Kamis, 19 Maret 2015

Kwalitas Batu Bacan Dan Batu Permata Dilihat Dari kulitnya

Dalam dunia perbatuan istilah kulit dan daging menjadi satu tolak ukur dalam menentukan kwalitas batu akik dan batu bacan. Hal tersebut wajib diketahui oleh pecinta batu akik apalagi seorang pedagang batu, seperti contoh gambar batu dibawah ini yaitu batu pacitan yang dibungkus kulit batu yang keras.

cara memilih bahan batu akik bacan

Biasanya sebuah bahan batu yang bagus pasti dilindungi oleh kulit yang keras, seperti halnya buah yang matang pasti ada kulit yang menjaga kwalitas daging buah yang enak dan bisa dimakan oleh semua makhluk hidup.

Sobat pasti tahu kalau buah yang kulit luarnya rusak atau busuk pasti mempengaruhi citarasa daging buah itu sendiri. Begitu juga batu akik semisal batu bacan, batu giok, batu zamrud, dan lainnya dapat dipastikan berkwalitas kurang bagus bila kulit luarnya keropos.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih bahan batu bacan dan batu akik:
  • Kulit adalah bagian terluar dari sebuah bahan batu yang berbentuk bongkahan. 
  • Warna kulit batu umumnya tidak sebagus daging.
  • Kulit batu terdiri dari kapur dan karang dan permukaannya kasar 
  • Daging batu umumnya sudah berbentuk kristal dan siap dibentuk 
  • Daging batu berwarna bagus dan terang tergantung jenis batu itu sendiri 

Bila sobat memutuskan untuk membeli batu permata yang sudah jadi atau langsung pakai usahakan lihat bahannya, perhatikan dengan seksama batu yang ingin kita beli berasal dari kulit atau daging batu. Kalau boleh saya sarankan, beli batu dari bahan ajaklah teman yang faham betul tentang batu. 

Selain harganya yang murah, ada kepuasan tersendiri bila membeli, membentuk dan menjadikan batu kristal dari bahan batu (rough) yang kita beli sobat.

Akhirnya saya menyimpulkan bahwa batu permata yang berkwalitas bagus pasti dilindungi oleh kulit yang keras, seperti halnya lebah melindungi madu disarangnya, sampai ketemu lagi pada postingan selanjutnya.

4 comments

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Tidak ada penelitian yang mengarah kearah situ, Mungkin perpaduan warna iketan dan batu.
Kalau bisa cari ikatan yang nyaman dipakai, bisa titanium atau perak. Tidak gatal dipakai dan perpaduan warnanya bagus buat bacan.
Trims sudah mau mampir dan komen.

Mau tanya nh gan, klo mau ngetes batu di lab, itu brapa ya kira-kira harga nya,,?

Kalau berupa memo 80 ribu, klo tes lab yang paling murah 180 -300 ribu.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon