Minggu, 16 November 2014

5 Ciri-ciri Batu Akik Combong Asli

Batu combong adalah jenis batu akik yang mempunyai khasiat untuk pengasihan, terutama dalam hal menarik perhatian kaum wanita. Combong berarti juga lubang, jika bisa diartikan dari segi bahasa, akik combong adalah batu yang memiliki lubang yang alami. Jenis batu tersebut bisa dari batu akik mana saja, asalkan ciri-cirinya sesuai, yaitu terdapat lubang yang tembus sampai ke bagian bawah bawah batu.


Fenomena khasiat batu akik combong, memang sudah terkenal sejak zaman dulu kala. Banyak orang tua, mengoleksi akik combong hingga puluhan, mulai ukuran kecil sampai ukuran besar.

Lubang dalam akik combong juga memiliki bentuk yang berbeda-beda dari setiap batu. Hal inilah yang menjadi sesuatu yang unik dan langka, sebab sepengatahuan saya, hanya di Indonesia yang pemilik cincin batu akik mau menggunakan batu yang bolong sebagai aksesoris di jari tangan.

Bila sobat tertarik mengoleksi batu combong, saya sarankan untuk simak tips dibawah ini,agar tidak tertipu ketika membeli batu combong asli dengan yang palsu.

Ciri-ciri batu akik combong asli


  • Combong yang asli mempunyai lubang yang alami dan bukan buatan
  • Lubang batu bisa berada di pinggir atau ditengah
  • Bibit batu yang akan menjadi combong berupa karang dan memiliki titik lubang kecil yang akan membesar seiring waktu berjalan
  • Batu combong banyak yang berwarna putih, walaupun banyak juga yang memiliki warna lain
  • Sisi lubang akik combong tidak terdapat retak halus


1. Lubang alami dan bukan buatan
Lubang dalam sebuah batu akik, menjadi ciri dari akik combong. Namun banyak sekali pedagang nakal yang sengaja membuat lubang pada sebuah batu akik, agar bisa menjual batu tersebut dengan harga lumayan mahal.

Bila sobat menemui batu combong yang lubangnya halus, dapat dipastikan batu tersebut buatan. Karena lubang yang alami tidak halus, dan bisa dilihat dengan mata serta terdapat guratan yang alami

2. Lubang akik combong bisa dipinggir dan ditengah
Jangan heran jika sobat melihat lubang Akik combong ada yang di pinggir, sebab terjadi nya lubang tersebut tidak bisa diprediksi. Walaupun yang combong yang bagus punyan lubang di central.

3. Bibit akik combong awalnya hanya titik
Para pecinta akik tentu sependapat jika bibit akik combong, berawal dari titik kecil yang lama-kelamaan membesar. Jika sobat punya bahan batu yang memiliki titik kecil dan cekung, kemungkinan besar batu akik tersebut akan menjadi combong.

4. Warna akik combong banyak yang putih
Dari kebanyakan batu combong yang di jual di pasar rawa bening, rata-rata mempunyai warna putih susu dan bening. Walaupun tidak menutup kemungkinan ada yang berwarna selain putih, seperti contoh gambar diatas.

5. Sisi lubang akik combong tidak retak
Ciri-ciri yang terakhir adalah tidak retak pada bagian sisi lubang. Sebab combong alami tidak terdapat retak, jika ada retak kemungkinan besar batu sengaja di buat lubang dan karena getaran alat bor menyebabkan pinggiran batu menjadi retak.

Sobat menyukai batu bacan dan punya koleksi batu tersebut namun masih hitam dan memiliki warna hijau, simak tips berikut manfaat merendam batu bacan dengan minyak zaitun

Semoga info singkat ini bisa bermanfaat, khususnya bagi sobat yang suka akik combong. Salam gemslover.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon