Minggu, 28 September 2014

Cara merawat batu kecubung kalimantan

Tags

Batu kecubung kalimantan atau amethys adalah salah satu jenis batu yang disukai banyak orang, dilihat dari keindahan batu tersebut tak salah jika orang yunani menyebutnya batu dewa. Batu kecubung sudah lama menjadi batu yang dipersembahkan untuk para leluhur atau para dewa pada zaman yunani, konon salah seorang dewa mereka memakai batu tersebut dijari sebagai simbol kekuasaan.

Dari segi bentuk dan warna, rata-rata orang yang memiliki batu tersebut menyukai warna ungu tua dan membentuknya dengan cuting diamond, namun di Indonesia banyak juga yang membentuknya dengan bentuk cabochon atau oval. Bagi pecinta batu tersebut semakin tua warna batu semakin indah dan mahal jika dijual, apalagi klep didalam batu sudah keluar jika digoyangkan.

cara merawat batu kecubung kalimantan

Dalam merawat batu kecubung amethys atau batu kecubung kalimantan, diperlukan langkah-langkah yang benar dan tidak asal-asalan, karena batu tersebut gampang tergores disebabkan banyak hal, seperti benturan dengan benda keras ataupun terjatuh, untuk cara jelasnya simak tips berikut:

Bahan-bahan:

  • Sabun cuci
  • Sikat gigi
  • Kertas pembungkus rokok
  • Baby oil


Caranya:

  • Bersihkan batu dengan sabun cuci sebulan sekali menggunakan sikat gigi
  • Jangan gunakan kulit untuk mengkilapkan karena bisa tergores.
  • Gunakan kertas pembungkus rokok bagian putihnya untuk menambah kilau batu.
  • Oleskan dengan baby oil dipermukaan batu agar warna lebih terjaga.

Apabila batu kecubung amethys tergores gosok dengan amplas 1500, lalu kilapkan dengan kertas atau serbuk intan,  atau jika sobat tidak sempat, cukup serahkan kepada tukang poles batu terdekat di tempat sobat. Itulah cara yang saya lakukan dalam merawat keindahan batu kecubung kalimantan (amethys).

Harga batu kecubung amethys dipasaran batu dalam negeri cukup signifikan dan ramai karena banyak yang mencari batu tersebut asalkan batu bisa dikategorikan alami dan bukan batu proses. untuk ukuran kantoran dengan ring titanium bisa dibandrol harga 500 ribu rupiah lebih sesuai kesepakatan kedua belah pihak, namun harga pembukaan tetap seperti yang Saya sebutkan diatas.

Semoga apa yang saya ulas bisa bermanfaat bagi sobat goresan pemikiran,khususnya pecinta batu kecubung kalimantan atau amethys.

Baca juga:
cara perawatan bacan serat halus


6 comments

kang deni..batu kecubung saya itu jatuh n ada retakan d dalam nya apa bsa kinclong n normal lg ga kang deni..? bgmn cara kang deni?

Klo retak, batu dah kristal agak susah. Paling yang retak dipotong dan digosok ulang.

Saya punya batu kecubung kalimantan sudah lumayan kristal, untuk menjaganya dalam kondisi yang baik dan makin kristal itu gimana caranya kang deni?

Terus maksud dari kertas pembungkus rokok itu bagian manannya, bungkus rokoknya atau kertas pembungkus rokok yg ada di dalem bungkus rokok kang deni?
Terima kasih infonya.

Cukup dipakai terus gan, dan diolesi minyak bayi atau baby oil. Maksudnya alumunium foil rokok yang digunakan yang putih bukan kuning.

om deni, gmn cara mengetahui amethys yg asli dg yg palsu selain ke laboratorium..
soalnya saya br beli amethys cutting kira2 5krat / sekuku kelingking orang dewasa n saya senter seratnya cm ada dua yg kelihatan.
thanks om den

Memang agak susah om dien both, coba di senter kalau ada perlik ktistal didalam batu itu amethys asli. Thanks

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon