Kamis, 18 September 2014

Cara jitu mas man dalam merawat batu bacan

Halo sobat gemslover goresan pemikiran, kali ini saya akan cerita tentang tetangga saya yang hobi batu bacan bernama mas man. Berpofesi sebagai montir dan dia hobi mengkoleksi batu akik terutama batu bacan. Dia memperlihatkan batu hasil rawatannya selama ini, ternyata batu bacan beliau sudah berubah warna dan tembus disenter.

batu bacan doko

Usut punya usut beliau melakukan teknik dan cara merawat yang sangat mudah, namun dengan konsisten melakukannya, hasilnya menjadi sangat bagus dan indah.

Dalam obrolan singkat dengan beliau sambil ditemani secangkir kopi hitam, akhirnya beliau pun membagi ilmunya kepada saya.

Ingin tahu apa yang dilakukan oleh pecinta akik bacan yang satu ini dalam merawat koleksi akik bacan nya, yuk simak ulasan nya dibawah ini.

Cara merawat akik bacan ala mas Man


  • Batu bacan dijemur dari pagi sampai sore 
  • Setelah dijemur, batu diolesi minyak baby oil 
  • Lalu malam hari digosok dengan amplas 2000 sampai batu terasa hangat
  • Rutin dalam melakukan teknik ini, minimal 3 kali seminggu


Memang menurut pengakuan para sesepuh akik, teknik penjemuran selalu berhasil merubah warna batu bacan menjadi hijau, walaupun itu tergantung bahan (rough) batunya.

Semoga cerita dan teknik mas man ini, bisa menambah wawasan kita semua tentang cara merawat batu bacan. Salam gemslover.

3 comments

Selamat siang bung den, saya butuh sedikit pencerahan, skrg byk sekali para penjual ramuan untuk merendam batu bacan agar proses cepat berubah hanya dlm hitungan hari. Dan penjual mengatakan segala setelah dgn ramuan tsb dpt di netralisir dengan air tanah. Bagaimana dgn bacan tsb apakah masih bisa disebut natural? Terima kasih

Bung holman yang saya hormati, perendaman dengan cairan kimia sudah pasti tidak natural batu bacanya. Penetralan menggunakan air tanah hanya untuk menghilangkan bahaya bila tersentuh kulit kita. Pengalaman teman sih, memang langsung berubah tapi seminggu langsung balik lagi seperti semula.

Terima kasih bung den atas pencerahannya. Klo gt saya gk jd beli ramuan itu. Hehehe

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon