Rabu, 18 Juni 2014

Cara Merawat Batu Akik Bacan Yang Mudah

Cara merawat batu bacan - Batu bacan doko cincau termasuk batu yang oleh sebagian orang dianggap sebagai batu permata yang mempunyai nilai tinggi dan sering dijadikan koleksi batu mulia berharga. Batu bacan juga mempunyai jenis yang beragam, mulai batu bacan gulau, batu bacan elektrik, batu bacan palamea, batu bacan pancawarna, batu bacan doko biru dan lain sebagainya.

Jika sobat blog goresan pemikiran mempunyai salah satu dari batu bacan yang saya sebutkan diatas, rawatlah dengan baik, apalagi batu bacannya sudah berwarna hijau dan tembus jika disenter, saya jamin pasti bernilai jutaan rupiah bahkan puluhan juta rupiah.

cara merawat batu bacan doko kristal

Gambar diatas adalah contoh gambar batu bacan cincau, yang dikat dengan perak dan mempunyai warna hijau seperti minuman tradisional cincau yang bernilai tinggi. Seorang teman mempunyai batu tersebut untuk dijual bagi yang berminat. Saya pun diberi kesempatan dan izin untuk share dalam blog ini. 

Dalam merawat batu bacan cincau dan batu permata yang lain, dia pun mau berbagi tips kepada saya tentang cara perawatannya, mulai dari cara rendaman batu bacan, cara penjemuran sampai cara dalam memilih bahan batu bacan yang masih bongkahan atau rough.


Cara merawat batu bacan



  • Bersihkan batu secara berkala menggunakan air serta cairan pembersih yang ringan seperti sabun dan yang lainnya. 
  • Lepaskan cincin batu ketika hendak tidur, agar tidak terbentur dan tergores.
  • Letakkan batu ketika tidak dipakai, jangan menyinpannya didalam kotak apabila batu masih bisa berubah warnanya.
  • Letakkan batu ditempat yang berventilasi, agar bisa berubah warna. 
  • Oleskan baby oil dipermukaan batu untuk merawat warna terutama batu sejenis zamrud, ruby, safir dan lainnya. 

Baca juga: Cara merawat batu badar besi

Kesemua cara perawatan diatas bisa diterapkan  pada semua jenis batu bacan baik yang sudah menjadi cincin dan sudah di ikat emban atau pun yang belum. Adapun jika sobat mempunyai bahan batu bacan dan ingin perawatan yang simpel dan mudah, cukup di rendam dengan air oksigen yang memiliki kandungan ph tinggi.


Apakah batu bacan masih mahal?


Memang Saya akui, dengan surut nya demam akik, harga bacan mengalami penurunan. Tapi untuk jenis doko maupun bacan cincau yang sudah bening, harga masih mahal karena batu sudah menjadi kristal.

Harga cincin bacan yang sudah kristal dan diikat emban cincin perak bernilai 1 sampai 2 juta rupiah, tergantung dengan ukuran serta tingkat kristal bacan tersebut.

Untuk bacan yang masih hitam, bisa sobat miliki dengan harga 100 sampai 200 ribu. Begitupun dengan bahan batunya, harga bisa mencapai 50 ribu sampai 100 ribu.


Kesimpulan


Fenomena akik bacan yang konon harganya bisa mencapai ratusan juta, kini hanya bertahan di kisaran jutaan rupiah. Walaupun masih banyak pecintak akik yang memiliki cincin bacan, namun sudah jarang sekali melakukan treatment.

Tidak ada salahnya melakukan treatment untuk sekedar membersihkan batu dan cincin dari kotoran, agar tampilan akik bacan bisa lebih bagus lagi.

Semoga cara merawat batu bacan yang mudah dan simpel diatas bisa bermanfaat bagi sobat semua kkhususnya pecinta batu bacan.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon