakan batu bacan doko dengan bacan blue elektrik, kali ini saya akan posting caranya yang bisa dilakukan siapa saja.

Cara dari tips perbedaan bacan doko dan bacan elektrik, hanya bersifat yang bisa diketahui secara umum dan tidak menggunakan alat bantu apapun. Tapi walaupun tidak seakurat tes lab, namun cukup bisa menjadi pegangan dalam membedakannya.


Perbedaan batu bacan doko dengan batu bacan blue elektrik:

  • Bacan doko berwarna hitam legam bila masih bahan sedangkan bacan blue elektrik hitam dan ada kuning serta coklat
  • Permukaan bahan bacan doko tidak kotor alias mulus, sedangkan blue elektrik nampak kotor
  • Warna biru bacan doko lebih cerah, sedangkan blue elektrik agak muda

Namun untuk lebih jelasnya harus melalui uji laboratorium atau menanyakan kepada yang ahli yaitu yang sudah berkecimpung dalam dunia akik sejak lama.

Gemslover goresan menyukai ini:
cara perawatan batu solar aceh agar bening

Bacan Doko
Bacan doko memiliki warna hitam legam saat masih bahan, warna hitamnya tidak terlihat bercampur dengan warna kuning maupun warna coklat. Oleh sebab itu, merawat bacan doko dari bahan (rough) lebih bagus jika berwarna hitam.

Warna hitam dari bacan doko, akan berproses menjadi biru dan hijau dengan menarik unsur hitam dan mengeluarkan unsur biru dari dalam batu. Bila sobat melihat ada bahan bacan doko yang sebagian hitam sebagian biru, besar kemungkinan proses perubahan warna tidak rata dan masih membutuhkan waktu.

Bacan Blue Elektrik
Bacan blue elektronik memiliki warna bahan batu yang memiliki campuran warna kuning, coklat dan hijau. Warna warna tersebut tidak bisa hilang, karena memang sudah menjadi karakter batu bacan elektrik.

Dalam proses menjadi kristal, bacan elektrik akan merubah warna hitam menjadi biru dan bisa tembus cahaya lampu senter.

Saya sendiri sering menjumpai batu cincin bacan elektrik yang memang tidak bisa bersih dan itulah salah satu ciri khas bacan elektrik.

Ketika membeli bacan doko, tentu sobat tidak mau keliru dengan bacan elektrik bukan. Nah dengan penjelasan diatas semoga bisa memberikan wawasan dalam mengenali kedua jenis batu bacan tersebut. Salam gemslover.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon