Minggu, 14 September 2014

Cara membuat batu bacan kristal alami

Halo sobat blog goresan pemikiran, kali ini saya akan mengulas tentang cara membuat batu bacan kristal secara alami. Seusai dengan judul diatas tentu saja perawatan yang saya gunakan menggunakan bahan- bahan yang alami dan tidak ada unsur kimia didalamnya. 

cara merawat batu bacan doko

Gambar diatas adalah gambar batu bacan doko kristal dengan cincin perak, dengan izin yang punya batu tersebut saya muat gambarnya pada postingan kali ini. Banyak orang baik dari indonesia maupun luar negri yang suka dan mengagumi keindahan batu bacan terutama seperti gambar diatas.

Bagi sobat yang sudah punya namun belum kristal semua, jangan khawatir nanti juga akan kristal dengan sendirinya dikarenakan proses alamiah batu tersebut. Apabila sobat ingin memproses batu tersebut dengan alamiah mungkin beberapa cara yang saya tulis bisa berguna.

menyingkapi masalah tali air pada batu bacan
  1. Gosok batu bacan menggunakan kulit asli dengan merata
  2. Letakkan batu ditempat terbuka
  3. Kalau batu bacan sobat belum diikat menjadi cincin, rendam menggunakan cairan isotonik lalu tutup rapat
  4. Ambil batu dari cairan rendaman lalu jemur kurang lebih satu jam apabila cuaca sedang panas
  5. Setelah dijemur, masukan kembali kedalam cairan rendaman tutup rapat
  6. Biasanya batu bacan yang sudah direndam akan melunturkan warna hitam apabila dielus atau dilap menggunakan jari
  7. Amati proses perubahan setiap minggu
  8. Apabila batu bacan sobat banyak kapurnya, akan kelihatan dipermukaan ketika dijemur
ciri batu black opal jarong palsu

Demikianlah sobat sekedar tips dari saya tentang cara membuat batu bacan kristal alami, semoga bisa menambah pengetahuan sobat semuanya khususnya penggemar batu bacan dan batu permata (gemstone).

108 comments

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Ok. Gan nanti saya posting tentang kalimaya.
Trims sudah mampir.

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Bisa juga bos, tapi iketan nya nanti buram. Yang aman sih dilepas dulu kalau iketan nya perak

Saya sudah posting tentang kalimaya black opal, kurang lebih hampir sama dengan kalimaya yang lain cara perawatannya.

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Misii gann
kira" perendaman ny berapa hri sampai penjemuran
tanks sebelum ny...?

Kalau bisa malam direndam siang dijemur, atau seminggu direndam trus dijemur gan.

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Biasanya di amplas jenis 1000 pakai air, kalau ga mau ribet kasih tkng batu suruh poles ulang. Tapi pastikan dulu kapur sdh terangkat semua.

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Engga lah gan, justru membuat keras bahan batunya. Tx kembali

gan, kalo batu bacan ane masih hitam bisa direndem seperti itu gak gan?
soalnya ane bingung gan batu bacan ane gak berubah warna gan

Bisa yang penting harus dijemur.

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Tergantung jenis batu dan bahannya, bisa 3 bulan atau lebih gan. Kalau mau cepat ada dipostingan saya yang lain. Tks

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Kalau bahannya masih hitam ga bakal tembus Kalau disenter, butuh perawatan dulu.

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Coba diterapkan saja dulu seperti diatas,

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Pastiin kapurnya ke angkat smua, kalau sudah ente gosok ulang batunya .

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Batu ketutup kapur semua, kalau disenter keliatan putih batunya.

gan kira" cairan isotonik nya apa yah...?? soal nya kan banyak :D

Yang mana aja bisa gan, soalnya ga bisa sebut merk. Biasanya sih po****ry. Paham gan.

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

gan saya ada beli bahan bacan namun masak karbitan .akibatnya bacan tidak padat terkesan rapuh.apa bisa bahan saya itu padat kembali?saat ini saya masih rendam aja terus didalam air.gan mohon tips nya bagaimana perwatan bacan agar padat.makasih gan deni..

Kalau sudah bau ganti baru gan.

Sudah saya posting caranya gan putra dimas. Cari saja dimenu.

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Sudah saya posting tips nya gan, silahkan dicari di menu.

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Gan kalo diganti baby oil gimana?

Bagusnya dijemur, udah saya posting caranya

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Tidak gan, saya sarankan pake minyak alami caranya ada dipostingan"cara memadatkan bahan bacan".

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Agan yth, pengalamannya sama seperti saya, kalau bacan palamea agan banyak kapur pasti timbul bila direndam untuk membuat bagus kembali gosok ulang batu di tempat gosok batu biar hasilnya bagus.

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Caranya banyak gan, salah satunya dari warna dan serat utk lebih jelasnya saya sdh posting caranya.

Pagi juga kang, umumnya luntur. Tapi kalau bahannya sdh padat tidak luntur.

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Ada dipostingan saya bulan kemarin, caranya banyak tinggal pilih aja kang.

selamat pagi mas deni,apakah cairan isotonik (p****i) bisa diganti minyak kelapa/kletik?
terimakasih sebelumnya

Bisa, banyak postingan saya yg membahas masalah manfaat minyak, cari saja dikotak penelusuran

Bang deni, boleh minta email nya?
Saya mau kirim poto batu bacan saya..
Beneran bacan apa bukan ya?
Soalnya Kok ada kerak / karang nya gitu warna kuning kecoklatan dan ada yg serabut nya juga..
Kan setahu saya kalo bacan ada nya kapur warna putih kekuningan gitu..
Mohon pencerahannya ya bang..
Makasih..

Ada di widget contact us disamping postingan

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Amplas 600 + air. Saya sarankan beli yg mahal dikit agar tdk mudah sobek.

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Betul kang, kurang lebih sama dengan yg lain bisa berubah warna juga.

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Kayanya sih bacan tp untuk jelasnya harus liat gambarnya.

malem bang deni. saya izin tanya yah. saya punya batu bacan dadu sudah sedikit tembus tapi masih belum terlalu padet . Nah prosedur yang benar dari kondisi batu yang sekarang di mulai dari mana yah biar hasil nya bagus saat di bentuk. mohon petunjuk nya ya master. makasi bang deni.

Harus dipadetin dulu bahannya gan, treatment lengkap ada dipostingan ttng cara memadatkan bahan bacan. Cari saja di search box diatas.

Gan yth, bacan ane bhannya sbgian tua, muda dan brkapur jdi stiap d bntuk ga prnh sempurna
Mohon solusinya ya gan...!!!

Harus dipadatkan dulu bahannya gan, caranya sdh saya buat search aja di kotak penelusuran atas.

bang itu juga bisa ilangin warna coklat di bacan blue elektrik?

mna yg hrus d duluin gan deny , bacan hrus ilangin kapurnya dlu atau hrus d padatin dlu???

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Dipadetin dulu, coz kalau belum padat bisa hancur batunya

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

permisi kang den,...gimana cara nya menghilang bacan yg banyak karang nya........
mohon di bantu tipsnya.....trims

kang deni....mau nanya...?gimna cara nya menghilangin, bacan yg berkarang,...di tunggu impormasinya......kang deni

kang deni..mw tanya..itu bacan yg saya dapet udah berupa polesan..nah itu ada retakan gtu kang..bsa pecah ga ya kang klw nnt mw d poles lg..
oya kang biar skalian..ada yg bilang klw pke a**r k*****a *jo bsa ya kang buat matengin bacan..?

Kemungkinan bisa retak Klo dipoles, tapi biasanya tukang poles lebih tau kondisi batu. Kalau cairan tsbt ga bisa bikin tua.

Kang Deni...saya punya batu bacan proses yg sudah di bentuk mata cincin dengan ikatan perak. pertanyaan saya jika saya mau nge chrome ikatannya sebaiknya batu dicopot dulu atau tidak? jika nge chrome ikatan perak tanpa batu dicopot apakah berpengaruh bisa merusak batu dengan batu menjadi tidak alami atau heat? di tunggu infonya. terima kasih...best regards.

Bagusnya dicopot, tapi ada juga saran dari tukang chrome tidak usah dicopot

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Ass...
Kang mohon info nya apakah bacah muda akan berpengaruh pada proses kristalisasi, jika iya pengaruhnya apa?
Wss

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Landri@ Bacan muda lama kristal nya harus dipadetin bahannya.
Kalau batu sdh hijau masih perlu direndam, pakai air oksigen. Cara lengkapnya sdh saya posting.

Kang deni boleh ga bacan direndam atau di kasih minyak kayu putih

Gan kalau batu bacan doko di rendam isotonik ga akan ngerusak batu ya gan?

Cristian@ kalau belum kristal ga rusak
Arie@ boleh aja selama masih bahan dan belum kristal

Kang kalau ikat batu bacan harus pake perak atau pake yg lain juga bisa..?

Salam Kang...saya punya batu bacan yg sudah dibentuk lumayan besar. Masih berwarna hitam kelam dan banyak logamnya tapi bermaterial bagus.sebaiknya di ikat dengan cincin apa liontin supaya lebih cepat berproses? kalo di ikat dengan perak tidak sebagus di ikat dengan aloy untuk berproses yaa? thanks ditunggu infonya kang...Best Regards.

Ipin & dodi@ pakai apa saja boleh, Biasanya iketan aloy dulu kalau sdh jadi baru perak.

Kang deni .. batu bacan ane ada retakan2 di dalam nya .. tapi permukaan nya bodyglass .. gimana cara menghilangkan retakan2 tersebut ? Terima kasih kang ..

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Kang..penyebab retak dipermukaan kulit kenapa ya?apa bisa dihilangkan?

Mw tny dunk master.. bahan bacan dibentuk dulu apa di hilangkan dulu kapury... trims master..

Ijam@ coba direndam air oksigen
Dody@ penyebabnya banyak, bisa hilang kalau dipoles
Haldis@ hilang kan dulu kapurnya.

Mohon solusiy gan, saya punya batu bacan baru bli trus saya potg dan sudah saya buat jadi cincin dengan ukuran agak kcl batu.y. Skg batu dlm keadaan msih coklat khitaman warna hijauy msih sdkit bgt, gmn solusi.y gan agar batu saya cpt mgkilap, mghijau dan juga mngkristal. Trima kasih sblmy

Terapkan cara diatas atau dipakai saja sambil digosok kulit

gan kalo batu bacannya udah diiket, cara biar kristalnya gimana gan

Gan mohon bantuannya..batu bacan saya baru siap diadah tetapi ada kapur dipermukaan,blh tdk direndam dgn lase.... untuk menghilangkan kapu tersebut?tq

Andikasf@dipakai saja terus, sambil sesekali dijemur 1 jam dan lebih bagus jika rutin dilakukan setiap hari.

Bambang hermanto@ sebetulnya kapur akan hilang dengan sendiri dalam proses kristal, tapi jika mau direndam gunakan cairan alami.

Salam gan ,
Mohon tips nya utk membuat batu jenis rhodonite / borneo menjadi kristal ..thanks

Salam juga gan m. Ubaidillah
Untuk batu jenis borneo sudah saya posting caranya cari saja .

gan..mohon pencerahannya...bacan doko super jenis hijau cincau belum tembus senter..apa akan bisa mengkristal??

Tentu saja bisa nurul mutmainnah

Om mohon petunjukknya... Saya ada batu blue elektrik sudah mengkristal, klu disenter udah tembus batunya, tetapi masih kotor alias masih ada karang hitam dan kuning... Yg saya tanyakan bagaimana cara untuk menghilangkan/mengurangi karang tersebut.. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih...

Jika bacan nya sudah diikat cincin, sering digosok kulit saja om heljulius. Dan sering juga dikasih pemanasan atau dijemur 1 jam saja jgn lebih thanks

Gan , kalo batu sudah dibentuk boleh rendam di cairan isotonik kah? mohon pencerahannya

Boleh gan putih kelabu, asalkan jangan berlebihan. Cukup 2 minggu saja. Thanks

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon