Kamis, 07 Agustus 2014

Cara Penjemuran Batu Permata dan Batu Mulia

Batu permata dan batu mulia - Siapa yang tidak kenal dengan batu merah delima, bacan, black opal, giok, chalcedony, lavender, baturaja dan lain sebagainya, tentu nama-nama batu mulia diatas sudah sangat familiar bagi pecinta batu di indonesia. 

Berhubungan dengan dunia perbatuan memang banyak cara maupun tips agar batu permata/mulia yang kita miliki bisa menjadi kristal dan mengeluarkan warna asli batu tersebut.

Cara merawat batu permata

Salah satu dari cara/tips tersebut adalah proses penjemuran. Proses penjemuran dilakukan agar batu yang kita punya bisa mengeluarkan warna/jarong (khusus kalimaya) dan menjadi kristal. Biasanya para pecinta batu menjemur batunya dipagi hari sampai siang bahkan sore tergantung seberapa lama sebuah batu membutuhkan panas, ada yang menggunakan air rendaman maupun ada juga yang tidak.

Baca juga: cara memilih bahan batu kalimaya banten

Apabila sobat ingin melakukan penjemuran untuk sebuah batu mulia sebaiknya simak cara berikut ini, cara penjemuran batu permata dan batu mulia.

Cara penjemuran batu permata dan batu mulia



  • Panaskan atau jemur batu dikala matahari bersinar dipagi hari sampai siang hariL
  • Lakukan penjemuran batu dengan bijak, karena sebagian batu bisa retak apabila terlalu panasB
  • Balik batu disiang hari untuk mendapatkan panas maksimalA
  • Apabila batu masih bahan dan sudah dibentuk, gunakan air rendaman dalam botol tertutup untuk mendapatkan kondisi yang sesuai habitat batu tersebutL
  • Lakukan secara rutin sampai hasilnya memuaskan

Untuk melakukan cara penjemuran yang membuahkan hasil maksimal dibutuhkan kesabaran dan ketekunan dalam menerapkan cara diatas, dalam waktu hitungan kurang lebih 3 bulan sobat bisa melihat hasil yang memuaskan. Sebagai ilustrasi diatas adalah gambar batu mulia yang sedang dijemur oleh pemiliknya untuk mendapatkan warna yang lebih bagus dan proses kristalisasi yang lebih sempurna.

Semoga postingan saya tentang cara penjemuran batu permata dan batu mulia bisa bermanfaat, apabila sobat ada pertanyaan silahkan komentar dibawah ini.

7 comments

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Bisa gan satu jam aja jemurnya buat batu bacan kan.

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Bang deni, sayapunya bahan blak opal, Skr sudah di bentuk batu, tapi blm di kasih iketan, terus tips jemur yg baik yang mana ya bang, rendam di air kelapa ijo dgn botol tertutup, atau dengan cara di oles minyak di jemur matahari langsung. Mohon petunjuk nya, terima kasih bang deni

bang den ane punya batu black opal , kalo perawatan biar cepet keluar warna itu gimana pake aer hujan apa baby oil atau tips laen biar cepet keluar , dan trik untuk ngejemur nya gimana

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon