Jumat, 08 Agustus 2014

Cara merawat batu permata spirtus baturaja

Di bawah ini adalah gambar batu biru langit atau batu spirtus yang berasal dari daerah ogan komering ulu (oku) sumatera selatan. Seorang teman kolektor mengizinkan saya untuk share dipostingan blog ini, dengan tujuan untuk lebih menambah wawasan tentang batu permata indonesia. 

Batu jenis ini banyak dicari kolektor baik dari dalam maupun luar negeri, harga batu spirtus ini pun mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah untuk yang berkwalitas baik, sedangkan untuk yang berkwalitas sedang harganya bisa mencapai 1-2 juta rupiah. Seorang kolektor dari jakarta menawarkan batu spirtus pada pameran batu permata dicaracas jakarta timur seharga 250 juta, sayangnya para penawar lelang batu tersebut hanya berkisar antara 100-150 juta rupiah saja.

perawatan batu spirtus baturaja

baca juga: menyulapkapur batu bacan agar hilang

Kualitas batu dari daerah tersebut dibilang baik, karena mempunyai kekerasan 7 mohs. Selain batu spirtus atau biru langit masih banyak batu lainnya yang tak kalah bagusnya contohnya batu lavender, sunkis, akik darah, akik lumut, giok, sulaiman dan lain sebagainya.

Untuk merawat batu spirtus ini cukup dengan:

  1. Dipakai setiap hari, menurut sumber yang terpercaya memakai batu cincin setiap hari bisa membuat batu semakin bagus (tua) dan cepat mengeluarkan warna aslinya.
  2. Bersihkan dengan berkala menggunakan cairan pembersih ringan seperti sabun. 
  3. Oleskan baby oil atau minyak zaitun untuk membuat warna semakin menarik. 
  4. Untuk mengkilapkan batu gunakan kertas intan atau kulit.
  5. Ketika tidak dipakai, jangan letakkan batu didekat alat kosmetik yang banyak mengandung zat kimia.
batu lavender tiga warna aneh dan langka

Betapapun mahalnya batu sobat semua apabila tidak dirawat dengan baik saya jamin batu tersebut tidak akan menjadi bagus bahkan rusak dan membuat harga jual kembali menjadi turun. Sebagai contoh seorang teman membeli batu bacan seharga 4 juta batu tersebut tidak dirawat dengan baik, sebulan kemudian batu bacannya menjadi buram dan harga jual turun menjadi 1 juta. Kiranya contoh diatas bisa menjadi pencerahan buat saya pribadi dan sobat semua.

Cukup sekian postingan saya, apabila ada pertanyaan tentang batu diatas harap komentar dibawah ini atau hubungi saya lewat pages contact.

4 comments

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

bro deny saya punya yg lavender tapi ga ada tali airnya apakah bisa di treatment?caranya gimana?thx sebelumnya

kalo perawatan ruby jenis akok daging gimana yah bang ?thx

Dwi ming@ saya sdh posting caranya
Jones@ ada dipostingan saya ttng batu ruby daging

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon