Kamis, 30 Oktober 2014

5 Cara Membuat Black Opal Sempur agar Kristal

Bahan black opal sempur adalah jenis bahan yang terbuat dari akar pohon kelapa dan berbentuk seperti akar pada umumnya. Ada juga bahan sempur bisa diartikan bahan yang belum kristal (porselin) dan masih bisa hancur bila dibentuk menjadi sebuah cincin.

Untuk memproses batu black opal sempur menjadi cincin, bahan batu tersebut harus dikristalkan dulu dengan treatment rendaman.


Dibawah ini adalah cara untuk membuat bahan black opal sempur menjadi kristal.

6 Cara membuat black opal sempur kristal alami


  • Siapkan botol transparan (bening)
  • Masukan batu kedalam botol
  • Isi dengan cairan isotonik
  • Tutup rapat
  • Simpan ditempat yang gelap


Cara diatas dikatakan berhasil bila batu sudah berwarna putih jika digores dengan amplas. Biasanya waktu treatment ini kurang lebih satu bulan, tergantung kualitas bahan sempurnya.

Baca juga:
cara membuat bening batu yakud

Tingkat kekerasan black opal, bisa dinilai dari bekas goresan pada sebuah ampelas atau mesin gerinda. Jika masih hitam sewaktu di gores, itu tanda bahan masih belum kristal.

Walaupun sama sekali tidak rasional, tapi cara tes kekerasan black opal tersebut sudah sering digunakan para pecinta akik hitam asal Banten dan semua setuju dengan metode bekas goresan bahan batu tersebut.

Batu black opal jenis sempur yang mudah rapuh, bisa juga keras ternyata. Namun butuh perawatan yang tidak sebentar karena memang asal muasal batu yang getas ada pada ciri black opal.

Semoga ulasan tentang cara membuat kristal black opal sempur bisa bermanfaat dan menambah wawasan pecinta akik, salam gemslover.

15 comments

Bang Den..BO saya warna'a agak coklat..klo di amplas debunya juga coklat..yang udah saya bentuk jg gak mengkilap,jadi hitam tapi kusam.BO saya jenis apa ya??dan bagaimana perawatannya???mohon saran'a ya Bang...terima kasih sebelumnya.

Mungkin sempur, semua perawatan BO sdh saya ulas diblog cari saja gan,

Bang Den...minta bantuan'a...BO klo di rendam air alkohol 70% untuk apa ya???ada yg menyarankan direndam alkohol Bang..tp saya gak tw resiko'a...apa hanya untuk angkat lumpur/kapur...atau membuat'a jadi porselain...makasih sebelum'a Bang...

Itu kimia, jgn rendam BO pk alkohol. Lebih aman pk isotonik

misi gan, salam kenal.... saya mau tanya, apakah bahan sempur black opal sebelum direndam harus dibersihkan dulu dari tanah yang menempelnya? makasih

Ass. gan dalam proses perendaman cairan isotonik harus sering2 di ganti atau tidak ya..??

Dhot@ bagusnya dibersihkan,
Firman@ bila sdh bau ganti

bro klo gw rendem isotonik terus gw taro dalem kulkas terus gmn? boleh ga?

Boleh bro, tapi jangan di freezer.

Klo pke minyak zaitun/ beby oil bisa gx bang

Bang den saya punya bahan BO tp di potong mash seperti kayu warna coklat.apa ini sudah kristal apa blm.trs gmna yg hrus sy lkukan lagi,mksih..

Bang saya punya bo udah kristal.tpi klu dibwah sinar matahari warnanya keabu2an.tpi seratnya serat bo.cara mengeluarkan jarongnya gmana

Bang gimana caranya merawat bo yg dah keluar jarong tapi hanya sebagian bodynya aja

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon