Kamis, 02 Oktober 2014

Batu Naga sui Asal Purbalingga

Batu naga sui/nogo sui adalah jenis batu calcedony yang  berasal dari daerah Purbalingga. Konon batu naga sui hampir sama dengan batu bloodstone versi luar negeri, namun tetap ciri khas daerah asal batu tersebut terlihat nampak di permukaan.

Mempunyai corak warna yang indah, dengan guratan warna merah menyala seperti semburan api naga. Pada umumnya batu tersebut tidak tembus bila di senter, namun dalam beberapa kasus saya pernah menemukan batu tersebut bisa tembus senter.

batu naga sui

Kandungan mineral yang ada dalam batu nogo sui umumnya sama seperti batu akik lainnya, namun pakar gemologi menyebutkan bahwa ada satu unsur dari batu tersebut merupakan bagian dari gunung berapi yang telah terkubur.

Warna merah yang timbul merupakan hasil proses warna dari unsur mineral gunung berapi, sedangkan warna hijau merupakan warna alami tempat batu tersebut berasal. Semakin lama, warna merah dan hijau bisa berubah dan menjadi kembang mirip dengan lidah api saat seekor naga menyemburkan api dalam mulutnya.

Mitos yang menyelimuti batu nogo sui adalah bisa memberikan energi untuk kewibawaan dan penglaris dagangan, maka tak heran banyak yang memburu batu tersebut untuk dijadikan barang koleksi atau dipakai di jari.

Harga batu nogo sui berdiameter sedang dibandrol sekitar 1-1,5 juta rupiah, dan bisa lebih bila batu tersebut memiliki warna hijau dan merah yang indah. Sampai sekarang batu nogo sui bisa dikatakan laris manis untuk pecinta batu atau pembeli batu yang sedang mencari mustika.

Semoga info singkat tentang batu akik asal daerah Purbalingga yang dikenal dengan sebutan batu nagasui bisa bermanfaat dan menambah wawasan, salam gemslover.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon