Selasa, 04 November 2014

2 cara merawat black opal akar yang mudah dan paten

Cara perawatan bahan black opal akar ini saya buat khusus untuk pecinta black opal yang kebetulan mempunyai bahan batu tersebut.

Seperti gambar dibawah ini, bahan black opal tersebut sedang melakukan perawatan dengan proses ,penjemuran. 


Untuk melakukan treatment ini ada dua langkah yang masing-masing bisa dipilih sesuai kesanggupan pemilik bahan black opal.

2 Cara merawat batu black opal jenis akar


1. Penjemuran dengan matahari. 

Treatment ini khusus bagi gemslovers yang punya waktu banyak, dengan cara direndam atau dioles minyak bayi lalu dijemur seharian, bila minyak kering olesi kembali dan di bolak-balik batunya.

2. Pemanasan menggunakan bara arang atau pinggir kompor. 

Treatment ini khusus bagi gemslovers yang tidak punya banyak waktu, seperti pekerja dan pedagang. Caranya bahan atau batu black opal dibungkus dengan alumunium foil lalu dipanaskan selama 10-15 menit, kemudian diolesi minyak bayi.

Cara tersebut yang admin ulas diatas, sudah melalui proses pembuktian para sesepuh black opal banten yang sudah terbukti. Bila batu sobat tidak ada perubahan selama satu bulan, lebih baik ganti bahan batunya dengan yang memiliki ciri banyak bibit jarong.

Baca juga: batu cincin bagus

Ketika admin melakukan tes dengan bahan black opal akar menggunakan cara kedua, yaitu menggunakan bara arang batok kelapa, bibit jarong yang berupa jelly pecah warna dan berubah menjadi kilau kuning yang menyala.

Hanya saja cara kedua mengandung resiko jika sobat salah dalam melakukan langkah demi langkahnya, apalagi sampai kebablasan sampai 30 menit memanaskan bahan black opal, pasti akan merusak lapisan jelly / bibit jarong.

Cara pertama lebih aman, karena menggunakan panas dari sinar matahari. Bahan batu pun tidak akan over heat alias kepanasan karena perputaran panas sinar matahari.

Nah kedua cara bisa sobat lakukan dan terserah ingin memilih cara yang mana, asalkan cocok pasti bahan black opal akan jadi indah.

Semoga ulasan tentang cara merawat batu black opal jenis akar bisa bermanfaat dan menambah wawasan pecinta akik, salam gemslover.

15 comments

Dalam treatment penjemuran sebenernya yg dibutuhkan batu itu sinar mataharinya atau panas???

Sinar matahari untuk bibit jarong, Kalau panas bkn dari matahari untuk membuat cepat pembentukan jarong. Yg bagus sinar matahari

Berarti "yg msh belum ada jarongnya dijemur matahari...klo yg udh ada jarongnya bsa pake panas selain matahari"...betul sprt itu mas?

Tetap yg bagus sinar matahari, kalau memakai panas dari sumber yg lain boleh asal ada ukuran waktunya.

Mas deni,saya mau nanya. Saya ada bahan BO akar.belum tau cara merawat nya, dengan ada nya blog ini semoga bertambah ilmu kami.makasih mas deni.

Mas deni, sy numpng nanya, BO direndam pakek air atau minyak oil baby? Dan di halaman lain saya baca direndam dengan minyak zaitun..tlg pencerahannya..

bang den bo jadi rubah warna sebagian jadi coklat seperti kayu sesudah di amplas apakah bkal jadi warna harus gimana ngerawat nya mohon pencerahan nya

Habib@ tinggal dipilih saja minyak nya
Alvin@ baca postingan saya yang lain

bang den klo dr pagi smpe sore gw jemur matahari langsung terus abis maghrib gw cemplungin babyoil+minyakkayuputih terus gw taro atas tv biar anget sampe besok pagi boleh ga?

Boleh, jangan lupa ente cek minyak di batu bila kering oles. Tapi kalau lagi panas bener 3 jam cukup

bro bo ane skrg udh ada titik2 putih sm cokelat. trus ada beberapa garis warna silver, tp ada satu yg kebiruan. kira2 jenis apa ya bo gw?

Jenis BO dilihat dari bahannya bkn jarongnya bro

bang mo tnya, kalo pembakaran pake arang,bisa di ganti denga di rendam dengan minyak kelapa yg panas nggak ?

Bisa saja, itu salah satu cara mendorong getah/jely naik kepermukaan

Bang ane punya bo.klu rintik silver dah banyak kli diliat pake luv dah warna warni.tpi bahanya ga bsa alus dipoles...selalu keliatan nerpori2 gt.trus gmana caranya agar dipoles bsa alus dan jenis ap ini

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon