Kamis, 16 Oktober 2014

Treatment BlacknOpal dengan Panas Genteng / Oven Tradisional

Treatment black opal - Batu black opal asal banten adalah batu yang banyak dicari para pecinta batu (gemslover) karena keindahan warna serta kilaunya (jarong) yang berbeda dengan batu sejenisnya yang berasal dari luar negri.

Dalam proses mengeluarkan jarong black opal, banyak cara dilakukan mulai dari perendaman, penjemuran serta penggosokan dengan media kulit atau kertas intan.


Kali ini saya akan bagikan tips cara mengeluarkan jarong dengan sistem pemanasan tradisional dan untuk lengkap caranya adalah sebagai berikut.

Cara merawat black opal dengan oven tradisional


  • Siapkan batu black opal
  • Siapkan wadah, bisa dari botol air mineral atau yang lainnya
  • Taruh diatas plafon rumah/dibawah genteng atau asbes, jarak antaranya 5-10 cm.
  • Lihat perubahan 1 bulan sekali
  • Biasanya akan timbul bintik merah, dan akan menyebar dipermukaan batu atau bahan
  • Olesi dengan minyak bayi dicampur minyak kayu putih 
  • Letakkan kembali dibawah genteng atau asbes

Cara diatas, adalah treatment dengan hawa panas yang terdapat pada genteng atau asbes. Kesabaran adalah kunci utamanya, selain juga bahan black opal yang punya kualitas bagus.

Beberapa waktu yang lalu, admin sempat melakukan cara merawat dengan panas genteng diatas, dan hasilnya sangat lumayan dalam mengeluarkan bibit jarong dari dalam batu.

Ketika memasuki minggu ke 4, bibit jarong yang berwarna putih perlahan berubah menjadi warna kuning dan hijau, lalu terus bertambah di seputar permukaan black opal.

Baca juga: cara merawat bacan gulau

Bagi yang tidak sempat untuk mengoles permukaan black opal, cukup letak kan minyak yang digunakan dibagian bawah wadah saja. Dengan demikian bahan black opal akan mendapat cairan dan tidak kekurangan.

Demikian ulasan kali ini tentang cara merawat black opal dengan panas genteng, semoga bisa bermanfaat bagi pecinta black opal. Salam gemslover.

8 comments

Gan utk.pengovenan pertama tidak menggunakan air / minyak ya? Cm batu d taruh d wadah kering? Thx

Iya betul tiyo bob, maksudnya untuk mengeluarkan minyak didalam batu. Thanks

Apakah salah kalo kita oven batu black oval dengan direndam campuran baby oil & minyak kayu putih... & apa akibatnya kalo sudah terlanjur dilakukan... mohon penjelasanya...
Terima kasih

Tidak salah kalu ada hasilnya saiful rossie, biasanya kalau terlalu panas bisa retak. thanks

Treat Bang deni ini sdh sya coba dgn bahan bo sdh dibntuk tapi blum poles.. alhasil 1 bln bintik2 dan garis2 merah kluar wlw blum merata.. tp wrna merahny blm nge-play.. sya taroh lg oles boil.. yg sy mau tanyain apa lama2 nnti wrnanya nge-play gak bang atw ada proses lnjutan? thanks bang bro deni..

so pasti nge play warnanya sob gusti way, lanjutkan saja terus treatment nya. thanks

BO porselen bisa gak pke treatment d atas gan. Thks

Bisa asal dilihat secara berkala setiap 3 hari sekali. trims Ari tri bowo

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon