Senin, 08 September 2014

Misteri dan Cara Merawat Batu Akik Sepah Fosil Kayu

Misteri dan cara merawat batu akik sepah - Halo sobat kali saya akan bercerita tentang, sebuah batu bernama fosil kayu atau sepah. Batu tersebut, banyak dijumpai di kios-kios penjual batu yang ada di rawa bening dan kios batu mulia disekitar kita.

Batu fosil kayu atau sepah, terjadi karena bercampur nya mineral yang ada didalam tanah pada sebuah kayu atau batang pohon hingga menjadi keras dan kristal. Umumnya, batu tersebut bisa dari berbagai jenis pohon, seperti bambu, asam, cendana, kelor dan lain sebagainya.

cara merawat akik sepah

Namun, bahan batu dari pohon kelor dan asam banyak dicari oleh sebagian orang yang suka akan batu jenis tersebut. Saya pun, sempat melihat bagaimana keindahan serat batu yang berbahan (rough) kelor dan asam yang sudah tua, memang sungguh indah perpaduan serat serta warna akik tersebut.

Warna dari be batuan jenis sepah kelor dan asam, dominan ke warna coklat hingga coklat tua dan merah tua. Konon, orang yang memakai batu tersebut rata-rata adalah pedagang dari kalangan orang tua. Masalah khasiat batu tersebut, masih menjadi misteri buat saya yang awam perihal batu sepah.

Untuk merawat batu jenis ini, tidak dibutuhkan teknik rendam, karena unsur dalam batu sudah cukup bagus dan hanya bisa ber proses, bila terkena suhu udara luar. Berikut ini, cara merawat batu sepah dengan mudah.

Cara merawat akik sepah


Bahan:
  • Sebilah bambu
  • Kapas atau tisu halus

Caranya sebagai berikut:
  • Siapkan bilah bambu, usahakan jangan terlalu panjang
  • Siapkan batu sepah
  • Gosok dengan bagian luar bambu secara perlahan dan jangan ditekan selama 5 atau 10 menit
  • Lap dengan kapas atau tisu untuk hasil akhir

Dengan teknik gosok bambu diatas, batu akik sepah akan semakin bagus permukaan maupun bagian dalamnya. Karena, dari hasil gesek kan tersebut, akan menghasilkan hawa panas statis yang bagus untuk jenis batu sepah fosil kayu.

Apakah treatment diatas bisa untuk semua jenis akik sepah?


Tentu saja bisa, karena treatment diatas merupakan dasar dari cara merawat akik sepah pada jaman dahulu yang biasa dilakukana sesepuh akik. Walaupun terlihat cukup sederhana, namun hasil yang di dapat sangat luar biasa.

Cara merawat akik sepah, memang terbilang unik dan mudah karena tidak menggunakan bahan kimia. Akik sepah yang sudah tua alias sudah jadi, akan mengeluarkan wangi khas kayu, sehingga sangat unik dan antik. Namanya juga kayu, walaupun sudah jadi batu, pasti ada aroma khas kayu bila dicium.

Baca juga: Cara merawat akik badar jati dengan air oksigen

Penasaran dengan jenis batu tersebut? langkah kan kaki sobat menuju kios batu terdekat atau di rawa bening, dijamin mudah ditemukan.

Semoga info singkat tentang misteri batu sepah fosil kayu dan cara merawat nya, bisa bermanfaat dan menambah wawasan. Salam gemslover.

2 comments

Sy punya batu fosil sepah kelor, tapi ko warna hitam mengkilap ya boz. Mohon pencerahan'a thnx

Mungkin sudah dipoles dan keluar minyak.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon