Senin, 18 Agustus 2014

Cara memilih batu bacan sesuai warnanya

Ini adalah gambar batu bacan doko yang ingin dipilih dengan dilihat secara manual melalui warna dan tingkat kejernihan ketika disenter. Gambar tersebut diperoleh dari seorang teman yang tentu saja dengan izinnya boleh di sharing untuk pengetahuan di blog ini. 

Dilihat dari warnanya,  batu bacan doko bisa dikategorikan super bila warnanya sudah mulai berubah biru semua. Warna hitam dari batu bacan merupakan unsur besi yang ada di dalam batu tersebut, yang nantinya akan hilang bila diproses melalui cara rendaman atau dengan dipakai saja. 

batu bacan hitam doko

Ingin tahu cara merendam batu bacan lihat disini. Dalam memproses batu bacan secara alami memang diperlukan kesabaran, bila sobat sudah punya batu bacan dan masih direndam atau dipakai ya sabar saja, seiring waktu berjalan pasti akan jadi kristal. Intinya adalah heat treatment (proses penjemuran), simak caranya disini

Batu bacan juga bisa diproses secara kimia melalui cairan yang banyak dijual dipasaran tapi hasilnya kurang bagus dan langsung ketahuan oleh pecinta batu bacan bila batu tersebut diproses secara kimia dan bisa menurunkan harga jual batu tersebut.

Bila dilihat bentuk batu bacan yang beredar dipasaran, bentuk dengan contoh gambar diatas sudah biasa kita temui. Tapi bila sobat ingin bentuk lain seperti kotak atau cutting berlian boleh-boleh saja, asal dipikirkan dengan bijak. Karena menurut teman pecinta batu bacan, sekarang batu bacan dijual pergram.

Demikianlah postingan saya tentang cara memilih batu bacan seusai warnanya, semoga menambah wawasan para pecinta batu (gemslover).

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon