Sabtu, 27 September 2014

Cara mengetahui penyakit batu bacan

Suatu hari ketika saya sedang berada di pasar batu aji dan mulia rawa bening saya melihat banyak bahan batu bacan dijual disana, mulai dari bacan doko, palamea, gulau, hijau cincau semua ada. Yang menjadi perhatian adalah banyaknya penyakit yang hinggap di bahan batu tersebut.

Untuk itu saya mulai meneliti dampak penyakit tersebut pada harga jual maupun keindahan pada sebuah batu bacan, yang akhirnya saya berkesimpulan bahwa batu bacan yang terkena penyakit jauh lebih murah harganya dibandingkan yang tidak.

 penyakit batu bacan doko

Cara mengetahui penyakit batu bacan:

  • Yakud. Penyakit batu ini sulit hilang bila ada didalam batu, bentuknya kecil dan berwarna putih kristal. 
  • Karang. Penyakit  ini biasa ada dipermukaan batu berwarna coklat dan bisa hulang bila dirawat dengan benar. 
  • Keropos. Penyakit jenis ini biasa menyerang lapisan kulit batu, bentuknya seperti lubang kecil dan hanya bisa hilang bila di bentuk ulang. 
  • Kapur. Penyakit jenis ini sering menyerang bahan batu bacan maupun yang sudah dibentuk, berwarna putih dan menyebar didalam dan dipermukaan batu bacan.


Keempat penyakit batu tersebut sering ada dan kadang merepotkan bila tiba-tiba muncul dan bisa menurunkan harga jual batu sampai setengah harga, untuk itu berhati-hatilah memilih bahan batu bacan yang akan sobat beli. Peeriksalah dengan seksama apakah keempat penyakit diatas ada atau tidak.

semoga tips singkat dan padat tentang cara mengetahui penyakit bau bacan bisa bermanfaat untuk sobat semua dalm memilih dan membeli bahan batu bacan maupun yang szudah dibentuk.

Baca juga:
cara mengeluarkan jarong batu black opal

1 comments so far

Gan Den, infonya sgt bermanfaat. Kl ada pic-nya utk penyakit2 bacan akan lebih membantu. Tks

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon