Minggu, 02 November 2014

Cara Singkat Merawat Batu Pancawarna Garut

Cara singkat merawat akik pancawarna garut - Batu pancawarna garut yang satu ini sungguh indah dipandang mata, mempunyai warna warni yang menarik dan tembus bila disenter. Konon batu pancawarna yang berasal dari jenis calcedony, memang tembus saat disenter jika sudah kristal dan varian warnanya ada yang emas dan perak.

Pancawarna warna asal garut, memiliki varian warna yang terang dan terkadang sampai membentuk suatu gambar serta siluet sebuah bentuk rupa makhluk hidup seperti burung, wayang, dan lain sebagainya.

Jika kebetulan sobat memiliki koleksi akik pancawarna garut dan belum tahu mau di apa kan, merawat dengan teknik yang akan Saya bagikan merupakan jalan terbaik. Siapa tahu ada kolektor akik yang tertarik membeli pancawarna sobat.

cara merawat akik pancawarna garut

Baca juga: cara merawat batu hijau garut agar kristal

Untuk merawat batu pancawarna garut yang sudah kristal tidaklah sulit, tapi untuk yang belum kristal agak sedikit susah. Karena harus memakan waktu tmyang tidak sebentar. Nah, bagi sobat yang sudah memiliki akik pancawarna dan sudah di ikat cincin, cukup ikuti langkah-langkah dalam merawat nya dibawah ini.

Cara singkat merawat akik pancawarna garut


  • Bersihkan akik pancawarna dengan sikat halus dan cairan pembersih ringan, minimal satu bulan sekali
  • Bila ingin mengkilapkan batu, gosok dengan kertas intan dan jangan menggunakan kulit, karena bisa terjadi gores halus bila batu sudah kristal
  • Rawat warna batu pancawarna garut dengan mengolesi  minyak bayi, bila tidak dipakai agar bisa selalu cerah

Cara diatas termasuk simpel dalam merawat batu pancawarna garut, bila ingin batu mengkilap sempurna saya sarankan untuk memolesnya di tempat pemolesan batu.

Harga batu akik pancawarna garut tersebut berkisar antara 100 sampai 600 ribu rupiah, namun untuk yang memiliki bentuk gambar, bisa mencapai jutaan rupiah. 

Sobat pasti pernah membaca tentang sebuah batu akik yang ber gambar ratu pantai selatan bukan, harga nya konon mencapai 1 milyar rupiah. Dari situ kita bisa tarik benang merah, bahwa akik pancawarna dengan motif gambar bisa sangat mahal, bila sesuai dengan kriteria kolektor dan yang paling penting gambar batu harus asli dan bukan buatan.

Bagaimana dengan akik pancawarna lain, apakah juga memiliki harga yang tinggi?


Menurut salah seorang pemain batu akik, harga pancawarna masih stabil di angka ratusan ribu, walaupun dengan jenis dan asal yang bukan dari garut. Sebab menurut penuturan beliau, akik pancawarna memiliki khasiat yang tidak dimiliki batu akik lainnya.

Banyak hal yang bisa menyebabkan akik pancawarna masih bertahan harga jual beli nya di angka ratusan ribu, salah satu nya adalah dengan banyak nya pedagang yang memakai cincin akik ini. Karena, akik pancawarna bisa memberikan kewibawaan dan rasa percaya diri bagi mereka.

Kesimpulan

Akik pancawarna garut, memiliki warna yang indah serta punya nilai jual tinggi. Dengan melakukan treatment yang singkat seperti tips diatas, batu pancawarna bisa ber tambah bagus serta memiliki kilau yang indah. 

Walaupun saat trend akik mulai menurun, masih banyak orang yang ingin membeli akik pancawarna untuk dijadikan cincin maupun liontin.

Baca juga: cara menghilangkan warna hitam batu bacan

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon