Selasa, 23 September 2014

Cara membuat padat bahan batu bacan

Halo sobat blog goresan pemikiran, merujuk dari salah satu pertanyaan sobat gemslovers tentang cara memadatkan bahan batu bacan, kali ini saya akan ulas cara dan perawatannya semudah mungkin agar dapat difahami sekaligus bisa menambah wawasan para pembaca setia blog ini.

Batu bacan adalah salah satu batu mulia yang mempunyai tingkat kekerasan dan kepadatan yang bagus Yaitu 7-8 mohs. Namun banyaknya permintaan akan batu tersebut membuat bahan bacan yang beredar masih sangat muda/tidak padat.

Bahan batu bacan yang belum padat umumnya berwarna hitam dan sebagian berwarna hijau atau biru dipinggir bahan batunya, walaupun sudah berwarna kebanyakan warna tersebut masih berkapur atau lebih dikenal dengan getas, Saya sendiri sering membuang pinggiran atau kulit bahan batu yang berwarna tersebut dan lebih memilih yang hitam lala dirawat agar padat.

Ciri bahan yang belum padat adalah berwarna hitam jika digores dengan amplas dan berbau mirip lumpur got jika di gerinda dengan batu asahan dan air, namun jika sobat ingin mengetahui ciri bahan batu bacan yang belum padat bisa dilihat lebih jelasnya diblog ini.

membuat padat bahan batu bacan

Dalam merawat bahan batu bacan yang belum padat, terlebih dahulu harus dipastikan bahwa bahan tersebut memang masih belum padat dengan cara yang saya sebutkan diatas, untuk itu saya akan mencoba cara yang sudah dibuktikan selama ini.

Cara membuat padat bahan akik bacan


  • Rendam batu bacan sobat dengan minyak baby oil dalam wadah tertutup rapat.
  • Rendam batu bacan dengan minyak zaitun.
  • Rendam batu bacan dengan minyak goreng


Fungsi merendam batu menggunakan minyak adalah untuk memadatkan unsur-unsur mineral maupun besi yang terkandung didalam batu, agar menyatu atau rapat dengan bantuan minyak. Proses ini, memakan waktu yang cukup lama sampai tiga bulan lebih. Kesabaran tetap menjadi faktor utama, dalam perawatan batu apapun termasuk perawatan dalam memadatkan bahan batu bacan.

Demikian postingan tentang cara memadatkan bahan batu bacan, semoga bermanfaat bagi sobat goresan pemikiran semua, salam gemslover.

107 comments

gan, itu rendamnya pakai semua minyak itu atau milih salah satu alternatif saja? Terus merendamnya berapa lama ya? tks ya.

saya sepertanyaan oleh mas mashen tolong di jawab gan tq .

Bisa salah satu saja , biasanya saya pakai baby oil yang dicampur zaitun. Lamanya tergantung bahan tapi rata-rata 3 bulan.

Tolong dilihat diatas hehe.. tq

saya mau tanya untuk perendamannya terus menerus tanpa di jemur atau setiap malam direndam dan siang di jemur secara continue setiap hari,mohon penyelasannya gan

Rendam terus selama 3 bulan pak nacab,

mencampur baby oil+zaitun itu harus sama banyaknya atau lebih banyak yg mana ?

Harus sama gan, kalau ada biji zaitun masukin sekalian.

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Mlm juga kang, tidak usah diganti asal ditutup rapat tempatnya. Saya sudah posting ciri-cirinya

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Iya gan. Kalau bisa rendam pake air oksigen

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

misi bang deny...

mau tanya nih, saya dapet bacan masih muda dan bahan mudah hancur.
supaya lebih keras dan padat lebih baik direndam dengan Air Oksigen atau Minyak Zaitun yg dicampur Baby Oil.??

thx.. mohon pencerahanya...

Salam Kang Deni...jika kita memadatkan bahan batu bacan dengan baby oil atau minyak zaitun ini termasuk cara alami atau tidak? saya takutnya jika sudah dibentuk nanti dan di test lab termasuk ada unsur kimianya. ditunggu infonya ya...thanks. Best Regards.

Yang saya alami tidak, karena kalau sdh padat masih proses kristal lagi. Kalau ente khawatir saya sdh posting cara menetralisir dengan air.

treatment diatas bisa buat garut gak?

Mas kalo bacannya terlanjur di ikat perak apa gpp ya mas ... ?

Nomaden@bagusnya dilepas iketan
Gufron@ bisa gan buat garut

gan saya mau tanya, batu bacan saya yang sudah di bentuk seluruh permukaan luar dan dalamnya terlihat kayak yang retak gitu, trus itu bisa dikatan penyakit Kapur ga? Yaitu "Penyakit jenis ini sering menyerang bahan batu bacan maupun yang sudah dibentuk, berwarna putih dan menyebar didalam dan dipermukaan batu bacan"

Atau emg batunya masih muda, jadi pas di bentuk retak dengan sendirinya?
Trus ada perawatan khusus ga untuk batu saya yang seperti itu? Read Me gan Hehehe:)))

Kalau putih kapur, tapi nanti juga hilang sendiri. Direndam aja dulu batunya

Hidayat Dian Priswanto delete 5 Desember 2014 01.53

bahan batu bacan tdk hitam pekat, melainkan hitam bercampur keperak2an bacan mudakah kang deny?

Iya masih muda.gores dengan amplas bila warnanya hitam masih muda bahannya.

Malam gan sy mw tanya .... Sy punya bacan sebagian kapuran sebagian lg tembus plong tp ada bercak coklat kehitaman disebagian tempat ...yg sy mw tanyakan bagaimana cara menghilangkannya thx gan malam ato boleh tau contak agan biar bs ngobrol langsun (7E69ECD9) thx u

Kalau kapur biarin aja gan ntr hilang sendiri. Sering dijemur dan gosok pk kulit klo sdh dibentuk

pagi bang deni,saya punya bahan doko cincau. dari luar nampak hijau cincau,tapi bahan rapuh (saya cuil dikit,dia pecah) hanya tembus sinar sekitar 1-2mm.

saya sedang proses rendam menggunakan air kelapa muda. yang jadi pertanyaan adalah :

Apakah bahan saya benar2 bacan?
dan apakah treatment yang saya lakukan sudah benar?
dan apakah selama merendam saya bisa taruh didalam lemari atau saya cari tempat pengap?

trims bang deni

Pagi juga mas, kalau bacan apa bukan saya kurang tahu krn ciri-ciri nya mirip batu garut. Lebih jelas nya tanya tukng batu.
Treatment mas mas kurang benar krna air klpa muda buat kristal bukan jadi padat /keras
Taruh ditempat pengap

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Hidayat Dian Priswanto delete 12 Desember 2014 16.20

terima kasih untuk info sebelumnya kang. mau nanya lg kang.. (maklum pemula) pd batu bacan ada benjolan bulat kecil2 yg keras. benjolan itu bentuk pengkristalan/pemadatan batu atau malah penyakit pada batu? terima kasih untuk infonya kang.

Bisa jadi mas, tapi umumnya proses padat ga benjol. Untuk lebih jelas di bentuk aja

Kalo treatmen buat batu bacan yg keropos suka ada lubang2 kecil bisa kang? Saya sudah rendam pake minyak kemiri

salam kang Deni...amplas no berapa kang buat nge test bahannya masih muda atau tidak? thanks.

Slamat malam gan, saya pecinta bacan mau nanya apa bedanya yang sudah dibatangan sama belum dibatangan pada saat di rendam pake baby oil / olive oil gan? Mohon info sebagai sesepuh gan, Thank's sebelumnya :)

Kok gak ada tanggapan yaa? Bagaimana dengan batu bacan yg berlubang2 kecil...yg walau sudah di gospol tetap ada...tp kalo diamplas bekasnya warna putih

Muhyidin@ biar lebih mudah dibentuk bahan nya di padatkan dulu
Dimas@ gosok terus sampai hilang, keropos ga ada obatnya.

Malam mas deni, saya punya bacan dan lagi dalam masa perawatan.
Metode prawatan saya dengan menggoreng bacan dengan minyak goreng.
Apakah benar dengan menggoreng membuat batu lebih keras?

Saya tidak menyarankan treatment seperti itu, tapi kalau mau dicoba silahkan saja.

Selamat malam bang deni, terimakasih atas informasi yang diberikan. Saya punya bacan dan bacannya udah dibentuk, tapi terlihat ada keropos didalamnya, sekarang bacannya lagi saya treatment dengan merendam batu bacan tersebut dengan minyak zaitun dan baby oil dengan perbandingan 1:1 apakah bacan tersebut bisa hilang keroposnya dan padat bang ? Terimakasih

Malam juga bang, kalau keroposnya bolong harus dibentuk ulang, jika hanya berongga didalam batu bisa.

Selamat malam kang deni. Saya beli bahan bongkahan bacan. Di luar batu ini hijau tapi ketika di potong ko di dalamnya kaya lumpur tidak hitam. Apakah bahan ini bisa jadi hijau ato tidak?

Bisa, kelamaan juga hijau sendiri. Kalau mau cepat harus d treatment.

Sy punya bahan bacan yg masih hitam tp keras..sebagian sisinya hijau. Treatmen supaya bisa hijau semua caranya gimana bang.....?

Izin bang kemarin saya mengikuti Treatment abang dan saya rendam batu bacan dgn minyak zaitun agak lama dan berubah warna bang seperti ada minyak didalamnya? apakah semua bacan gitu bang? dan bagaimana mengatasinya terimakasih

M ari kurniadi. Jika bahan batu bacan sudah padat bisa direndam dengan air mineral jika minyak sudah keluar ganti lagi airnya sampai minyak tidak lagi keluar.

siang bang, saya ada bahan bacan.untuk treatmentnya dilakukan perendaman dulu dengan isotonik supaya kapurnya keluar atau dipadatkan dulu dengan minyak zaitun?terima kasih.

Siang juga bang aizen aizen, kaluau saya lebih condong untuk memadatkan bahan dulu karena jika kapur naik dan bahan belum padat akan berongga didalam bahan bacanya.

malam bang deni saya baru beli bahan bacan warnanya hijau sedikit ada birunya langkah pertama yg harus saya lakukan apakah harus direndam minyak zaitun dl atau saya bentuk dl mohon pencerahannya bang

Harus dipastikan dulu bahannya sudah keras dan padat belum heinz monterie, jika belum rendam pakai zaitun juga bisa atau pakai air oksigen.

mas deni saya mau tanya nih batu bacan palamea saya sudah tembus total tapi masih rapuh dan banyak kapurnya , jika saya rendam dengan zaitun warna bacan nya berubah gk? dan batunya jadi keras gk? terimakasih mas deni

Jangan direndam pakai zaitun mas fadel rasyidi, batu sudah tembus kristal bagusnya rendam pakai air ber ph tinggi contohnya air oksigen.

pagi mas deni, saya mau nanya nih, saya punya bacan palamea sudah berbentuk kotak, tapi masih tembus sebagian, treatment apa yang sebaiknya saya lakukan mas?
pertanyaan kedua mas, apakah jika bacan sudah padat tapi di rendam dg baby oil + minyak zaitun akan merusak bacan? terimakasih mas atas jawabannya

Pagi juga peri@yu, sebaiknya kalau sudah diikat cincin dipakai saja terus atau dijemur 1 jam saja.
merusak tidak tapi warna jadi kurang bagus. thanks

Malam mas deni mah tanya saya punya bacan sudah ikat cincin kalau d jemur pakai air atau kering aja dan bisa tdk saya rendam air pakai mesin gelembung udara

Malam om, saya ada bahan bacan yang masih muda bagus nya proses pemadatan pake baby oil atau air oksigen

Agung Permana@ kering saja jemur nya. Boleh saja direndam pakai gelembung udara

Andra@ bagus pakai baby oil atau zaitun bro

halo bang deni,mantap postingannya,saya punya bacan palmea,sudah dibentuk blm diikat,jika disenter dari bawah,kristalnya kira-kira 1cm,diatas permukaannya ada seperti bintik2 putih,yg saya mau tanya treatmentnya yang tepat bagaimana ya bang deni?tahap2nya...makasih bang deni

Thanks mas rahm, jika batu sudah naik ring cukup dioles baby oil lalu jemur 1 jam dan terus dipakai setiap hari.

Bang saya punya bacan doko masih hitam semua klo diamplas kok seperti ada peraknya yah mengkilap silver gt.apa mmg karakter batunnya begitu bgt?spy mnjadi kristal cara tepatnya gimana bang?mohon pencerahannya

Ya betul batu bacan banyak rintik silver nya mas cecep, mas tinggal pilih saja cara perawatan nya. Banyak saya posting.

Malam om. Kalau mau rendam pakai baby oil harus ditutup rapat ya (hampa udara). Kalau tidak ditutup gmn om? Thx..

Ya memang harus di tutup mas yosafat agus W, kalau tidak ditutup akan lama proses nya dan minyak bisa kotor kena debu.

saya punya bacan tapi sebagian sudah mengkristal kalau ditreatment yg bagus pake apa dan pakah tdk ada efek sampingannya

Mas saya punya batu bacan kerikil, warna kulitnya hijau dan dibawah kulitnya itu sudah bening setebal 1 cm dan dibawahnya bagian yang keras.yang saya mau tanyakan apakah bahan batu tersebut masih harus direndam dulu di minyak zaitun+baby oil dulu atau sudah bisakah saya ambil bagian yang bening saja untuk dipoles jadi batu cincin meskipin kecil hasilnya? terima kasih atas pencerahannya mas.

silahkan saja mas nandoeng dibentuk, tapi pastikan dahulu bahan sudah padat dan keras dgn cara di gores amplas, kalau hitam masih rapuh kalau putih keras. thanks

Siang om deni mau nanya saya punya batu bacan sudah dibentuk dan diikat ring, disenter full tembus, cuma batu saya seratnya kliatan jelas om, dan diseratnya ada jg saya liat berwarna putih sehingga mengganggu keindahannya. Bagaimana cara mengatasi agar wrn putih tsb hilang dan seratnya bisa halus kmbali om?...terima kasih sblmnya

Siang juga mas irfan sitepu, coba kirim gambar batunya via email agar bisa saya lihat dan kasih solusi tepat. Thanks

Mas, bacan saya sudah padat dan keras, tetapi warna biru nya masih sedikit, kira2 untuk mempercepat warna birunya treathment yang tepat apa ya....

malem mas deni..saya punya bahan bacan doko warna hijau tapi masih banyak warna coklat dan kalo diamplas seperti lumpur..saya sudah treatment direndam minyak zaitun selama 5 hari..apakah warna coklatnya bisa berubah jadi hijau? dan untuk pembentukannya harus menunggu berapa lama? terima kasih mas deni :) butuh saran..

Mudji Anto@ treatment jemur oles minyak dan yg penting sabar. Hehehe

hady rifan@ kalau sudah kristal pasti berubah warna, tunggu keras dulu baru bentuk. Thanks

saya mau tanya, kalau saya rendam menggunakan minyak tropical dan campur minyak telon dan sedikit garam apakah batu bisa mengeras jg? atau apa dampaknya? sblmnya thank you

Mas deni bacan sy sudah d bentuk tp sebagian sudah keras jika d amplas sudah putih tp sebagian jika d amplas msh hitam apa yang harus sy lakukan mas, mohon bantuannya

Vidian@ kalau dampak tergantung level keras atau tidak krna berbeda. Saya sarankan pakai zaitun.

Agung nugroho@ ratakan dulu kerasnya rendam bagian batu yg belum keras. Kalau dipaksakan bentuk bisa peyang. Thanks

Mas deni saya pnya bhan bacan trus sya bentuk ternyata bhan nya ga jdi bodyglas supaya bhan ny jdi bodyglas apa hrus d rendam ya gan

Direndam juga bisa mas wildan khiwil, batu blm bodyglass krna bahan blm porselin. Silahkan baca artikel saya tentang cara mengeluarkan minyak batu agar bisa porselin.

Malam bang deni klender, jadi intinya kalau masih kapur dipakai dan rendam air saja ya?
Kalau kering jadinya putih, jadi kayak batu gambar.
Kalau kena oil jadi hitam. Hijau nya dikit
Lalu kalau yang masih muda direndam oleh baby oil / zaitun oil ya?
Thanks btw bang deni klender

Betul bro denny puk, yg penting sabar dan telaten. Thanks

sore mas deny mhn pencerahannya...kebetulan sy baru beli bacan palamea pido sekilar atasnya batu agak rapuh dan berkapur,tp tengah2 lumayan padat sy senter sdh tembus,kira2 langkah yang baik direndam dulu dgn minyak zaitun + baby oil atau sy langsung rendem dgn air oxi mas...? mhn masukannya mksh

Rendam air oxy plus jemur satu jam mas java ortega. Thanks

Pagi kang deny, bacan ane yang hitam jika disenter dia ada beberapa bagian yang tembus tetapi yang tembus berwarna coklat tembus sampai atas
Pertanyaan saya apa bacan seperti itu wajar?

Pagi mas deni. saya mau tanya bacan saya udah tembus jika disenter tapi atasnya ada bercak2 kapurnya dan jika disenter mirip retak2 gitu dalam nya padahal batu nya gk ada retak sama sekali. mohon masukannya mas. thx

Wahyu rico@ saya rasa wajar mas krn batu blm full kristal

Seftha Adrianto@ mngkin batunya pernah jatuh jadi terlihat seperti crack, jika tdk pernah jatuh sebab yg paling sering karena penjemuran yg terlalu lama/ over heat.
Thanks

Oh jadi bacan palamea saya yg hitam di senter sebagian tembus warna kuning itu wajar karna mulai mengkristal ya kang
Trims infonya

selamat Pagi...mas deni terima kasih atas masukannya kemarin,ini ada bacan sdh tembus bgs,tp kapurnya sy perhatikan seperti keropos dlm mas....sebaiknya gmn yaa mas, mhn masukannya...terimakasih

Kalau keropos susah hilang mas java ortega, tapi kalau kapur bisa. Untuk singkat dipotong saja keropos nya. Thanks

Selamat siang mas deni, saya dikasih batu bacan bongkahan yang belum sama sekali di apa2in, masih ada kulit, dan belum tembus disenter, pertama2 yg saya lakukan apa ya mas, mohon petunjuknya (maklum masih pemula)?. Terima kasih

Selamat siang mas deni, saya dikasih batu bacan bongkahan yang belum sama sekali di apa2in, masih ada kulit, dan belum tembus disenter, pertama2 yg saya lakukan apa ya mas, mohon petunjuknya (maklum masih pemula)?. Terima kasih

Halo mas deni. Kemarin saya nekad bentuk bacan, memang masih banyak hitamnya. Saat selesai dibentuk, bacannya agak benjol2 tidak bisa mulus. Sarannya gimana ya mas biar rata. Makasih mas

Ferdian Vr@ sudah saya jawab via email

AUTOmod@ tunggu keras dulu, rendam minyak zaitun satu bulan baru amplas

mas deny, mau tanya nih mas, batu bacan saya banyak crack nya, sebaiknya treatment apa ya mas?. terima kasih.

malem kang....batu bacan sy sdh kristal klo diberi cahaya tampak berwarna hijau dn kuning, dipermukaan warna hitam suka ada bercak putih, normalkah kondisi tersebut...tretment apa yg sesuai...apa warna kuning tersebut. bisakah dn berapa lama batu akan berwarna hijau semua...nuhun

Jerry chong@ jika batu bacanmasih hitam, bisa dilakukan cara diatas.

Denita putri@ jika dilihat dari cirinya batu bacan jenia blue z, putih itu kapur dan bisa hilang, kuning adalh ciri bacan blue Z , untuk hijau semua bth waktu, cara perawatan banyak tersedia di blog ini anda hnya perlu mencarinya di label tips bacan. Thanks

Salam Mas Deni.
Tips yg diberikan diatas bisa untuk black jade / giok hitam Mas?
Kondisi batu sudah dibentuk (gospol) dan kapur merata naik ke permukaan. Sebaiknya direndam cairan apa Mas? Mohon infonya, terima kasih.

Untuk batu black jade sudah saya buat postingan nya mas himawan. Thanks

Mas dani sayamau tanya ......saya punya bacan doko blu elektrik yang masih bongkan mas bagaiman caranya agar batu tersebut bisa berwarna hijau mas...makakasi

Saya sudah pernah posting caranya mas rusli uli, tolong dilihat label tips bacan. Thanks

Malam bang deni
Saya cahaya baru mula2 suka batu
bacan saya warnnya setekah di ootong dan bentuk ada biru dan seperti tanah setelah di rendam dengan minyaj zaitun menjadi agak hitam
tandanya apa yah bang
Apakahn tunggu menjadi hitam dulu baru bentik atw gimana bang
mohon penjelasannya dan sebelumnya saya ucaokan terima kasih
salam
cahaya

Salam bang Beni, saya punya bakalan batu bacan palamea yg warnanya sudah biru semua, tapi permukaannya masih rapuh kalo di kerik pakai kuku jari,...bagaimana caranya agar tidak rapuh dan cepat padat / kristal,..??? Mohon bantuan petunjuknya.....

Cahaya Ben@ sebaiknya direndam dulu dgn zaitun agar lebih keras baru dibentuk.

Kadek Indra@ kalau palamea jika sdh dibentuk pakai cara oles zaitun lalu jemur 1 jam. Lakukan rutin pasti keras dan porselin. Thanks

Malam Mas Deni. Sy br beli bacan yg sdh diikat ring. Kondisinya 1/4 hijau 3/4 hitam. Permukaannya bergelombang tidak rata. Bagaimana cr perawatannya mas? Pernah jg jatuh ke lantai, apaka menimbulkan crack? Trima kasih atas jawabannya

Batu bacan bergelombang biasanya bahan belum padat mas andi akhsan, silahkan dilihat cara perawatan oles jika batu sdh diikat ring. Thanks

Salam mas deni,saya punya bacan yang sudah di bentuk..tp masih kapuran.dan kalau keadaan kering seperti retak2 kecil atau crack..apakah langkah yang harus saya lakukan...mohon petunjuk nya...trims sebelum nya

Rendam zaitun aja selama 3 bulan mas roy alvin. Biasanya jadi padat. Thanks

misi gan sya mau nanya... apakah sama jenis batuannya bacan doko dan doko pensil... ?
soalx kalau.di lihat bongkahanya.sma...tpi ko beda penjual.beda namanya

jika gan ryant punya gambar batu bacan pensil, coba kirim via email agar bisa saya lihat. setahu saya semua jenis bacan punya kemiripan namun ada yang berbeda.

Mw nanya ni bang..aku punya bahan bacan doko warnanya hitam campur ijo diamplas putih. Gimana cara treatmean selanjutnya...

Om deni bacan sy lg proses pemadatan dan masih sy rendam di botol plastik dengan minyak kemiri. Pertanyaan sy apakah di waktu penjemuran bacan harus tetap terendam di dlm botol yg tertutup atau d keluarkan bacannya dari botol dan tidak di rendam???

Tidak usah dijemur om Agung Nugroho, cukup disimpan dalam botol plastik, tutup rapat, lalu letakkan pada tempat yang pengap

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon